Instagram Marketing Strategy – Sebuah studi menyatakan bahwa lebih dari 83% pengguna Instagram cenderung mengambil keputusan pembelian setelah melihat sebuah produk melalui Instagram, lho. Ini menunjukkan bahwa Instagram bukan hanya sekedar platform untuk membagikan foto dan video, namun juga sebagai tambang emas untuk bisnis dalam berbagai bentuk dan ukuran. 

Dimulai dari membangun sebuah komunitas hingga melakukan penjualan bisnis dapat dilakukan melalui platform yang sudah dikenal sejak tahun 2010 ini. Namun, bagaimana cara untuk mencapai penjualan yang sukses melalui Instagram?

Tenang saja, kali ini Jagoan Hosting akan membagikan Instagram Marketing Strategy yang penting untuk diketahui oleh pegulat bisnis online, apalagi yang memilih Instagram sebagai platform berdagang. Yuk, simak strategi-strateginya di bawah ini!

7 instagram marketing strategy
gambar dari unsplash

1. Gunakan Instagram Business Account

Tentu saja kamu membutuhkan sebuah akun untuk memulai. Tapi, jangan lupa untuk mengubahnya ke akun bisnis, ya! Akun bisnis akan memberimu akses pada fitur-fitur yang tidak bisa kamu dapatkan apabila menggunakan akun pribadi. 

Dengan mengubah akun menjadi akun bisnis, kamu dapat memanfaatkan fitur seperti Instagram ads, Instagram insight, Instagram shopping, informasi kontak serta tombol “call-to-action” pada profil.

2. Tentukan target pasar

Yang tak kalah pentingnya dalam menentukan Instagram marketing strategy yaitu dengan menentukan target pasar sedari awal. Tentu ini juga akan memudahkanmu untuk membuat branding.

Misalnya saja, bisnis yang kamu kelola menargetkan remaja hingga orang dewasa yang gemar dengan anime. Nah, dari sini kamu bisa mendapat panduan untuk membuat konten yang disukai oleh konsumen dengan kriteria tersebut. 

3. Optimalkan profil akun

Profil adalah komponen penting untuk menunjukkan seperti apa brand yang kamu kelola. Ini akan menentukan first impression calon konsumen yang meng-klik akunmu.

Untuk itu, sangat penting untuk mengoptimalkan penggunaan nama, bio, foto profil, alamat website, kategori, informasi kontak, dan tombol “call-to-action” untuk menggambarkan bisnismu, sehingga calon konsumen tertarik untuk mengikuti.

Jika kamu belum memiliki website penjualan sendiri, kamu bisa gunakan jasa pembuatan website di Jagoan Hosting. Pembuatan website anti ribet, terjangkau, dan bisa pilih domain sesuai dengan nama bisnis kamu. Untuk memaksimalkannya lagi, gunakan layanan web hosting terbaik yang bisa kamu cari tahu di sini.   

4. Ciptakan konten yang menarik

Instagram adalah platform yang mengandalkan penilaian secara visual. Tentu saja kamu harus mempersiapkan konten yang menarik, eye-catching, dan penggunaan tone color yang estetik sebagai Instagram marketing strategy

Kamu tidak selalu harus ambil foto maupun video menggunakan kamera profesional, tapi pastikan hasilnya tajam, jernih, tersusun dengan baik, terang, juga fokus. 

Selain memperhatikan konten visual yang memanjakan mata, kamu juga perlu memperhatikan penulisan caption dan penggunaan hashtag. 

5. Manfaatkan semua  jenis postingan di Instagram dengan efisien

Instagram memiliki jenis postingan yang beragam, ada Instagram feeds, Instagram story, Instagram live, juga Instagram TV. Gunakan tiap jenis postingan ini dengan efisien untuk menaikkan engagement dan juga interaksi dengan konsumen. 

Kamu bisa menentukan jadwal posting. Misalnya, posting di Instagram feeds setiap dua kali sehari dengan topik yang berkaitan dengan branding. Atur foto dan video sehingga feeds dapat terlihat senada.

Gunakan Instagram story untuk membagikan informasi terkini serta tetap terkoneksi dan menjalin hubungan yang baik dengan para pengikut. Kamu bisa memanfaatkan fitur polling, swipe up, asking question dan lain-lain.

6. Coba bekerjasama dengan influencer

Salah satu Instagram marketing strategy yang perlu kamu coba juga adalah menjalin kerjasama dengan para social media influencer. Mereka memiliki pengaruh tersendiri karena membangun sebuah “komunitas” dengan pengikut mereka. 

Lakukan analisis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilih influencer, ya! Pastikan kamu bekerjasama dengan orang yang memiliki ranah yang sama dengan bisnis yang kamu jalankan.

7. Perluas audiens bisnis dengan Instagram ads

Last but not least, kamu juga bisa memanfaatkan Instagram ads untuk menampilkan konten bisnismu ke hadapan audiens baru. Faktanya, dua juta bisnis di dunia telah menggunakan fitur Instagram ads ini dan berhasil mendapatkan audiens baru untuk bisnis mereka.

Kamu juga tentu bisa memanfaatkan kesempatan yang sama. Dengan menargetkan hal-hal seperti lokasi, demografi, ketertarikan, dan perilaku konsumen, iklan ini akan membantu menjangkau lebih banyak audiens.
Nah, itu dia Instagram marketing strategy yang penting untuk kamu ketahui untuk meningkatkan calon pembeli bahkan meningkatkan pembelian. Jangan lupa, salah satu strategi ini merekomendasikan kamu untuk tidak hanya menggunakan platform Instagram, namun juga platform lain seperti website. Soal pembuatan website beserta domain, serahkan saja pada Jagoan Hosting. Cek website kami untuk informasi lebih lanjut!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like