10+ Contoh Email Penawaran Kerjasama dan Cara Buatnya

contoh email penawaran kerjasama

Contoh email penawaran kerjasama bisa banyak kamu temukan pada internet. Meski begitu, kamu harus mengetahui untuk prinsip dasarnya untuk bisa membuat penawaran yang menarik.

Menurut Brendan Sullivan yang dilansir dari Indeed menyebutkan bahwa di dalam dunia bisnis, penawaran sangat dibutuhkan karena bisa memberikan berbagai benefit untuk perusahaan.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki sebuah proyek menarik dan ingin mencari dana. Pertama, tentunya harus bisa membuat proposalnya terlebih dahulu. Membuat proposal juga tidak semudah yang dibayangkan. Kamu harus mengetahui tujuan, kebutuhan, deskripsi, hingga ke biaya.

Selanjutnya, baru bisa memikirkan tentang cara membalas email penawaran kerjasama. Sekarang ini, penawaran kerjasama lebih banyak menggunakan internet. Sudah jarang ada orang yang pergi ke berbagai perusahaan untuk menawarkan proposal.

Untuk itu, kamu harus bisa membuat email penawaran kerjasama yang baik dan cocok untuk berbagai kebutuhan. Tenang sob, jika kamu bingung mengenai contoh email untuk penawaran kerjasama. Karena pada artikel ini, kami akan memberikan gambaran cara membuat hingga contohnya.

Sehingga, kamu tidak akan kesulitan lagi ketika ingin membuatnya dan mulai mendapatkan investasi dana untuk usahamu sendiri.

Contoh Penawaran Kerjasama via Email

contoh email penawaran kerjasama

Penawaran kerjasama membutuhkan berbagai usaha yang baik untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Termasuk juga dalam usaha membuat email penawaran kerjasama. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

1. Penawaran Kerjasama Supplier Alat Tulis Kantor

Dari : [email protected]

Kepada : [email protected] 

Subject : Penawaran Kerjasama

Kepada Yth. 

PT Cipta Matra

Perkenalkan, kami adalah PT Usaha Maju Bersama yang bergerak di bidang suplai alat tulis kantor (ATK) untuk berbagai kebutuhan. Perusahaan kami telah melayani berbagai jenis usaha baik yang besar maupun kecil.

Kami juga salah satu supplier ATK terlengkap dan dapat memberikan penawaran harga bersaing dan tentunya dengan kualitas barang terbaik. Untuk berbagai katalog dan jenis produk, bisa mengunjungi website www.usahamajubersama.com.

Untuk itu melalui email ini kami bermaksud untuk menawarkan kerjasama sebagai penyuplai kebutuhan ATK bagi perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Besar harapan kami bisa menjalin kerjasama dengan baik. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

William Andri 

Direktur PT Usaha Maju Bersama

2. Penawaran Kerjasama  Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa

Ini bisa menjadi salah satu contoh email penawaran kerjasama yang menarik dan cocok untuk kerjasama di bidang praktek lapangan.

Dari : [email protected]

Kepada : [email protected]

Subject : Penawaran Kerjasama Praktek Kerja Lapangan

Kepada Yth.

Bapak Danurejo

Pimpinan PT Segar Bagus

Dengan Hormat, 

UMN adalah salah satu universitas terkemuka di kota Beranti. Kami juga menghasilkan lulusan-lulusan terbaik dalam berbagai bidang yang siap untuk langsung terjun ke dunia kerja.

Untuk itu, Program Studi Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian UMN dengan ini menawarkan kerjasama untuk praktek kerja lapangan mahasiswa kami di PT Bagus Segar sebagai salah satu perusahaan terbesar di bidang pertanian. 

Harapannya, mahasiswa kami nanti dapat mendapatkan berbagai pengalaman di perusahaan Anda dan bisa mengaplikasikan ilmunya dengan baik.

Bersama ini juga kami lampirkan detail penawaran dan manfaatnya untuk kedua belah pihak.

Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya, 

Tukiman

Ketua Program Studi Ilmu Pertanian UMN

Contoh Email Proposal Kerjasama

Selain penawaran kerjasama biasa, maka ada juga bentuk penawaran yang menggunakan proposal. Isi emailnya sebenarnya tidak berbeda jauh. Akan tetapi, ada sedikit perbedaan yang menyatakan tentang bagian proposal.

Cek Konten Lainnya:
Foto Produk: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tips Foto

1. Email Proposal Kerjasama Penawaran Jasa Branding Perusahaan

Dalam penawaran jasa tentunya akan membutuhkan sebuah proposal sebagai bahan dan acuan memilih jasa tersebut. Contoh email penawaran kerjasama adalah sebagai berikut.

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pimpinan PT Jaya Abadi 

Di tempat

Kami adalah PT Prima Desain adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa desain grafis. Mulai dari pembuatan logo perusahaan, branding, iklan, dan melayani hingga urusan cetak mencetak bahan promosi.

Dengan email ini, maka kami bermaksud untuk menawarkan proposal kerjasama ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini. Utamanya adalah pada bidang jasa branding perusahaan. 

Meski tidak menutup kemungkinan kedepannya untuk melayani jasa lainnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Bersama dengan email ini juga kami lampirkan proposal rancangan jasa branding.

Termasuk juga portofolio perusahaan kami sebagai bahan perbandingan dan juga pertimbangan dari proyek-proyek yang sudah dilakukan sebelumnya.

Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Regards,

Prima Sandi

2. Email Kerjasama Proposal Menjadi Event Organizer

Kamu membutuhkan proposal biasanya untuk berbagai penawaran yang membutuhkan jasa sebagai contoh email penawaran kerjasama.

Di dalam proposalnya berisikan tentang tempat dan waktu kegiatan, tiket, keuntungan, dll. Kepada:

Yth. CEO CG Entertainment

Dengan hormat,

CV Bird Entertainment adalah salah satu penyelenggara event terkemuka yang sudah banyak menangani berbagai acara konser musik internasional. Kami memiliki pengalaman yang cukup banyak di Indonesia.

Mulai dari menjadi promotor penyanyi Inggris, Amerika Serikat, dan negara lainnya untuk bisa konser di Indonesia. 

Sehubungan dengan adanya konser tur penyanyi K-Pop dari Korea yakni Blackdust yang akan mengadakan tur konser di Indonesia, maka kami Bird Entertainment mengajukan diri untuk bisa menjadi promotor atau penyelenggara event.

Kami juga mengirimkan data proposal lengkap termasuk data portofolio event yang pernah dilakukan sebelumnya. Semoga bisa bekerjasama kedepannya. Terima kasih atas perhatiannya.

Best Regards,

Joe Triguna

Pimpinan Bird Entertainment

Contoh Email Penawaran Kerjasama ke Perusahaan Lain

Selain contoh email penawaran kerjasama yang sudah dibahas sebelumnya, maka kamu bisa menawarkan lagi ke perusahaan lain. 

Cek Konten Lainnya:
Ketahui 5 Hal Dasar Ini Sebelum Membangun Startup

1. Penawaran Kendaraan Bermotor

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan PT Langkah Maju

Dengan hormat, 

Bersama ini kami dari PT Agung Motors sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang otomotif menyalurkan produk kendaraan berbagai merk. 

Melihat dari perkembangan organisasi Bapak/Ibu yang semakin besar mungkin membutuhkan peremajaan atau ingin membeli kendaraan baru untuk operasional.

Hal ini tentunya untuk menunjang kinerja perusahaan menjadi lebih baik.

Untuk bisa mempermudah pemilihan produk maka tersedia brosur, daftar harga, termasuk juga kredit atau cicilannya. Anda bisa menghubungi kontak kami jika tertarik dengan penawaran tersebut.

Terima kasih, salam sukses selalu.

Andrian

Marketing PT Agung Motors

2. Penawaran Vendor Tiket Perjalanan

Yth. 

Pimpinan PT Indonesia Magazine

Dengan hormat,

Bersama dengan email ini kami ingin memberikan penawaran kepada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menggunakan jasa kami sebagai vendor tiket pesawat untuk keberangkatan ke berbagai daerah di Indonesia.

Kami PT Indonesia Travel memberikan berbagai penawaran harga yang menarik, menyediakan berbagai rute layanan tiket pesawat, kereta api, dll ke seluruh Indonesia. 

Bersamaan dengan ini juga tersedia list harga dan kontak kami apabila tertarik dan ingin bekerjasama. Terima kasih

Greg Button

Marketing PT Indonesia Travel

Contoh Email Penawaran Kerjasama Dalam Bahasa Inggris

Saat ini banyak kebutuhan kerjasama dengan perusahaan luar negeri. Sehingga, kamu juga harus bisa membuat contoh email penawaran kerjasama dalam bahasa Inggris. 

1. Penawaran Vendor Furniture Kantor

To: Mr John Trent

Director of Communal Space

Dear Sir,

We are furniture products and art living company, which design and supplies best furniture around the world. We would like to offer our latest design and brand to your company in the following list:

  • various set sofa and table
  • various set desks and chairs for office 
  • carpets
  • others interior design needed

This offer also include product catalog and do not hesitate to contact us if you need something. Thank you for your attention.

