Ini Cara Mudah & Cepat Memperpanjang Domain Website

perpanjang domain

Pemilik website perlu memperhatikan masa aktif domain yang digunakan. Apalagi, jika tidak ingin terkena dampak lupa perpanjang domain.

Terlambat memperpanjang domain dapat berpengaruh besar pada website kamu. Termasuk dalam dampaknya yaitu penurunan ranking SEO dan website terkena suspend sehingga pengunjung tidak bisa mengaksesnya.

Maka dari itu, kamu harus melakukan perpanjangan atau domain renewal sebelum masa aktifnya habis. Yuk, Sob, simak bagaimana caranya.

Apa itu Perpanjang Domain?

Mengutip dari Theme Isle, domain renewal adalah proses memperbarui nama domain dengan domain registrar. Dengan demikian, kamu bisa memperpanjang registrasi nama domain milikmu.

Suatu domain berperan sebagai alamat virtual dari website. Nah, untuk memastikan alamat tersebut tetap dapat diakses, maka kamu perlu melakukan perpanjangan secara berkala.

Sementara itu, waktu melakukan renewal dapat berbeda-beda tergantung masa aktif domain kamu. Masa aktif dapat berkisar antara 1 sampai 10 tahun. Umumnya, website domain memerlukan renewal dalam waktu 1 tahun.

Terlambat melakukan renewal membawa konsekuensi hilangnya website dari internet. Sehingga pengunjung website tidak bisa mengaksesnya.

Pada saat bersamaan, layanan email juga akan membeku. Hal tersebut akan membuat pengunjung kecewa sekaligus membuat peluang bisnis menjadi hilang.

Oleh karena itu, pemilik website sebaiknya memperhatikan masa aktif domainnya agar tidak terlambat memperpanjang. Kamu juga perlu memperhatikan cara memperpanjang domain website dari penyedia layanan.

Cek Konten Lainnya:
Mengenal Creative Commons License & Pentingnya Menggunakan Gambar Legal Untuk Websitemu

Siklus Hidup Domain

Nah, jika kamu masih pemula, maka ada baiknya mempelajari tentang siklus hidup domain. Dengan memahaminya, maka kamu dapat memastikan dan menjaga domain milikmu tetap aktif.

Terdapat lima fase dalam siklus hidup domain, yaitu:

1. Available

Fase available (tersedia) adalah ketika nama domain dapat didaftarkan. Ketersediaan domain berlaku dalam jangka waktu maksimal 10 bulan.

2. Active

Domain yang telah terdaftar dan bisa digunakan sepenuhnya berada dalam fase aktif. Apabila sudah terdaftar, maka kamu hanya perlu perpanjang domain dan membayar tarif untuk memastikannya tetap aktif.

3. Expired

Fase ini terjadi jika kamu tidak melakukan renewal domain hingga masa aktif berakhir. Pada fase ini semua layanan terkait domain menjadi tidak bisa diakses.

4. Redemption Grace Period

Fase ini disebut juga sebagai masa tenggang. Artinya, fase saat domain tidak mendapatkan renewal setelah lebih dari durasi expired (45 hari). Umumnya masa tenggang berlangsung selama 30 hari.

5. Pending Deletion

Domain yang memasuki fase ini tidak bisa lagi kamu renewal karena telah melewati fase expired dan masa tenggang. Alhasil domain akan dihapus dari zona otoritasnya. Domain tersebut juga akan kembali berstatus available.

Konsekuensi Tidak Memperpanjang Domain

akibat tidak memperpanjang domain

Tidak melakukan renewal domain dapat menyebabkan konsekuensi serius pada website milikmu, antara lain:

1. Kehilangan Traffic

Domain yang sudah expired membuat website tidak lagi tersedia online. Akibatnya, pengguna internet tidak bisa membuka website milikmu, sehingga kemungkinan akan mencari opsi pengganti.

2. Kehilangan Kredibilitas

Saat gagal mengakses website, maka pengguna internet akan mendapatkan notifikasi error. Hal ini menyebabkan hilangnya kepercayaan mereka pada web dan bisnis milikmu.

3. Kehilangan Data

Tidak melakukan renewal tepat waktu bisa mengakibatkan hilangnya akses ke website dan semua data yang tersimpan pada web tersebut.

4. Kehilangan Potensi Transaksi

Untuk website yang berkaitan dengan bisnis online, maka terlambat memperpanjang masa aktif domain bisa menyebabkan hilangnya transaksi potensial.

Cek Konten Lainnya:
Sudah Tahu Apa itu Deep Learning dan Sejarahnya? Simak Ulasannya Di Sini

Pasalnya, calon pelanggan tidak dapat mengakses website. Sehingga kamu bisa mengalami penurunan penjualan secara signifikan.

