Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Tutorial Email: Implementasi Mandriil dengan Exim di cPanel? Begini Caranya

Tahukah kamu jika Mandriil dapat diimplementasikan dengan menggunakan cPanel? Tentu saja bisa jika kamu menyimak tutorial email berikut ini. Namun sebelum itu, mari kita bahas terlebih dulu apa itu Mandriil dan apa fungsinya untuk email bisnismu?

Mandrill adalah layanan email transaksional yang dijalankan oleh MailChimp, sebanding dengan SendGrid. Mandrill datang dengan API yang kuat untuk implementasi yang cepat ke aplikasi untuk mengirim email dengan melalui SMTP. 

Petunjuk tutorial setting domain di bawah ini mencakup cara melakukannya melalui command line. Jika Anda lebih memilih WHM, cukup buka WHM -> Exim Configuration Manager -> Advanced Editor dan ubah bagian yang ditunjukkan telah ditunjukkan.

Pertama, buka file /etc/exim.conf.local kamu di editor dan cari bagian @AUTH @ section. Ubahlah agar terlihat seperti ini:

@[email protected]
 auth_login:
 driver = plaintext
 public_name = LOGIN
 hide client_send = : [email protected] : api_key

Catatan: Jika exim.conf.local tidak ada, buatlah Ada template disini

Nilai api_key bukan kata sandi akun Mandrill mu, ini adalah kunci API. Kamu dapat menemukannya di setelan akun di bawah “Kredensial SMTP & API”

Juga ganti [email protected] kamu dengan alamat email akun Mandrill. Jika kamu sudah memiliki sesuatu di bagian AUTH, cukup tambahkan blok teks di bawahnya tutorial setting domain.

Sekarang cari bagian @ PREROUTERS @ section, dan ubah menjadi seperti ini: 

@[email protected]
 smart_route:
 driver = manualroute
 domains = ! +local_domains
 ignore_target_hosts = 127.0.0.0/8
 transport = auth_relay
 route_list = * smtp.mandrillapp.com
 no_more

Modifikasi terakhir harus ke @[email protected] section:

@[email protected]
 auth_relay:
 driver = smtp
 port = 587
 hosts_require_auth = $host_address
 hosts_require_tls = $host_address 

Simpan file ini, Sekarang buka /etc/exim.conf.localopts dan tambahkan baris ini (atau modifikasi dan tambahkan nama host ke baris yang ada)

smarthost_routelist=*: smtp.mandrillapp.com

Jika Anda menggunakan WHM, ini ada di Basic Editor -> Mail -> Smarthost support.

Simpan file, dan terapkan perubahannya:

/scripts/buildeximconf

service exim restart

Untuk menguji apakah ada sesuatu yang bekerja, kirim email dari server Anda, dan cari di / var / log / exim_mainlog. Kamu pasti menemukan sesuatu seperti ini di entri log:

2014-03-11 21:59:50 1WNbGg-0006ud-2d => [email protected] R=smart_route T=auth_relay H=smtp.us-east-1.mandrillapp.com [x.x.x.x] X=UNKNOWN:ECDHE-RSA-AES256-GCM-SHA384:256 A=auth_login C="250 2.0.0 Ok: queued as 3529E193E178"

 Jika kamu memiliki data SPF, maka kamu harus menambahkan nama host dari server SMTP ke catatan itu sendiri untuk mengizinkan server surat pihak ketiga mengirim email atas nama domain mu saat ini. Mandrill akan memberikan nama host yang harus Anda gunakan di bawah Settings -> Sending Domains, saat Anda melakukan tes SPF.

Nah, bagaimana menurutmu? Tutorial Setting Email ini sudah cukup jelas kan?

Namun sebelum mencobanya, pastikan kamu menemukan jodoh yang tepat untuk emailmu saat ini. Sebab, memiliki aktivitas di email akan membuatmu lebih waspada dalam menggunakan email hosting yang sesuai. Tentu saja, karena salah dalam memilih provider email hosting akan membuat email hostingmu terancam, baik dari segi keamanan sampai dengan segi kredibilitas bisnismu.

Ya, pemilihan provider email hosting yang pas memang tidak mudah. Namun bukan tidak sulit juga. Karena kini Jagoanhosting.com sudah menyediakan paket email hosting Indonesia yang bisa kamu implementasikan untuk email bisnismu. Dengan spesifikasi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhanmu, pastinya kamu tidak akan dirugikan baik dari segi pelayanan, produk sampai dengan harganya.

Jadi sudah siap memiliki email bisnis yang bisa mengantarkanmu ke gerbang kesuksesan? Yok cek sekarang juga!

Add comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +