Email perusahaan — Sebagai pemilik bisnis, kredibilitas tentunya menjadi yang kebutuhan utama dalam menggaet para pelanggan. Salah satu contohnya adalah penggunaan email perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan lama maupun baru. Jika kamu sudah memiliki email perusahaan dengan domain terkustomisasi, maka kamu perlu belajar fungsinya untuk memaksimalkan bisnismu!

Ilmu dalam menggaet pelanggan melalui email disebut email marketing. Ada beberapa jenis email yang bisa kamu lakukan dalam mempraktikkan email marketing. Tujuannya sama kok: supaya pelanggan yang masuk ke database kamu bakal tertarik dan selalu up to date dengan produk kamu!

Berikut fungsi email perusahaan yang bisa kamu ikuti, sob!

Newsletter sebagai sarana promosi informatif

email perusahaan
gambar dari unsplash

Newsletter merupakan jenis email yang memiliki konten informatif dengan call-to-action agar pelanggan mau mengklik atau melakukan sesuatu setelah membaca email dari kamu.

Konten dari newsletter ini biasanya bentuknya menarik dan berisi seputar informasi baru khususnya blog kamu! Ya, blog bisa membantu agar konten website kamu terus terupdate dan pelanggan bisa memahami konten apa saja yang kamu tawarkan.

Kamu juga bisa tiba-tiba memberikan promo atau survey jika memang sedang mengadakan. Blast email alias mengirim email dalam jumlah banyak pada satu waktu sangat membantu, lho!

Transaksional biar mereka nggak di-ghosting

Pernah nggak kamu membeli sesuatu di website suatu produk tapi bingung harus melakukan apa selanjutnya? Nah email transaksional membantu pelanggan kamu agar tetap melanjutkan langkah hingga pembelian produk atau jasa kamu.

Email transaksional dipicu ketika pelanggan melakukan sesuatu seperti klik pembelian produk ataupun mendaftar ke website kamu. Nantinya kamu bisa memberikan data password jika mereka baru registrasi atau rincian pembelian jika mereka baru saja berbelanja.

Follow up, agar mereka tetap stay on the track

Berbeda dengan email transaksional, email perusahaan follow up membantu mereka untuk kembali ke website kita. Misalnya ketika mereka senang dan memberikan hati pada produk celana, kita bisa memberikan mereka konten-konten seputar celana ataupun promosi produk celana kita.

Seringkali pelanggan lupa bahwa mereka pernah bergabung dengan website kita. Bisa-bisa jika kita tidak follow up, mereka malah tidak ingat dengan produk kita, lho. Nah follow up email perusahaan ini bisa membantu mereka agar tetap berada di lingkup website kita dan tidak kabur!

Digest email berkala

Digest email adalah email otomatis dalam jangka waktu tertentu, misalnya seminggu atau sebulan sekali. Umumnya digest email berisi produk-produk Anda yang terbaru sehingga mereka tidak ketinggalan untuk membeli produk Anda.

Digest email juga bisa digunakan jika Anda secara berkala melakukan sebuah kompetisi atau pun mengundang untuk meet up misalnya. Nantinya siapapun bisa mengikuti kompetisi pada waktu yang mereka sukai ataupun meet up pada email kesekian kalinya.

Selain jangka waktu yang bervariasi, kamu juga bisa menentukan jumlah penerima yang mau dituju lho, sob! Apalagi jika kamu sudah menentukan segmentasi pelanggan yang kamu target untuk digest email berkala.

Sudah siap untuk mempraktekkan email marketing di atas? Jangan lupa untuk memastikan bahwa storage email kamu cukup besar dan bisa mengirim banyak email dalam satu waktu. Domain email kustom dari layanan hosting terbaik milik Jagoan Hosting bisa kamu manfaatkan karena storage besar serta fasilitas canggih lain seperti automatic response dan advance calendar! Harga bersahabat, cocok buat kamu yang ingin step up the game, sob!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like