Kenali 7 Manfaat Digitalisasi Kampus untuk Pendidikan

digitalisasi kampus

Sebelum pandemi, beberapa kampus sudah menerapkan sistem digitalisasi untuk mempermudah keberlangsungan belajar mengajar mahasiswa dan dosen. Setelah pandemi, banyak yang mulai merasakan manfaat digitalisasi kampus secara menyeluruh, bahkan memperluas ranah digital.

Jika Anda termasuk civitas akademika yang peduli dengan kemudahan akses pembelajaran mulai dari ujian hingga sistem administrasi, maka Anda bisa mencoba untuk mengenali 7 manfaat digitalisasi kampus untuk pendidikan Anda sebelum menerapkannya!

1. Manfaat digitalisasi kampus pertama sudah tentu untuk aksesibilitas mudah

Ini adalah manfaat digitalisasi kampus yang paling utama. Adanya sistem e-learning atau ruang belajar online bisa membantu mahasiswa mengakses materi kapanpun dan dimanapun.

Tidak hanya bermanfaat saat pandemi, namun juga memudahkan dosen untuk mengirimkan referensi dan bahan bacaan sebelum mengajar dan tambahan informasi.

2. Sistem penerimaan mahasiswa baru dan pembayaran online yang memudahkan

Penerimaan mahasiswa baru secara digital tentu sangat memudahkan pekerjaan petugas seleksi. Dengan memaksimalkan sistem yang ada, digitalisasi penerimaan mahasiswa baru bisa dilakukan dengan cepat dan mendapatkan hasil yang akurat. Pun mahasiswa bisa segera mendapatkan pengumuman kelulusan.

Lebih dari itu, manfaat digitalisasi kampus juga kemudahan administrasi yang mudah termasuk sistem pembayaran online. Cukup memberikan rekening dan sistem pengecekan digital, Anda tidak perlu lagi membuat sistem antrian yang panjang di loket kampus, bukan?

Cek Konten Lainnya:
Corporate Hosting : Hosting Tangguh untuk Keperluan Bisnis Kamu

3. Pengelolaan data akademik dan non-akademik menjadi terintegrasi

Salah satu hal penting di luar pengajaran adalah pengelolaan data seluruh sivitas akademika kampus. Tenaga kependidikan tidak perlu lagi kebingungan mencari data mahasiswa maupun dosen untuk kepentingan administrasi karena telah terintegrasi.

Mulai dari biodata hingga jurnal yang sudah diterbitkan, Anda bisa mengelolanya dalam satu platform yang sama.

4. Permohonan administrasi kepada kampus menjadi lebih efektif

Anda bisa mendukung kreativitas mahasiswa dengan memudahkan permohonan administrasi seperti surat keterangan mahasiswa atau surat izin melakukan penelitian.

Umumnya, pemrosesan surat izin bisa berlangsung cukup lama. Namun dengan adanya digitalisasi kampus, mahasiswa bisa mendapatkannya dalam 1-2 hari hingga hitungan  jam! Tentunya ini sangat memudahkan, bukan?

Petugas administrasi juga tidak memiliki opsi untuk tidak mencetak surat dan memberikannya dalam bentuk soft file. Sangat praktis dan hemat biaya.

5. Update informasi secepat kilat menjadi manfaat digitalisasi kampus

digitalisasi kampus

Pengumuman beasiswa hingga kesempatan magang bisa diumumkan kepada mahasiswa dengan segera melalui digitalisasi kampus. Anda bisa mensinkronkan e-mail mahasiswa dengan sistem digital kampus sehingga e-announcement atau pengumuman elektrik bisa tersampaikan melalui e-mail mahasiswa.

Tidak ada lagi cerita menunggu di depan papan pengumuman, semua bisa dilakukan dalam satu kali tekan tombol kirim saja.

6. Mengurangi sampah kertas dan beban pengajar

Masalah lain yang dialami oleh pengajar adalah tumpukan proposal atau pun tugas dari seluruh mahasiswa yang harus ditinjau. Hal ini bisa diatasi dengan manfaat digitalisasi kampus yaitu menyediakan layanan penugasan digital.

Cloud VPS

Anda bisa mengecek tugas yang sudah diberikan secara daring dari akun masing-masing mahasiswa atau project yang sudah disiapkan. Dengan begini, semua sudah bisa dilakukan tanpa harus memikirkan kemana tumpukan kertas ini akan dibuang!

Cek Konten Lainnya:
Mengulas Design Sprint Lebih Dalam, Benarkah Ini Skripsi Versi Singkat?

7. Hemat biaya, tentunya!

Meskipun kedengarannya merupakan perubahan besar, nyatanya digitalisasi kampus menawarkan penghematan biaya yang sangat besar. Tidak ada lagi biaya untuk cetak surat ataupun tugas-tugas.

Anda tidak perlu menunggu proses administrasi dengan menuju ke kampus. Semua bisa dilakukan langsung di depan layar komputer Anda.

Tentunya juga berpengaruh pada sumber daya yang lebih efisien dan bisa dialokasikan kepada tugas mekanik yang membutuhkan kinerja manusia, bukan?

Bagaimana memulai layanan digitalisasi kampus pertama kali?

Jangan khawatir! Jagoan Hosting sudah menyiapkan layanan digitalisasi secara INSTAN alias bisa langsung digunakan! Mulai dari platform ujian, penerimaan mahasiswa baru, hingga penyedia server dan hosting terbaik di Indonesia, semua tersedia di sini.

Anda bisa berkonsultasi dengan kami untuk menentukan kebutuhan digitalisasi yang prioritas terlebih dahulu. Dengan partner lebih dari 1400 institusi pendidikan dan sertifikasi ISO, Jagoan Hosting siap menjadi sahabat kampus Anda untuk go digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Apa itu Slug? Pengertian dan Fungsinya dalam Website
Slug adalah elemen penting dalam upaya optimasi website. Singkatnya, slug menjadi salah satu identifikasi alamat dan konten. Meski…
cloud object storage
Read More
Apa itu Cloud Object Storage? Kelebihan & Keuntungannya
Melakukan optimasi website perlu kamu tingkatkan supaya performanya maksimal. Terlebih lagi jika penggunaannya membutuhkan kapasitas daya penyimpanan yang…