Dengan teknologi yang semakin maju dan aksesibilitas pembelajaran lebih mudah, rasanya semua orang bisa jadi developer! Mulai dari aplikasi game receh sampai aplikasi penting seperti pemerintahan memerlukan peran developer yang handal. Nggak heran kalau developer Android sekarang dicari dimana-mana!

Eit, jadi developer pun nggak harus kaku ngerjain coding aja. Tentunya kamu harus bisa memutar otak biar tugas-tugas selesai dengan efisien.

Biar project kamu nggak bikin kepala meledak, Jagoan Hosting sudah siapin 9 tools wajib developer Android yang bisa membantu pengembangan app kamu.

1. Android Studio, tools wajib developer Android yang official

Bicara soal developer Android jelas butuh tools wajib yang satu ini. Android Studio diciptakan resmi dari Google sejak tahun 2013 dan membantu kamu untuk coding, debugging, sampai testing.

Kelebihannya adalah interface yang cukup drag-and-drop aja! Selain itu Android Studio gratis! Sudah pasti bakal bantu kamu lebih hemat, Sob!

2. Android SDK, paket lengkap wajib developer Android

Kalau yang ini paket lengkap yang sangat ringan karena mencakup development dan debugging. Kamu udah dapat banyak toolkit seperti Google API, Android Support, sampai resource dari Android SDK!

3. Eclipse, andalan cross-platform

Kalau kamu masih mau coba-coba di Android dan ada kemungkinan ‘berkhianat’ ke iOS, nggak masalah, dong! Coba aja Eclipse yang pernah jaya sebelum Android Studio.

Hingga kini, Eclipse masih menjadi andalan untuk develop aplikasi cross-platform. Banyak bahasa pemrograman yang didukung oleh Eclipse sehingga mudah eksplorasi juga, Sob!

4. GameMaker Studio, favorit game-creator

Nggak lengkap bahas tools developer Android tanpa bahas buat game! GameMaker: Studio ini udah menjadi rahasia umum developer game di Android. GameMaker bisa membantu menciptakan game 2D dengan code yang sangat sederhana, Sob!

Udah gampang, tinggal drag-and-drop, sudah pasti GameMaker jadi tools wajib kamu untuk dicoba!

5. Genymotion, bantu developer Android cek kelancaran aplikasi

developer android

Namanya juga bikin aplikasi Android. Sudah pasti harus dicek kesesuaiannya dengan berbagai smartphone Android yang bejibun di luar sana. Bilangnya buat semua Android, eh ternyata cuma buat smartphone high-end!

Biar nggak mati gaya, kamu bisa coba dengan Genymotion. Emulator Android ini memiliki lebih dari 3000 smartphone yang bisa dibuat uji coba aplikasi kamu. Tools ini juga sudah siap dengan resource tampilan standar Android sehingga sangat mudah untuk menggunakannya sebagai uji coba!

6. Instabug, ‘pestisida’ bug yang ngrepotin

Bugs jelas bikin sakit kepala! Bukannya lancar, malah merepotkan penggunaan aplikasi! Instabugs bikin kamu lebih mudah untuk testing aplikasi dan mendapatkan laporan bug yang ada di aplikasi kamu.

Caranya mudah. Instabug akan mencari beta tester dan akan melakukan percobaan aplikasi kamu. Mudah banget!

7. Unity 3D, jagoan game berat!

Kalau demen main game, sudah pasti nggak asing dengan tools wajib developer Android satu ini. Unity 3D memang jadi jagoan untuk game yang lebih advance!

Selain emang top banget, Unity 3D ini juga sifatnya cross-platform jadi nggak terbatas Android aja, Sob! Bahkan nggak main-main, kamu bisa ciptain game VR sampai AR!

8. Fabric, biar nggak salah paham sama user!

Kadang di lapangan, keinginan user ternyata mungkin berbeda dengan bayangan kita! Fabric jadi andalan untuk mengenali user kamu langsung secara real time!

Fabric memudahkan pengembangan aplikasi sampai ke maintenance-nya. User activity yang ciamik dan pola interaksi user bisa membuat kamu menemukan insight buat pengembangan kedepannya!

9. Mockplus, bantu cek tampilan prototype

Nggak ketinggalan, Mockplus jadi wajib karena membantu kamu mengenali prototype interface aplikasi kamu. Bahkan bisa interaktif juga, lho!

Asiknya, Mockplus sudah memiliki komponen Android yang beragam dan tinggal download aja untuk bisa tahu tampilan aplikasi kamu!

Gimana Sob, udah siap buat bikin aplikasi pertama kamu sebagai developer Android? Nggak ketinggalan, kamu juga harus punya server aplikasi yang tepat! Pilihan server terbaik bakal membantu aplikasi kamu untuk tetap stabil, mudah digunakan, dan tentunya responsif.
Kamu bisa cek VPS terbaik di Jagoan Hosting yaitu VPS X! Rekomendasi server aplikasi yang sudah dipercaya banyak developer Android, kamu bisa dapatkan dengan harga terbaik yang sepadan dengan manfaatnya! Cek di sini ya Sob biar aplikasi kamu makin mantap!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like