Yuk Cek 9 Tools Wajib Developer Android Ini!

developer android

Dengan teknologi yang semakin maju dan aksesibilitas pembelajaran lebih mudah, rasanya semua orang bisa jadi developer! Mulai dari aplikasi game receh sampai aplikasi penting seperti pemerintahan memerlukan peran developer yang handal. Nggak heran kalau developer Android sekarang dicari dimana-mana!

Eit, jadi developer pun nggak harus kaku ngerjain coding aja. Tentunya kamu harus bisa memutar otak biar tugas-tugas selesai dengan efisien.

Biar project kamu nggak bikin kepala meledak, Jagoan Hosting sudah siapin 9 tools wajib developer Android yang bisa membantu pengembangan app kamu.

1. Android Studio

Bicara soal developer Android jelas butuh tools wajib yang satu ini. Android Studio diciptakan resmi dari Google sejak tahun 2013 dan membantu kamu untuk coding, debugging, sampai testing.

Kelebihannya adalah interface yang cukup drag-and-drop aja! Selain itu Android Studio gratis! Sudah pasti bakal bantu kamu lebih hemat, Sob!

2. Android SDK

Kalau yang ini paket lengkap yang sangat ringan karena mencakup development dan debugging. Kamu udah dapat banyak toolkit seperti Google API, Android Support, sampai resource dari Android SDK!

3. Eclipse

Kalau kamu masih mau coba-coba di Android dan ada kemungkinan ‘berkhianat’ ke iOS, nggak masalah, dong! Coba aja Eclipse yang pernah jaya sebelum Android Studio.

Hingga kini, Eclipse masih menjadi andalan untuk develop aplikasi cross-platform. Banyak bahasa pemrograman yang didukung oleh Eclipse sehingga mudah eksplorasi juga, Sob!

4. GameMaker Studio

Nggak lengkap bahas tools developer Android tanpa bahas buat game! GameMaker: Studio ini udah menjadi rahasia umum developer game di Android. GameMaker bisa membantu menciptakan game 2D dengan code yang sangat sederhana, Sob!

Cek Konten Lainnya:
Anda Harus Tahu Cara Menjalankan Bisnis dengan yang Ramah Lingkungan

Udah gampang, tinggal drag-and-drop, sudah pasti GameMaker jadi tools wajib kamu untuk dicoba!

5. Genymotion

developer android

Namanya juga bikin aplikasi Android. Sudah pasti harus dicek kesesuaiannya dengan berbagai smartphone Android yang bejibun di luar sana. Bilangnya buat semua Android, eh ternyata cuma buat smartphone high-end!

Biar nggak mati gaya, kamu bisa coba dengan Genymotion. Emulator Android ini memiliki lebih dari 3000 smartphone yang bisa dibuat uji coba aplikasi kamu. Tools ini juga sudah siap dengan resource tampilan standar Android sehingga sangat mudah untuk menggunakannya sebagai uji coba!

6. Instabug

Bugs jelas bikin sakit kepala! Bukannya lancar, malah merepotkan penggunaan aplikasi! Instabugs bikin kamu lebih mudah untuk testing aplikasi dan mendapatkan laporan bug yang ada di aplikasi kamu.

Caranya mudah. Instabug akan mencari beta tester dan akan melakukan percobaan aplikasi kamu. Mudah banget!

Dedicated Hosting

7. Unity 3D

Kalau demen main game, sudah pasti nggak asing dengan tools wajib developer Android satu ini. Unity 3D memang jadi jagoan untuk game yang lebih advance!

Selain emang top banget, Unity 3D ini juga sifatnya cross-platform jadi nggak terbatas Android aja, Sob! Bahkan nggak main-main, kamu bisa ciptain game VR sampai AR!

8. Fabric

Kadang di lapangan, keinginan user ternyata mungkin berbeda dengan bayangan kita! Fabric jadi andalan untuk mengenali user kamu langsung secara real time!

Fabric memudahkan pengembangan aplikasi sampai ke maintenance-nya. User activity yang ciamik dan pola interaksi user bisa membuat kamu menemukan insight buat pengembangan kedepannya!

9. Mockplus

Nggak ketinggalan, Mockplus jadi wajib karena membantu kamu mengenali prototype interface aplikasi kamu. Bahkan bisa interaktif juga, lho!

Cek Konten Lainnya:
UKM Wajib Tahu Tahapan Pembukuan Sederhana untuk Bisnis

Asiknya, Mockplus sudah memiliki komponen Android yang beragam dan tinggal download aja untuk bisa tahu tampilan aplikasi kamu!

Gimana Sob, udah siap buat bikin aplikasi pertama kamu sebagai developer Android? Nggak ketinggalan, kamu juga harus punya server aplikasi yang tepat! Pilihan server terbaik bakal membantu aplikasi kamu untuk tetap stabil, mudah digunakan, dan tentunya responsif.

Kamu bisa cek VPS terbaik di Jagoan Hosting yaitu VPS X! Rekomendasi server aplikasi yang sudah dipercaya banyak developer Android, kamu bisa dapatkan dengan harga terbaik yang sepadan dengan manfaatnya! Cek di sini ya Sob biar aplikasi kamu makin mantap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
6p project management
Read More
6P Project Management: Prinsip Dasar Wajib Diketahui!
Kalau kemarin kita udah bahas 3P project management, sekarang nambah jadi 6P, Sob! 6P project management ini merupakan…
ujian online lancar tanpa hambatan
Read More
Tips Agar Ujian Online Lancar Tanpa Hambatan
Ujian online lancar tanpa hambatan – Melakukan aktivitas belajar secara online saat ini memang sudah familiar banget ya,…