Back-end programmer atau yang juga biasa disebut back-end developer, salah satu pekerjaan bergengsi yang masih belum banyak diketahui. Kalau kamu, sudah tau belum Sob tentang profesi yang satu ini? Pada artikel kali ini kita akan membahas serba-serbi profesi yang cukup prestisius ini, ya. Mulai dari apa yang dimaksud dengan back-end programmer hingga skill atau kemampuan apa yang harus kamu miliki jika ingin menjadi seorang back-end programmer.

Apa itu back-end programmer?

apa itu back-end programmer?
gambar dari unsplash

Ayo kita berkenalan dengan profesi yang satu ini. Profesi yang juga sering disebut sebagai back-end developer ini adalah salah satu profesi di bidang IT. Nah, pasangan atau rekan kerja dari profesi ini adalah front-end programmer atau front-end developer. Meskipun profesi ini masih kurang dilirik, sebenarnya profesi ini bisa dibilang cukup menjanjikan, lho! Baik untuk profesi freelance maupun profesi tetap di perusahaan besar, back-end programmer tetap jadi profesi bergengsi yang patut kamu pertimbangkan. Terutama untuk kamu yang tertarik dan memiliki skill di bidang IT, Sob.

Back-end programmer atau back-end developer adalah orang yang bertugas mengurus masalah server. Maka dari itu, nggak jarang profesi ini dikenal dengan sebutan server side. Berbeda dengan front-end programmer yang menjalin komunikasi dengan klien, back-end programmer hanya fokus pada urusan di belakang layar saja.

Tanggung jawab seorang back-end programmer

tanggung jawab back-end programmer
gambar dari unsplash

Konon katanya, seseorang yang memiliki profesi ini adalah orang yang memiliki kemampuan problem solving yang baik. Ini bukan tanpa alasan lho, Sob! Mereka dianggap sebagai problem solver yang baik karena mereka sudah terbiasa dengan tanggung jawab-tanggung jawab ini. Orang-orang di server side ini memiliki beberapa tanggung jawab yang meliputi:

  1. Mengolah database
  2. Mengelola teknologi web server
  3. Melakukan integrasi cloud computing
  4. Membangun software server side
  5. Mengatur bahasa pemrograman server side.
  6. Melakukan integrasi Application Programing Interface (API)
  7. Mengelola Content Management System (CMS)
  8. Mengembangkan Content Management System (CMS)
  9. Mengatur dan menjamin keamanan web
  10. Membuat laporan analisis dan statistik server

Secara sederhana, tanggung jawab utama dari seorang back-end programmer adalah mengkomunikasikan database yang dikelola ke browser. Tugas-tugas lainnya akan menjadi tanggung jawab client side alias front-end programmer.

Skill yang dibutuhkan oleh profesi ini

tips dan trik back-end programmer
gambar dari unsplash

Selain haru bisa menjadi pemecah masalah atau problem solver yang baik, profesi ini juga membutuhkan keterampilan-keterampilan ini:

  1. Melek teknologi
  2. Rasa ingin tau yang tinggi
  3. Kemampuan analisis yang tajam
  4. Kemauan untuk terus belajar
  5. Kemampuan komunikasi

Selain skill di atas, keterampilan yang wajib kamu miliki jika ingin berkarir sebagai profesi ini adalah keterampilan tentang bahasa pemrograman. Kamu harus memiliki keahlian di bidang ini. Untuk bisa duduk di posisi server side dengan baik, kamu harus paham apa itu database, Application Programing Interface, Content Management System, HTTP, dan bahasa pemrograman lainnya.

Sebagai penyedia layanan VPS dan hosting terbaik di Indonesia, Jagoan Hosting juga memiliki back-end programmer yang handal. Para server side Jagoan Hosting memiliki skill yang handal untuk mengendalikan teknologi canggih dan terkini. Oleh karena itu, layanan kami memang sudah terjamin kualitasnya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like