6 Teknik Yang Harus Anda Lakukan Agar Bisnis Online Anda Lebih Banyak Penjualan di Instagram

jualan di instagram
jualan di instagram

Memasuki 2016, pasar bisnis online semakin berkembang. Benar memang menurut berbagai survey dan juga ramalan seputar bisnis online yang akan semakin booming. Teknologi yang tidak henti berkembang, strategi bisnis yang terus beragam, serta media yang terus bisa digunakan membuat siapa saja kini bisa menjadi seorang entrepreneur online.

Bahkan dengan bermodal smartphone serta akun sosial media, Instagram contohnya. Selain menjadi tempat berbagi foto dan menemukan akun tokoh yang kita sukai, Instagram memiliki peran penting untuk mendorong pertumbuhan bisnis online seseorang.

Peg Fitzpatrick, Best selling author, Director of Digital Media, sekaligus social media marketer menuturkan beberapa fakta dan peluang bisnis yang bisa kita jalankan di Instagram.

Menurut slide yang ia berikan di slideshare.net, statistik inilah yang akan membantu kita. Karena…..

85% dari merek ternama di seluruh dunia sudah menginvestasikan bisnis mereka di Instagram. Mereka menciptakan sekitar 4.21% keterlibatan di Instagram. Ini berarti keterlibatan pengguna Instagram sudah 58(0,07%) kali lebih tinggi dari pengguna Facebook dan 120(0,03%) kali lebih tinggi dari Twitter.

Dan ini membuat Instagram dianugerahi KING OF ENGAGEMENT.

Menggunakan Instagram juga membutuhkan beberapa teknik, tentu saja agar apa yang sudah kita tampilkan memberikan dampak yang besar untuk bisnis kita. Mulai dari…..

 

1. Melakukan pengukuran

Analisis pengguna Instagram, konten yang paling populer, sampai dengan hashtags apa saja yang sedang menjadi trending topic saat ini, harus Anda kuasai. Banyak tools yang bisa Anda gunakan, seperti Sprout social, Iconosquare, dan lain sebagainya.
Anda juga bisa mulai mengukur, seberapa besar pengikut Anda, keterlibatan atau engagement apa saja yang sedang menjadi ulasan, bagaimana pesaing Anda melakukan kampanye mereka.

Cek Konten Lainnya:
Tips Agar Ujian Online Lancar Tanpa Hambatan

 

2. Kemudian lakukan monitoring

Anda tidak perlu menjadi seorang pebisnis yang terus fokus dan terobsesi pada angka. Fokuslah pada cara yang cerdas, bahkan berbeda dari yang lain. Gunakan statistik yang Anda miliki untk membantu Anda tumbuh. Pelajai setiap data dan lakukan perubahan jika memang Anda merasa harus ada yang dirubah dalam cara Anda selama ini.

 

3. Perhatikan juga peta bisnis Anda

Tidak banyak yang tahu, jika menambahkan data lokasi dalam postingan kita memberikan efek yang sangatlah luar biasa. Keterlibatan Anda akan menjadi 79% lebih tinggi, jika Anda memposting konten atau foto yang disertai lokasi. Hanya sebuah foto dengan lokasi, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

 

Cloud VPS

4. Gunakan metode yang pasti

Tanpa strategi, cara dan taktik yang berbeda dari yang lain, bisnis Anda tentu akan biasa-biasa saja. Mulailah dengan membuat checklist harian, mingguan dan bahkan bulanan.

Checklist harian:
– melakukan posting di Instagram
– terlibat dalam setiap komentar yang diberikan followers Anda
– ikutilah beberapa orang atau akun yang cukup populer

Checklist mingguan:
– buatlah jadwal terbaik untuk memposting di Instagram
– perbarui hashtag yang kamu pakai
– perbanyaklah media sosial
– terlibat dengan influencer

Checklist bulanan:
– buatlah laporan bulanan
– ciptakan strategi terbaik untuk bulan selanjutnya

 

5. Pastikan alur kerja

Nah, jangan sampai kegiatan Anda selama ini tidak tercatat dengan baik. Anda harus membuat catatan untuk setiap perencanaan, hasil, bahkan hal-hal yang berhasil ataupun yang gagal Anda lakukan.

 

6. Fokus

Yang terakhir adalah FOKUS. Tahukah Anda jika memposting wajah manusia dapat menghasilkan 38% lebih banyak likes dalam postingan Anda, daripada 11 hashtag untuk foto di bawah follower 1K, dan 5 hashtag di atas follower 1K.

Cek Konten Lainnya:
Darimana Sebaiknya Mulai Berbisnis?

Wow!!! Menakjubkan sekali kan efek dan manfaat dari Instagram untuk bisnis online Anda. Selain mudah dan murah, Instagram memberikan kita kesempatan untuk mendapatkan banyak pengikut yang memiliki hobi dan ketertarikan yang sama dengan kita. Tentu saja ini sangat berimbas bagi bisnis online Anda.

Tapi tahukah Anda, jika memiliki Instagram saja tidak cukup untuk membuat bisnis online Anda sesukses lazada, zalora bahkan amazon. Karena apa? Jika Anda berniat membuat bisnis Anda mendunia, Anda tentu membutuhkan sebuah nama atau merek atau brand, Anda juga membutuhkan logo, Anda membutuhkan website ASLI bisnis online Anda, dan bahkan Anda membutuhkan tempat dimana Anda bisa memajang foto produk secara bebas, memberikan kemudahan untuk transaksi customer Anda, bahkan membuat bisnis online Anda mudah untuk dipromosikan.

Yap, website memberikan efek yang jauh lebih besar sekedar sosial media apapun. Website bisnis online bisa membuat Anda jauh lebih efektif dalam berjualan. Bahkan Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk membuat website toko online yang sangat bagus dan menjual. Seperti halnya Jagoanstore.com, yang memberikan kemudahan untuk Anda dalam memiliki website toko online yang sangat menjual. Tidak perlu keahlian programming, desainer, bahkan Anda hanya butuh keahlian menjual, produk yang Anda pajang di website pun bisa terjual lebih dari target Anda.

Selain Jagoanstore.com yang memudahkan Anda untuk langsung memiliki website toko online, Anda yang sebelumnya sudah memiliki website ini pun bisa membuatnya tampil dan diakses dengan sangat baik. Cukup dengan memilih penyedia layanan hosting yang sesuai dengan website Anda. Contohnya jika Anda menggunakan WordPress sebagai CMSnya, tidak perlu repot dan bingung. Sebab WordPress Hosting dari Beon memberikan Anda kemudahan untuk memiliki website toko online yang aman, cepat dan mendukung setiap kebutuhan Anda untuk berjualan online.

Cek Konten Lainnya:
Jika Twitter Dibatasi Lagi, Seharusnya untuk Bisnis Tidak Ada Batasan

Hmm, sangat mudah bukan memiliki bisnis online yang Anda inginkan? Tidak perlu lama-lama lagi menunggu. Karena saat ini, apapun yang Anda butuhkan untuk bisnis online sudah tersedia dengan mudah. Cobalah sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
akun instagram inspiratif
Read More
Butuh Motivasi untuk Berbisnis? Yuk Follow 7 Akun Instagram Inspiratif ini!
Apa Kamu terbangun di pagi ini dengan perasaan cemas, putus asa ataupun ragu terhadap bisnis yang Kamu sedang…
aplikasi meeting online terbaik
Read More
Masih WFH? Ini Aplikasi Meeting Online Terbaik!
Apa kabar kamu yang masih WFH? Sudah mulai bosan atau masih semangat, nih? Pandemi saja masih tetap berlanjut…