Fenomena Digitalisasi di Masa Pandemi – Sepertinya bukan hal asing lagi ya Sob kalau aktivitas sehari-hari saat ini nggak terlepas dari pengaruh teknologi? Memang, sih … Semenjak adanya teknologi, semua kegiatan yang dilakukan terasa lebih mudah dan tentunya cepat. 

Terlebih lagi dengan kondisi pandemi yang membatasi kegiatan di luar ruangan, maka nggak heran deh kalau kemajuan digitalisasi, khususnya di Indonesia, pertumbuhannya semakin pesat dan masyarakat dituntut untuk cepat beradaptasi saat menggunakan teknologi.

Tapi, kamu tahu nggak, sih? Fenomena apa saja yang ada di masyarakat semenjak memanfaatkan digitalisasi di masa pandemi? Apakah memang segala aktivitas membutuhkan teknologi, atau justru sebaliknya? Simak sampai selesai, ya!

Bidang-Bidang yang dipengaruhi digitalisasi

Semakin hari, rasanya tenaga dan waktu kamu akan lebih sedikit digunakan saat beraktivitas dengan bantuan teknologi. Tentunya, hal tersebut membawa dampak positif dong, ya? Lalu, apa aja sih bidang-bidang di kehidupan sehari-hari yang paling banyak dipengaruhi oleh digitalisasi?

1. Sektor pendidikan tak luput dari fenomena digitalisasi di masa pandemi

Belajar secara online menjadi “new normal” untuk para pelajar ya, Sob? Baik yang sedang duduk di bangku sekolah hingga kuliah, semuanya harus bisa memaksimalkan media untuk belajar daring. Mulai dari proses belajar-mengajar, ujian, hingga evaluasi pembelajaran pun semuanya dilakukan secara online.

Mungkin pada awalnya agak ribet, ya? Namun, seiring berjalannya waktu, baik pelajar dan pihak instansi pendidikan harus terbiasa menggunakan media perantara untuk proses belajar, menggantikan kegiatan secara tatap langsung. Contoh sederhananya seperti melakukan sesi video conference hingga ulangan harian melalui Google Docs.

Oleh karena itu, dalam menunjang proses pembelajaran para pelajar secara online, Jagoan Hosting mendukung penuh terobosan tersebut dengan menyediakan layanan Instant School Apps yang dapat dimanfaatkan oleh instansi sekolah dan universitas untuk menunjang aktivitas pembelajaran supaya lebih berkualitas.

Terlebih lagi jika membutuhkan rekomendasi server terbaik, layanan Instant School Apps dari Jagoan Hosting juga mampu memenuhi kebutuhan server dan hosting sesuai dengan jumlah peserta didik di sebuah instansi pendidikan, loh.  

2. Walau digitalisasi bukan hal baru, sektor bisnis masih perlu beradaptasi

fenomena digitalisasi di masa pandemi
Photo by Medienstürmer on Unsplash

Para pebisnis sepertinya sudah banyak yang beralih untuk membangun usahanya secara online. Hal tersebut bisa kamu lihat dari banyaknya online shop di berbagai macam platform online, seperti e-commerce, website, hingga media sosial, setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk berbisnis online.

Kalau kamu ingin leluasa untuk berbisnis secara online, menggunakan website dapat menjadi solusinya, Sob. Tapi, kamu butuh layanan cloud hosting fleksibel supaya website kamu nyaman untuk digunakan dan tentunya anti nge-lag.

Jagoan Hosting menawarkan layanan Mix & Match yang ngasih kebebasan untuk kamu dalam custom hosting sendiri, loh! Terutama dalam mengoptimalkan kebutuhan toko online yang sedang dirintis. Media yang kamu unggah ke website akan dioptimasi, jadinya baik foto atau video pun akan diakses lebih cepat di berbagai macam perangkat. 

3. Sektor komunikasi dan informasi pegang pengaruh penting di masa pandemi

Komunikasi dan informasi menjadi bidang yang mendapat pengaruh paling besar karena digitalisasi.

Kalau pada zaman dahulu untuk mengobrol saja harus menggunakan surat dan butuh waktu berhari-hari untuk saling bertukar kabar, akan tetapi saat ini, semuanya dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik saja. Keren banget!

Sebagai penyedia rekomendasi VPS terbaik, Jagoan Hosting juga menawarkan layanan VPS X yang bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dalam mengelola resource server, khususnya untuk media dan komunikasi berbasis online.

Dengan mengetahui fenomena digitalisasi di masa pandemi, kamu tentunya jadi tahu ya kalau adanya teknologi mampu menjadikan aktivitas sehari-hari lebih efektif. Untuk kamu yang membutuhkan layanan-layanan pendukung, khususnya  untuk hosting dan server, Jagoan Hosting solusinya. Klik di sini untuk mengetahui daftar layanan dari Jagoan Hosting ya, Sob!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like