5. Kehilangan Posisi pada Mesin Pencari

Terlambat memperpanjang masa aktif domain juga berdampak pada hilangnya posisi website pada mesin pencari. Website yang tidak available akan mengalami penurunan traffic dan visibilitas, yang mana akan sulit untuk pulih kembali.

Cara Perpanjang Domain di Jagoan Hosting

cara memperpanjang domain

Gimana, Sob? Sudah lebih paham, kan, mengenai pentingnya melakukan renewal sebelum masa aktif berakhir?

Namun, berhubung masa aktif domain bisa cukup lama, tidak jarang pemilik website malah jadi lupa. Padahal, jika sudah melewati masa aktif, kamu bisa saja terkena biaya tambahan.

Untungnya, pelanggan Jagoan Hosting akan mendapatkan tagihan (invoice) untuk melakukan perpanjangan layanan pada H-7 sebelum jatuh tempo.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir melewatkan tempo untuk melakukan renewal domain. Jagoan Hosting juga menyediakan cara memperpanjang domain yang mudah, termasuk untuk pemula.

Tersedia juga opsi untuk melakukan renewal lebih awal yang memungkinkan perpanjang masa aktif layanan sebelum invoice terbit. Untuk melakukannya, kamu perlu mengeluarkan tagihan perpanjangan melalui halaman member area.

Yuk, langsung saja kita simak cara memperpanjang masa aktif domain melalui member area Jagoan Hosting:

1. Login ke Member Area

Pertama-tama, buka laman https://member.jagoanhosting.com/clientarea.php. Kemudian, masukkan alamat email dan password untuk login ke Member Area Jagoan Hosting.

2. Pilih Menu Billing

Setelah berhasil login, kamu bisa pilih menu Billing yang terletak pada bagian atas halaman. Klik ikon anak panah kecil untuk membuka drop down list, lalu pilih Info Tagihan.

3. Publish Invoice

Selanjutnya, halaman akan menampilkan daftar layanan yang kamu gunakan berikut tagihan dan tanggal jatuh tempo. Pilih layanan yang ingin kamu perpanjang, lalu klik tombol Publish Invoice (Terbitkan Tagihan).

4. Lihat Nomor Tagihan

Setelah berhasil menerbitkan invoice, maka tombol Publish Invoice akan berubah menjadi nomor tagihan perpanjangan layanan. Kamu juga dapat melihat batas waktu maksimal untuk melakukan pembayaran.

Cek Konten Lainnya:
10+ Cara Meningkatkan Keamanan Website Paling Ampuh

5. Lihat Detail Invoice

Langkah berikutnya yaitu klik nomor tagihan perpanjangan layanan yang baru terbit. Kemudian, klik Detail Invoice untuk mengecek besaran tagihan yang perlu kamu bayarkan.

Jumlah yang tertera sudah termasuk biaya perpanjangan domain, kode unik, dan PPN.

6. Berhasil Menerbitkan Invoice

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, maka kamu sudah berhasil menerbitkan invoice untuk memperpanjang masa aktif. Invoice ini akan muncul pada member area dan terkirim secara otomatis ke email terdaftar milikmu.

7. Lakukan Pembayaran

Satu lagi yang penting, nih, Sob. Setelah invoice terbit, maka kamu sebaiknya segera melakukan pembayaran sesuai nominal tagihan yang tertera pada invoice.

Pastikan untuk melakukan pembayaran yang benar-benar sesuai hingga tiga digit terakhir, ya. Pasalnya, jika nominalnya tidak sesuai, maka sistem tidak dapat melakukan konfirmasi pembayaran secara otomatis.

Beli Domain dan Perpanjang dengan Mudah di Jagoan Hosting

Jagoan Hosting menyediakan beragam ekstensi dan harga domain murah yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Ada lebih dari 200 pilihan domain murah yang siap kamu gunakan.

Menggunakan nama domain singkat dengan TLD atau Domain ID untuk meningkatkan reputasi website milikmu.

domain

Selain itu, Jagoan Hosting juga memungkinkan pengelolaan domain dan renewal yang mudah. Sudah tersedia juga layanan responsif 24 jam dari tim support profesional yang siap membantu apabila mengalami kendala.

Nah, tunggu apa lagi? Segera Beli Domain Murah mulai dari Rp15.000 di Jagoan Hosting. Setelah berlangganan, jangan sampai lupa untuk perpanjang domain supaya website tetap aktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
mengenal ekstensi domain
Read More
Kenalan Lebih Jauh Dengan Ekstensi Domain, Yuk!
Mengenal Ekstensi Domain — Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, apa sih bedanya .co, .com, .id, dan sebagainya? Kenapa…
domain .beauty
Read More
Domain .Beauty: Ini Keunggulan dan Harganya
Sob, tahukah kamu apa itu domain .beauty? .beauty domain ini merupakan Top Level Domain (TLD) yang umumnya dipergunakan…