Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Terapkan Ini! Tips Bisnis Online Agar Makin Cihuy

Ada gak sih tips bisnis online yang benar-benar membuat orderan meledak? Tentu saja ada, maka dari itu, baca artikel ini sampai selesai ya.

Seiring dengan perkembangan zaman, semua bisa jadi serba online dan serba instan. Beli makan gak perlu datang ke tempat makan. Tinggal buka aplikasi jasa pengantar makanan, pesan, dan tinggal menunggu makanan datang. Semua bisa sesimple itu.

Memang, usaha online saat ini sangat menjanjikan karena gaya hidup manusia dari waktu ke waktu yang juga mulai berubah. Soal keuntungan? kamu gak perlu khawatir. Sederhananya, dengan usaha online, kamu tidak perlu repot repot membuka lapak, menyewa ruko, bangun pagi, dandan yang rapi, pergi ke tempat kerja, menghadapi macet, meeting tiap hari. Karena hampir dari semua itu bisa dikerjakan secara Online..

Ada salah satu kisah inspiratif dari pengusaha muda bernama Atina. Dia merupakan pemuda yang memutuskan untuk putus kuliah demi berdagang hijab secara online. setiap harinya bahkan dia bisa memproduksi dan mengirim 1000 hijab ke pelanggan nya dari berbagai wilayah di Indonesia. Nyatanya, dia juga tidak perlu membuka toko. Semua dilakukan secara online.

Nah, berikut tips-tips bisnis online sederhana namun manjur untuk menjadikan usaha online shopmu sukses besar!

1. Temukan pasarmu

Sama seperti cari jodoh, yang harus cocok dengan sifat dan karakteristiknya, dalam usaha, kami juga harus mencari target konsumen mu dengan tepat. Mulai dari aspek masyarakan yang akan kamu tembak, dan survey harga dengan barang yang sepadan. Dengan menemukan pasar yang tepat, jualan online mu juga semakin mantap.

2. Pelayanan adalah kunci utama

Tujuan orang mencari barang/jasa adalah kepraktisan. Karena dengan jaur online, berarti akan mempermudah hidup konsumen. Pelayanan bukan hanya soal kecepatan, tapi juga ketepatan. Jangan sampai orang sudah membayar, lalu baru akan dilayani besok. Perlu dicatat bahwa ketika orang sudah membayar saat itu, maka pada saat itu juga mereka harus mendapatkan apa yang sudah mereka bayar. Selain itu, pelayanan kamu juga harus tepat guna.

3. Dalam usaha apalagi online shop, komplain adalah hal yang biasa

Ya betul, tidak ada usaha yang tidak mengalami pasang surut. Salah satu hal yang paling lumrah adalah komplain dari pelanggan. Ketika kami menerima komplain dari pelanggan, yang perlu kamu lakukan hanya satu. Cari cara untuk mengambil hati nya kembali dan jangan sampai pelanggan pindah ke lapak lain.Misal dengan memberikan free ongkir untuk order selanjutnya sebagai permintaan maaf.

4. Bonus

Sebagai contoh kasus, ada seorang pengusaha hijab, dia pernah memberikan promo berupa free 1 pack jarum pentul dengan pembelian hijab. Eitss, jangan sepelekan jarum pentul ya, walaupun harga nya sangat murah. Tapi nilai pelayanan yang bisa dipetik sangat tinggi. Memang sederhana, tapi impact dari hal itu. Pelanggan akan merasa senang dan dihargai oleh produsennya.

5. Promo

Jangan hanya posting, caption, jual saja. Kamu juga bisa memberikan promo spesial di momen momen tertentu. Contoh saja ketika di Mall, kamu pasti bakal melirik dua kali ketika ada toko yang memasang banner Diskon 50% atau Beli 1 Gratis 1. Di online shop, kamu juga bisa menerapkan promo promo tertentu supaya pelanggan bisa tergelitik untuk belanja. Misal dengan memberikan voucher khusus.

6. Testimoni

Online shop merupakan usaha yang sangat ramah di segala usia. Mulai dari bapak, ibu, mahasiswa, pelajar. Nah karena hal ini, kamu bisa merangkulnya dengan layanan terbaik kamu, dan tarik mereka supaya bisa menuliskan testimoni tentang pelayanan kamu. Karena setiap testimoni yang tertulis di halaman website kamu menambah 1 poin kepercayaan pelanggan potensial yang akan berbelanja. Selain itu, testimoni juga berfungsi untuk data pribadi kamu demi layanan yang lebih baik lagi.

7. Miliki website toko onlinemu sendiri

Selain keenam tips di atas, yang terpenting untuk membangun sebuah bisnis online profesional adalah memiliki website toko online sendiri. Kenapa? Sebab dari website toko online yang kita miliki sendiri, dengan nama domain, hosting dan tampilan yang menggambarkan bisnis kita, calon pelanggan akan semakin percaya dengan bisnis kita. Website toko online membantu pebisnis online untuk membangun branding onlinenya. Termasuk untuk meningkatkan penjualan dari segi online.

Tidak perlu menjadi beban jika kamu tidak memiliki keahlian untuk membangun website toko online sendiri. Sebab kini ada banyak yang menyediakan website untuk bisnis online, salah satunya yaitu Jagoanhosting.com. Dengan website toko online instan, kamu bisa membangun bisnis onlinemu dari sekarang. 

Jadi apalagi yang membuatmu lama membuat keputusan? Sosial media memang membantumu jauh lebih mudah membangun bisnis online sukses. Tapi dengan website toko online, semua usahamu akan mendapatkan hasil yang berlipat-lipat. 🙂

Add comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +