Manfaat Pelatihan Digitalisasi Sekolah untuk Guru dan Murid

pelatihan digitalisasi sekolah
Photo by airfocus on Unsplash

Pelatihan Digitalisasi Sekolah – Pendidikan merupakan salah satu aspek yang wajib diperhatikan dan perlu ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan zaman. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, maka nggak heran jika penerapan digitalisasi di bidang pendidikan akan mempengaruhi efektivitas dan efisiensi dalam proses belajar-mengajar.

Oleh karena itu, baik siswa dan guru, wajib melakukan pelatihan dalam menggunakan teknologi digital supaya proses belajar tetap berjalan dengan lancar meskipun melalui media online. Lantas, bagaimana ya keuntungan penerapan digitalisasi pendidikan dan manfaat yang dirasakan oleh guru dan siswa terkait hal ini?

Keuntungan pelatihan digitalisasi sekolah

Dengan adanya teknologi, segala kegiatan yang kamu lakukan akan jauh lebih cepat dan akurat. Hal ini juga dirasakan saat teknologi diterapkan pada dunia pendidikan nih, Sob. Sebenarnya, banyak sekali keuntungan yang diperoleh dan pastinya membantu banyak siswa di luar sana untuk tetap belajar secara efektif.

1. Fleksibilitas perangkat untuk belajar

Sebelum adanya teknologi seperti saat ini, kamu biasanya belajar menggunakan buku cetak, buku tulis, dan pulpen sebagai penunjang proses pembelajaran, bukan? Namun, kini, dengan perangkat canggih seperti tablet dan smartphone, kamu bisa belajar lebih mudah hanya menggunakan satu alat saja.

Selain itu, dengan adanya perangkat seperti yang telah disebutkan di atas, baik siswa dan guru dapat belajar di mana saja asalkan didukung koneksi internet yang baik. Fleksibilitas seperti inilah yang menjadi keuntungan adanya digitalisasi pendidikan.

Cek Konten Lainnya:
Kamu Harus Tahu Ini! Sprint dan Aturannya di Dalam Scrum

2. Kemudahan dalam mengakses informasi

Kamu tidak perlu repot untuk pergi ke perpustakaan atau beli ratusan buku hanya untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Dengan adanya search engine seperti Google, kamu dapat dengan mudah dan cepat mengakses informasi tanpa adanya batasan waktu.

Bahkan, kamu pun bisa langsung mengunduh (download) e-book hingga jurnal hanya dengan satu klik saja. Selain itu, kamu juga bisa mengakses situs-situs penyedia informasi tepercaya yang sekiranya menyediakan informasi yang kamu butuhkan. 

3. Pemanfaatan ragam platform online untuk digitaliasi sekolah

Sepertinya, dengan adanya ragam platform online sebagai penunjang pembelajaran, menjadikan para siswa tetap bisa belajar dengan baik meskipun tidak melakukan tatap muka secara langsung di sekolah. 

Terlebih lagi jika sekolah menyediakan fasilitas utama seperti situs resmi sebagai portal pembelajaran, tentunya akan sangat mempermudah proses belajar karena hanya dapat diakses oleh guru, siswa, dan staf yang namanya terdaftar di sekolah tersebut.

Manfaat pelatihan digitalisasi sekolah

pelatihan digitalisasi sekolah

Setelah mengetahui keuntungan adanya digitalisasi di sekolah, pastinya kamu penasaran dong apa saja yang diperoleh oleh siswa dan guru dalam mengikuti pelatihan digitalisasi di sekolah? Mari disimak, yuk!

1. Pelatihan digitalisasi sekolah bisa meningkatkan kualitas dan kompetensi guru

Seorang guru mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Dengan adanya pelatihan digitalisasi, secara langsung guru dituntut untuk meningkatkan kualitas kompetensi diri supaya dapat mengajar dengan baik dan menyampaikan materi yang dibutuhkan para siswa.

Seorang guru harus cepat beradaptasi dan terus menerus belajar, baik dari komponen hingga struktur pembelajaran berbasis online. Hal ini dikarenakan guru sebagai fasilitator yang dibutuhkan siswa dalam memperoleh materi pengajaran selama mengikuti sesi pembelajaran.

Cek Konten Lainnya:
Yuk, Kenali Lebih Dalam Apa Itu Project Cycle Management!

2. Dengan pelatihan yang mumpuni, guru bisa memanfaatkan konten digital

Siswa dan guru juga harus memanfaatkan konten digital untuk memaksimalkan pembelajaran yang disediakan oleh sekolah, seperti menggunakan buku sekolah elektronik, melakukan latihan melalui bank soal, hingga memanfaatkan kelas online dengan mengandalkan video conference.

Dengan penerapan digitalisasi di sekolah, sebaiknya proses pelatihan juga dibarengi fasilitas yang memadai, misalnya saja dengan melakukan optimasi server resmi untuk menunjang pembelajaran digital di sekolah melalui layanan Instant School Apps dari Jagoan Hosting sebagai rekomendasi server.

Saat mengandalkan layanan Instant School Apps, kamu bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan, khususnya dalam menunjang proses pembelajaran secara daring. Tersedianya berbagai macam fasilitas seperti sistem akademik, server ujian online, hingga server PPDB online dapat kamu nikmati loh, Sob!

Penuhi kebutuhan akan digitalisasi pendidikan saat ini dengan layanan Instant School Apps dari Jagoan Hosting. Cari tahu informasinya lebih lanjut dengan klik di sini sekarang, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
6 Tips Menciptakan Kenyamanan Pelanggan dalam Perusahaan
Pelanggan menjadi hal yang sangat penting untuk kemajuan sebuah bisnis, termasuk menciptakan kenyamanan pelanggan dari segi perusahaan. Pandangan…
income tambahan
Read More
Jika Resolusi 2016 Anda Adalah Mempunyai INCOME Tambahan, Inilah 2 Bisnis Yang Harus Anda Rintis
Income tambahan tidak bisa dipungkiri menjadi sesuatu yang sangat diinginkan oleh semua pebisnis, terutama pebisnis web developer seperti…