Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Tips Email Hosting: Terapkan Cara untuk Menghapus IP Yahoo Blacklist

Kamu yang masih menggunakan email Yahoo dan sempat tidak bisa mengirimkan email, kamu termasuk dalam Yahoo Blacklist. Lalu bagaimana cara mengatasi agar ini tidak berdampak pada email hostingmu?

Yahoo, Google, AOL, ATT dan ISP lainnya merupakan target utama SPAM email. Jika sebelumnya kamu memiliki masalah keamanan di server email, maka kemungkinan kamu adalah target selanjutnya untuk diblacklist.

Kebijakan Yahoo Email Blacklist

Yahoo tidak akan mempublikasikan blacklist mereka, tetapi sebagian besar email service providers menggunakan reputasi IP server sender untuk menentukan email kamu dapat terkirim atau tidak. Termasuk JagoanHosting sebagai penyedia Hosting Terbaik Indonesia.

Berikut beberapa hal yang akan menyebabkan dampak kepada reputasi server sender kamu

  • Blacklistings
  • Bounce rates
  • Email sent to Unknown User
  • Total email volume
  • IP neighborhood
  • Email volume
  • Complaint Rates
  • Spam Trap hits
  • Changes in Email volume
  • History of ip address

Sebelum memulai menyelesaikan blacklist, kami merekomendasikan untuk mengecek reputasi sever di senderscore.org , jika kamu mempunyai score kurang dari 80 maka kamu mungkin mempunyai masalah dalam mengirim pesan. 

Beberapa masalah yang sering kita alami adalah

  • Akun user digunakan untuk mengirim spam
  • Web aplication untuk mengirimkan spam
  • Banyak email dari mailing list, berita, forum, dan blog
  • Banyak forwarding email ke yahoo

Masalah yang terakhir adalah masalah yang sering kita abaikan. Jika kamu memforward email ke Yahoo dan terkena mark spam, Yahoo akan mempinalti server emailmu.

Ini adalah permasalahan yang sering dialami di server shared hosting Indonesia. Beberapa user mengalihkan semua email mereka ke Yahoo.

Ini yang membuat akun email kamu menerima 100 spam pesan secara berkala. Jika tidak ingin server kamu terkena blacklist maka jangan ulangi kesalahan tersebut.

Cek Yahoo blacklist

Tidak seperti Spamhaus, Spamcop, dan public realtime blacklist (RBLs), kamu tidak bisa secara mudah melihat blacklist di Yahoo. Biasanya, jalan satu satunya supaya kita mengetahui bahwa email kita di reject jika kamu mengirim pesan dan mendapat balasan seperti dibawah ini.

421 4.7.0 [TS01] Messages from <1.2.3.4> temporarily deferred due to user complaints

 -

<1.2.3.4> ;see http://postmaster.yahoo.com/421-ts01.html

Atau seperti dibawah ini:

553 5.7.1 [BL21] Connections will not be accepted from 1.2.3.4,

Yang paling penting jika adalah pesan eror, seperti “BL21” atau “TS01”.

Itu merupakan link yang memberitahu tentang eror SMPT secara spesifik. Maka dari itu seringlah mengecek Yahoo SMPT Error Codes jadi kamu dapat mengetahui mengapa kamu terkena blacklist.

Memperbaiki masalah 

Sebelum mencoba untuk mengajukan permohonan, pastikan untuk menganalisis server untuk mengetahui kenapa kamu masuk dalam daftar. Kamu harus  memperbaiki masalah atau mereka akan blacklist server kamu lagi.

Jangan pernah mencoba untuk mengajukan permohonan jika masalah yang ada di server emailmu belum tuntas. Kamu pastinya tidak mau reputasi pengiriman email jelek. Jika kamu menemukan masalah, tunggu beberapa saat, dari kebanyaan kasus masalah dapat diatasi dibawah 48 jam.

Jangan lupa DNS

Pastikan:

  • Reverse DNS teresolve ke hostname
  • hostname mempunyai A record
  • jangan gunakan generic hostname yang diusulkan penyedia ISP
  • SPF valid
  • DKIM berjalan dengan baik

DNS merupakan salah satu elemen yang penting untuk pengiriman email, jadi selesaikan masalah DNS terlebih dulu supaya tidak terblacklist. Apabila kamu menggunakan layanan JagoanHosting, pastikan untuk menggunakan nameserver yang sudah disediakan Hosting Terbaik Indonesia tersebut.

Insruksi menghilangkan Yahoo blacklist

1. Cek Spamhaus

Yahoo menggunakan spamhaus. Pastikan kamu tidak terdaftar di sana. Jika kamu terdaftar di blacklist, maka kamu harus mengirimkan permohonan untuk menghapus dari spamhaus sebelum kita beranjak ke Yahoo. Jika sudah tidak ada lagi di spamhaus, maka emailmu di Yahoo akan berjalan dengan baik lagi.

2. Yahoo bulk sender form

Kamu tetap harus mengisi form ini yahoo bulk sender form, meski kamu tidak mengirim email dalam jumlah yang banyak. Informasi yang perlu diisi di “Enter additional information here” memang harus selengkap mungkin. Demi mencegah Blacklist untuk email Yahoo mu.

Seperti contoh, jika kita ada masalah dalam web script, maka kamu perlu untuk mengirim sebuah note untuk mereka:

“kami telah mengidentifikasi web aplikasi dari segi keamanan, di server kami email relay yang tidak dikenal diperbolehkan masuk ke sistem kami. kami sudah  menghapus script tersebut”

Usahakan pesan yang kamu berikan singkat dan langsung dengan bahsa teknis. Yahoo post master staff akan mereview 1000 lebih request ini, jadi lebih singkat dan to the point akan lebih cepat untuk menghapus data di Yahoo Blacklist.

Ini sebabnya kenapa memilih provider Email Hosting yang aman sangat dianjurkan. Bukan hanya untuk mencegah SPAM email, namun juga untuk memastikan setiap email bisa diterima dengan baik. Provider email hosting Indonesia yang bisa menangani masalah ini adalah Jagoanhosting.com. 

Selain bandwidth yang Unmetered, email hosting Indonesia yang kamu butuhkan juga memberikan hak penuh untuk akses cPanel untuk email hosting. Dan yang pastinya, email kamu akan dipastikan aman dari serangan phising maupun virus. 

Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Segera beralih dengan menggunakan email hosting terbaik yang disediakan oleh provider email hosting Indonesia, Jagoanhosting.com.

Add comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +