Membangun bisnis pasti ada tantangannya, nggak terkecuali dengan bisnis online. Pasti akan ada tantangan bisnis online yang perlu dihadapi. Nggak jarang tantangan ini dianggap sebagai batu penghambat kesuksesan. Namun, benarkah membangun bisnis online seribet itu?

Kita coba intip dulu ada tantangan apa saja yang biasanya ditemui dalam bisnis online!

tantangan bisnis online
gambar dari unsplash

Modal kecil untuk bisnis besar adalah yang mustahil. Modal besar belum tentu menjanjikan bisnis kamu untuk menjadi bisnis yang sukses. Bisa jadi kamu malah rugi meskipun sudah mengeluarkan modal besar. Nggak cuma untuk menentukan besar atau kecilnya modal yang akan digunakan, nantinya kamu juga perlu berpikir sumber modalnya.

Modal apa saja yang kamu butuhkan? Mulai dari biaya produksi hingga iklan. Seberapa besar modal yang diperlukan? Dari mana kamu akan mendapatkan modal tersebut? Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi pertanyaan awal ketika memulai bisnis.

Partner

Partner atau rekan kerja. Ini juga nggak kalah penting. Kamu harus bisa memutuskan rekan kerja dan karyawannya. Posisi apa saja yang dibutuhkan, kualifikasi apa yang dibutuhkan, siapa saja yang hendak kamu target sebagai calon rekan kerja?

Nggak berhenti sampai di situ. Kamu juga perlu memikirkan koneksi untuk mengembangkan bisnis online yang kamu bangun. Bagaimanapun juga, koneksi akan menjadi pendukung kesuksesan bisnismu.

Teknologi

Namanya juga bisnis online. Sudah jelas sebagian besar prosesnya dilakukan secara digital. Nggak menutup kemungkinan kamu melakukan semua proses bisnis dengan cara digital. Apalagi untuk bisnis-bisnis yang memang berada dalam ranah teknologi informasi.

Kompetitor

Bisnis online udah nggak jadi hal yang langka lagi. Semua pengusaha berbondong-bondong menuju arah digitalisasi. Usaha online semakin menjamur di berbagai platform. Persaingan di pasar semakin ketat. Nggak semua bisnis bisa selamat. Kalah sedikit, bisnis kamu bisa ambyar, Sob!

Pasar

Mencari pasar bukan hal yang mudah. Jangankan mencarinya, untuk mengetahui siapa orang yang menjadi mangsa pasarnya saja susah banget. Butuh skill tertentu untuk bisa paham soal ini. Pastikan kamu sudah paham soal ini agar bisa menguasai pasar yang kamu mau ya, Sob.

Klien atau pembeli

Pembeli produk atau klien jasa yang kamu tawarkan adalah kuncinya. Bisnis online yang kamu kembangkan nggak akan pernah bergerak maju tanpa mereka. Berita buruknya, mencari pembeli atau klien nggak semudah yang dibayangkan. Butuh usaha yang besar untuk bisa mendapatkan pembeli atau klien pertama, kedua dan seterusnya.

Belum lagi kesulitan untuk mempertahankan mereka. Tantangan bisnis online yang kadang masih diabaikan adalah tantangan untuk membuat klien-klien yang pernah menggunakan jasa kita agar tetap setia dengan jasa yang kita tawarkan.

Penipuan

Penipuan! Bukan cuma pebisnis yang bisa menipu. Pembeli juga bisa jadi penipu, Sob! Kamu wajib hati-hati saat menerima pembeli atau klien. Pastikan mereka tidak akan merugikan kamu. Tetap waspada karena penipuan bisa terjadi pada siapa aja!

Mimin punya berita baik nih, Sob. Jagoan Hosting nggak cuma menyediakan layanan VPS Indonesia dan Hosting Terbaik buat kamu. Jagoan Hosting juga bisa membantu kamu untuk menjadi freelance dengan penghasilan yang menjanjikan.

Daripada harus menghadapi tantangan-tantangan di atas, kamu bisa menjadi bagian dari Jagoan Developer. Nggak perlu ribet mencari pasar atau klien. Kamu hanya perlu menampilkan portofolio terbaikmu agar banyak calon klien yang tertarik padamu. Coba baca lebih lengkapnya di sini  ya, Sob!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like