Apa itu Newsletter? Pengertian, Cara Membuat & Tipsnya

newsletter email

Newsletter adalah salah satu strategi pemasaran yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis online. Strategi yang satu ini terbukti cukup menarik perhatian banyak pelanggan. Sesuai dengan fungsinya, newsletter email memang tergolong ke dalam kategori email marketing atau email pemasaran. Jenis email ini banyak digunakan oleh brand ternama. Bukan hanya brand produk, tetapi juga brand jasa atau berita.

Ingin tau lebih lanjut tentang newsletter email? Simak serba-serbinya di bawah ini.

Apa itu newsletter email?

apa itu newsletter email?
gambar dari unsplash

Newsletter adalah email yang diterima pelanggan ketika mereka mengikuti website kita. Kita juga bisa mengirimkan email promosi secara berkala ke akun-akun email mereka. Walaupun namanya adalah email promosi, isi email tidak selalu berupa tulisan hard selling, kok! Bisa juga berisi tulisan-tulisan soft-selling.

Yang perlu disiapkan sebelum menerapkan strategi pemasaran dengan email

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa newsletter adalah email yang diterima pelanggan ketika mereka mengikuti website kita, maka sudah jelas bahwa website adalah hal yang wajib dimiliki sebelum membuat newsletter email. Sebelum kamu berniat membuatnya, pastikan dulu kamu sudah memiliki dua hal ini:

1. Website

Jenis email ini akan diterima pelanggan ketika mereka mengikuti atau subscribe website kamu. Bukan hanya website bisnis, website pribadi seperti blog berisi self journal juga bisa menggunakan strategi ini, lho. Kamu juga bisa menerapkannya di website yang kamu kelola, Sob. Kamu bisa membuat newsletter email selama kamu memiliki website. Kalau kamu belum punya website, kamu bisa membeli layanan domain dan hosting-nya di Jagoan Hosting.

Cek Konten Lainnya:
15+ Template Website Company Profile untuk Perusahaan

Misalnya nih kamu punya blog yang berisi informasi-informasi seputar anime, kamu juga bisa membuat email ini untuk para pembaca blog kamu. Kamu bisa menjangkau lebih banyak pembaca setia jika menerapkan strategi menggunakan email ini. Kamu juga bisa menjadi freelance yang berkaitan dengan hobi kamu. Contohnya freelance penerjemah anime-anime terbaru. Penghasilannya lumayan lho, Sob!

2. Email

Hal kedua yang wajib kamu siapkan adalah email. Kamu nggak akan bisa mengirimkan email ini ke pelanggan jika kamu belum memiliki email. Akan lebih baik kalau kamu menggunakan email bisnis, bukan email gratis seperti Gmail. Kenapa? Agar branding websites kamu bisa lebih kece. Belum punya email bisnis? Coba cek cara membuatnya di sini. Tenang, kamu juga bisa mencoba penawaran email bisnis dari Jagoan Hosting.

Bagaimana cara membuat newsletter email yang baik?

Setelah menyiapkan dua hal tadi, sekarang kamu sudah bisa membuat newsletter email. Ada beberapa kriteria yang sebaiknya dipenuhi. Beberapa kriteria tersebut adalah:

  1. Bersifat informatif
  2. Berisi konten yang menarik
  3. Menggunakan bahasa yang sesuai dengan brand perusahaan atau website kamu
  4. Menggunakan kalimat sederhana yang memikat

Kamu bisa melihat contoh yang baik di change.org. Mereka menyajikan contoh yang berisi konten menarik. Bahasa yang digunakan juga sederhana dan cukup memikat. Kamu bisa mencontoh mereka ya, Sob!

Beberapa tips dan trik seputar newsletter email

tips newsletter email
gambar dari unsplash

Ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba, Sob! Tips dan trik ini bisa membuat newsletter email kamu jadi lebih oke.

1. Pakai email bisnis, bukan email gratis

Pastikan kalau kamu menggunakan email bisnis ya, Sob! Jangan sampai kamu menggunakan email yang gratis. Branding bisnis kamu akan terancam kalau email yang kamu gunakan adalah email gratisan. Coba cek penawaran email hosting dari Jagoan Hosting, deh! Nikmati email email bisnis yang oke untuk branding bisnis yang kece.

Cek Konten Lainnya:
4 Cara Efektif Bangun Bisnis Ramah Lingkungan untuk Tingkatkan Profit

2. Gunakan Mailchimp

Si monyet kuning ini bisa memudahkan proses pembuatan newsletter email kamu, Sob! Caranya juga gampang banget. Untuk bisa menggunakan Mailchimp, kamu harus membuat akun terlebih dahulu di link ini.

3. Gunakan visual yang bagus

Salah satu kemudahan yang bisa kamu nikmati jika menggunakan Mailchimp adalah template email yang beragam. Visual yang cantik bisa menarik minat banyak pelanggan.

4. Penuhi 4 kriteria newsletter email yang baik

Agar strategi pemasaran ini bisa berjalan dengan maksimal, pastikan kamu sudah memenuhi empat kriteria newsletter yang baik ya, Sob!

5. Cek dan recheck

Ini juga penting. Cek dan cek lagi sebelum kamu menyebar email. Pastikan tidak ada kesalahan dalam email tersebut.

Beberapa informasi tentang newsletter email dari Jagoan Hosting cukup membantu, kan? Jagoan Hosting, penyedia layanan VPS dan Hosting terbaik di Indonesia. Lihat informasi seputar bisnis dan teknologi lainnya di blog Jagoan Hosting. Kamu juga bisa lihat penawaran lebih lengkapnya di website kami ya, Sob!

Baca juga: Online Marketing Adalah: Ini Panduan Lengkapnya bagi Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Ingin Merintis Bisnis Financial Technology? Kenali Dulu Prospek Fintech di Indonesia Ini
Prospek Fintech — Tidak perlu ditanya lagi, sobat Jagoan Hosting, saat ini kita sedang berada di era revolusi…
Membuat Deskripsi Produk
Read More
Membuat Deskripsi Produk yang Maksimal untuk Meningkatkan Penjualan
Membuat deskripsi produk tidak semudah membalikkan telapak tangan, Banyak persiapan yang dibutuhkan agar deskripsi produk maksimal dan dapat…