Sincerely,

Wed Brent

2. Penawaran Hiasan Bunga

To : Beautiful Wedding Organizer

Dear Mrs. Blaire

We are Jasmine Flower which is supplier of many kinds flower for every purpose. Our flower have quality guarantee and the affordable price. Also we can offer a cash back guarantee for our product.

We hope that you are interested with our products to cheerful your project and client. If you want to order our product, we will give you 20% discounts for the purchase. For another information please call our number and visit our website.

Thank you for your attention.

Tamara Bends

CEO of Jasmine Flower

Contoh Body Email Penawaran Kerjasama

Selain surat yang kamu gunakan untuk penawaran, maka selanjutnya adalah membuat contoh email penawaran kerjasama untuk memberikan pengantar kepada calon investor.

Cek Konten Lainnya:
15+ Contoh Blog Bisnis Terbaik untuk Jadi Inspirasi

1. Body Email Untuk Bisnis Kolaborasi FnB

Halo,

Perkenalkan sebelumnya nama saya Alfian dari Ayam Goreng WakWak. Kami ingin menawarkan kolaborasi untuk mempromosikan bisnis kami melalui channel Youtube Indonesia Foodies.

Ayam Goreng WakWak merupakan salah satu ayam goreng kekinian yang viral saat ini. Kami sudah berdiri sejak tahun 2020 dan memiliki beberapa gerai di kota Jakarta. 

Kami ingin lebih mengembangkan promosi dan juga penjualan melalui sosial media. Apabila ada potensi untuk kolaborasi mohon kontak kai di nomor 0816783452.

Salam

Alfian

2. Body Email Untuk Bisnis Tanaman Hias

Selamat siang,

Saya Bram dari Green Plant memiliki paket kerjasama untuk pengadaan tanaman hias bagi taman berbagai kebutuhan. Green Plant memiliki desainer lanskap yang berkualitas termasuk juga pengerjaan taman di lokasi.

Untuk itu, kami ingin menawarkan kerjasama dengan diskon sebesar 20% untuk desain dan juga usaha jasa pembuatan taman kami tergantung luasan. Apabila membutuhkan info lebih lanjut silahkan kontak di nomor 0834678945.

Terima kasih

Bram

3. Body Email Untuk Bisnis Minuman Kopi

Salam lestari,

Perkenalkan nama saya Agung dari Sustainable Coffee. Kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman utamanya dalam suplai biji dan bubuk kopi. 

Kami mendapatkan berbagai biji kopi berkualitas dari seluruh Indonesia yang dipilih dan disangrai dengan baik. Untuk itulah kami ingin menawarkan kepada cafe Bapak/Ibu untuk membeli produk biji ataupun bubuk kopi dari kami.

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi sustainablecoffee.com atau kontak WA kami di nomor 0812345678.

Terima kasih

Agung

Cara Membuat Email Penawaran Kerjasama

isi email penawaran kerjasama

Cara membuat email ini sebenarnya sangatlah sederhana. Akan tetapi, ada hal penting yang harus selalu kamu isi yaitu:

  • Kepada
  • Salam pembuka
  • Pengantar
  • Isi
  • Penutup

Hal tersebut penting untuk menyampaikan maksud kamu secara terstruktur. Bisa lihat beberapa contoh yang sudah ada untuk lebih bisa memahaminya.

Bikin Email Kerjasama Lebih Kredibel

bikin email kerjasama lebih kredibel

Salah satu faktor suksesnya kerjasama antar pihak selain isi dari kerjasama tersebut adalah kredibilitas suatu brand. Membuat kredibilitas brand bisa dimulai dengan bikin email bisnis yang profesional dengan menggunakan nama domain sendiri.

Contohnya alamat email perusahaanmu akan lebih dipercaya seperti partnership@ namabrand.com atau marketing@ bisnismu.com. Dibanding pakai email gratisan seperti pake gmail.

kerjasama via email lebih meyakinkan

Segera tingkatkan kepercayaan clientmu dengan mulai pakai email profesional dengan Email Hosting Murah dari Jagoan Hosting.

Beberapa contoh email penawaran kerjasama bisa kamu buat dan kreasikan sendiri tergantung kepada tujuan dan audiens. Kamu bisa membuatnya ke dalam bentuk yang lebih formal, semi formal, bahkan informal sekalipun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara mendapatkan uang dari blog
Read More
7 Cara Mendapatkan Uang dari Blog dengan Mudah, Yuk Coba!
Bagi kamu yang suka blogging, wajib banget tahu cara mendapatkan uang dari blog untuk menambah penghasilan. Selain menjadi…
b2b adalah
Read More
Bisnis B2B – Strategi, Contoh dan Bedanya dengan B2C
Dunia bisnis memiliki banyak jenis model yang bisa diimplementasikan dalam usaha mereka, beberapa diantaranya adalah B2B dan B2C.…