Mengenal Domain .ID, Harga dan Syaratnya

domain .id

Dunia digital telah merambah ke banyak sektor. Tidak hanya untuk pembuatan konten pribadi saja, tetapi perusahaan pun mulai mengincar pemasaran menggunakan website. Salah satunya dengan memanfaatkan domain id.

Tujuan dari pemilihan domain ini untuk menjangkau pasar lebih luas. Selain itu, agar target pasar lebih mudah mengingatnya. Sehingga kamu perlu mempertimbangkan dengan serius ingin menggunakan domain seperti apa.

Saat ini, dalam dunia digital utamanya perusahan di Indonesia yang melakukan branding paling banyak menggunakan .id.

Secara pembahasan .id adalah sebuah kode internet untuk negara Indonesia, di mana domain ini langsung berada di bawah pengelolaan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Mengenal Domain .ID

domain id adalah

Domain .id adalah sebuah top level untuk kode negara internet Indonesia. Kode ini telah dikelola langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia sejak tahun 2005 lalu.

Domain ini merupakan ekstensi yang telah resmi menjadi nilai website di Indonesia. Tetapi, jangkauan pasarnya hanya khusus untuk wilayah negara Indonesia saja. Jika kamu memiliki bisnis yang bergerak dengan target pasar orang Indonesia asli.

Maka, penggunaan website dengan ekstensi id sangat cocok digunakan. Apalagi domain tersebut sudah resmi ditangani oleh Kementerian secara langsung.

Kelebihan Domain ID Daripada TLD

kelebihan domain id

Menggunakan domain id biasanya seorang pengguna website pakai untuk membangun branding dengan target pasar wilayah Indonesia. Selain itu juga sebagai perwujudan rasa cinta dan bangga terhadap NKRI.

Meskipun demikian, domain ini memiliki banyak sekali kelebihan daripada TLD pada umumnya, loh. Apa sajakah itu? Yuk Simak kelebihan domain id yaitu:

1. Memiliki Ranking di SERP Lebih Tinggi

Daripada pengguna TLD lain, pakai .id akan membantu website kamu mendapatkan ranking lebih tinggi di mesin pencari. Meskipun TLD lain juga memungkinkan, tetapi tanpa Ads dari Google pun website milikmu lebih unggul untuk muncul di halaman pertama google.

Hal tersebut dengan latar belakang bahwa domain id Google yakini memiliki konten lebih relevan atas pencarian masyarakat Indonesia. Sehingga, peringkat dari ranking ini sendiri akan membantu kamu dalam membangun citra marketing bisnis.

Terutama bagi website yang ingin membangun toko online sebagai media untuk berjualan. Semakin mudah website menjangkau peringkat pertama Google, maka nilai penjualan pun akan mengikuti secara bertahap.

Cek Konten Lainnya:
10+ Cara Monetisasi Blog yang Hasilkan Cuan Jutaan

2. Kredibilitas Domain Sangat Tinggi

manfaat domain id

Google memandang bahwa kredibilitas .id lebih tinggi daripada TLD lain. Tidak hanya seputar konten atau informasi yang ter share saja, tetapi pengguna domain saat ini juga perlu melakukan proses verifikasi terlebih dahulu.

Untuk pengguna .id sendiri pengguna harus melampirkan KTP sebagai bukti bahwa warga negara Indonesia asli. Oleh karena itu, kredibilitasnya tidak perlu kamu ragukan kembali.

3. Domain ID Memiliki Kuota Lebih Besar

Secara umum domain .com dan .id memang paling banyak pengguna cari. Tetapi karena .com sangat universal jadi keberadaannya lebih cepat kosong. Nah, ketika kamu memilih .id kemungkinan mencarinya tidak akan sulit.

Apalagi dari segi kelayakan, kredibilitas, dan juga proses perangkingan yang lebih cepat. Tentu memilih domain satu ini bukan menjadi permasalahan serius.

4. Akses Domain Cenderung Lebih Cepat

Berikutnya, kelebihan lain dari domain .id adalah dari segi akses. Pengguna .id akan memiliki akses lebih cepat dalam membuka website daripada .com. Hal ini dikarenakan .id merupakan domain asli dari Indonesia dengan target pasar yang jelas.

5. Aman

Pengguna domain asli Indonesia ini lebih aman karena keterlibatan banyak pihak membutuhkan proses verifikasi terlebih dahulu. Apalagi untuk melanjutkan proses verifikasi dibutuhkan bukti lampiran identitas asli berupa KTP untuk dapat izin.

Jadi, secara keseluruhan penggunaan domain ini cenderung lebih aman dan pihak yang ingin bertindak kurang baik akan berpikir ulang sebab informasi kejahatan mereka dapat terbongkar.

Sebab, id sendiri berada di bawah pengawasan Kominfo sehingga jika terjadi hal buruk pihak dari Kementerian akan langsung mengambil sikap tegas terhadap pelaku kejahatan.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir lagi karena domain id sudah terjamin keamanan dan kualitasnya.

Cek Domain ID dan Harganya

harga domain id

Agar bisa mengoperasikan domain id untuk kebutuhan website dan kamu bisa mendapatkan nama sesuai dengan kualitas terbaik. Maka, pastikan kamu mengetahui bagaimana cara pengecekan yang benar.

Salah satu situs yang menyediakan domain adalah jagoanhosting.com. Kamu bisa menemukan beragam domain id dengan pemilihan ekstensi terbaik melalui cara berikut ini:

  • Pertama, pastikan kamu sudah tahu terlebih dahulu niche website yang diinginkan
  • Setelah itu, buka website Jagoan Hosting
  • Pilih Domain Indonesia
  • Nanti kamu akan diarahkan untuk mengisikan nama domain dan check
  • Tuliskan nama sesuai dengan keinginan untuk mengecek keberadaan domain masih ada atau tidak
  • Contoh: ketikkan bisnisdigital.id di bagian kolom temukan nama domain. Setelah itu klik Check Domain.
  • Apabila keberadaannya masih tersedia kamu bisa langsung cek harga domain .id dengan penamaan yang sudah dicari sebelumnya.
  • Proses pengecekan selesai.

Apabila kamu ingin melanjutkan pembelian, pastikan sudah mengerti bagaimana biaya berlangganan yang perlu dibayarkan dalam satu tahun. Di Jagoan Hosting sendiri, kamu bisa menemukan beragam jenis domain dengan macam-macam harga.

Cek Konten Lainnya:
Domain .Beauty: Ini Keunggulan dan Harganya

Untuk domain id biaya registernya adalah Rp135.000 dan renewal Rp199.000. Sedangkan proses transfernya akan memakan biaya Rp199.000

Ketahui Syarat Domain ID

Domain Indonesia memiliki persyaratan tersendiri untuk mengaktifkannya karena sistem pengawasannya yang cukup ketat. Bahkan proses pendaftaran domain (dot id) dianggap lebih susah daripada domain internasional seperti (.com dan .net)

Tetapi hal ini tetap memiliki dampak baik kepada pengguna karena berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan dalam penggunaan internet. Nah, apa saja persyaratannya? Yuk Simak dulu di sini!

Berdasarkan jagoanhosting.com domain id tidak memiliki persyaratan khusus untuk proses pembeliannya. Hanya saja perlu menyiapkan KTP agar proses aktivitas berjalan dengan baik.

Untuk domain co.id, kamu perlu menyiapkan KTP asli Republik Indonesia, Sertifikat merk atau instansi, dan juga SIUP (surat izin usaha). Selebihnya untuk domain berjenis .id tidak memiliki persyaratan yang sangat ketat.

Hanya saja perlu KTP untuk melakukan verifikasi dan memastikan bahwa pemilik website merupakan warga negara Indonesia asli.

Cara Aktivasi Domain ID Mudah dan Cepat

Ketika kamu sudah mengecek, membeli, dan mengetahui apa saja persyaratan pemakaian domain. Kini, bisa kamu lanjutkan dengan mengaktifkan domain id dengan mudah, seperti:

1. Login ke Member Area

Hal pertama yang harus pengguna lakukan jika ingin mengaktifkan domain (id) ini adalah login terlebih dahulu di member area. Jangan lupa untuk memasukkan email dan juga password member dari Jagoan Hosting yang valid.

2. Pilih Menu Domain

Apabila proses login sudah berhasil kamu lakukan, langsung navigasikan ke menu ‘Domain’.

3. Klik Domain yang Memiliki Status Pending

Untuk aktivasi, pastikan kamu sudah tahu mana domain yang memiliki status pending. Karena ini adalah domain (dot id) maka jangan sampai salah pilih. Pastikan domain yang kamu pilih antara langsung (id) atau (.or.id) dan juga bisa (.co.id).

4. Upload Dokumen

Setelah berhasil memilih, Sob akan mendapat tampilan pada halaman Manage Overview Domain. Di sini, sobat bisa langsung memilih menu Upload Document yang letaknya di bagian sebelah kiri.

Nantinya kamu akan sistem bantu untuk mengikuti pengarahan upload berkas. Pilih ‘Choose File’ untuk proses upload dokumen > klik tipe dokumen dan isikan nama file sesuai dengan jenisnya seperti (SIUP, KTP, dst)

5. Submit

Berikutnya, langsung saja klik tombol submit agar seluruh dokumen persyaratan dapat terunggah dengan baik.

Jika sudah selesai di tahap ini, kamu bisa menunggu beberapa saat hingga muncul informasi mengenai status domain melalui email.

Cara Beli Domain ID di Jagoan Hosting

cara beli domain id

Beli domain id memang paling benar di jagoanhosting.com saja. Selain memberikan pelayanan yang super cepat, kualitasnya pun terjamin. Apalagi jika dilihat dari segi harga cukup terjangkau mengingat perpanjangannya satu tahun ke depan tidak jauh berbeda.

Cek Konten Lainnya:
Ada Apa Saja Jenis Sertifikasi Project Management?

Nah, untuk proses pembelian domain di Jagoan Hosting, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Pertama, langsung akses halaman Domain ID murah dari Jagoan Hosting
  2. Kemudian kamu bisa memilih menu domain yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya domain .com atau .id dan juga beberapa domain lainnya.
  3. Selanjutnya, kamu bisa lanjut memilih ekstensi domain sesuai dengan domain yang diinginkan.
  4. Setelah itu, klik button warna merah muda pada domain yang kamu inginkan
  5. Berikutnya, kamu akan sistem arahkan untuk akses halaman register domain
  6. Pada proses ini kamu harus melakukan pendaftaran. Kamu bisa mengisi ekstensi domain sesuai pilihan yang ada di kolom.
  7. Apabila pengecekan berhasil dan domain yang kamu inginkan sudah tertulis tersedia. Bisa kamu lanjutkan dengan klik button add to card yang berwarna merah muda ya, Sob.
  8. Lalu, pilih button Lanjutkan Review Order
  9. Pada tahap ini, nanti kamu bisa melihat detail harga dan juga PPN yang tersedia untuk melanjutkan ke proses pembayaran.
  10. Apabila sudah, lanjutkan dengan mengisi data secara manual dan lakukan login pakai member jagoanhosting.com.
  11. Berikutnya, kamu bisa langsung melakukan pembayaran domain sesuai dengan nominal yang sudah tertera di invoice.
  12. Proses pembelian domain berhasil kamu lakukan dan tahapannya telah selesai
  13. Untuk memastikan sudah terupgrade datanya, maka kamu bisa mengecek status dengan cara login member jagoan hosting
  14. Setelah itu, klik menu layanan dan pilih domain
  15. Nantinya kamu bisa melihat status mulai dari active, expired, cancelled dan juga pending

Nah, itulah beberapa pembahasan penting terkait keseluruhan proses untuk mendapatkan domain id. Berdasarkan informasi di atas kamu bisa mengetahui bagaimana cara mengecek domain, harga beli, dan juga proses aktivasinya.

Selain itu, kelebihan dari pembelian domain juga bisa kamu rasakan secara langsung sebagai pengguna. Oleh karena itu, tunggu apalagi, segera lakukan checkout pembelian domain berkualitas (id) hanya di Jagoan Hosting saja.

FAQ

Apa itu id dalam domain?

Id dalam domain memiliki arti bahwa ekstensi dari domain tersebut berasal dari Indonesia dan khusus digunakan untuk warga negara Indonesia saja. Untuk istilah resminya sendiri adalah Country-Code Top Level Domain (ccTLD)

Apakah domain .id aman?

Sangat aman. Karena domain .id ini dilindungi langsung di bawah pengawasan Kementerian Komunikasi dan Informasi, sehingga rekam jejak kejahatan digital bisa langsung diberantas secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
nama website keren
Read More
99+ Nama Website Keren yang Aesthetic dan Bagus
Domain website, ibarat alamat yang dituju oleh pengguna internet ketika berkunjung ke situsmu. Agar mudah ditemukan, alamat domain…
promo domain id
Read More
Promo Domain .ID Diskon 50% – Bayar Setengah aja!
Domain adalah alamat website Anda di internet. Domain yang tepat akan membuat website Anda mudah diingat dan ditemukan…