Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman digital seperti sekarang ini, pekerjaan manusia dapat terbantu lebih cepat dan efisien jika menggunakan bantuan teknologi. Tak terkecuali kalau kamu sedang menjalankan sebuah bisnis. Di artikel ini, kami akan membahas mengenai jenis aplikasi untuk bisnis yang bisa kamu gunakan untuk menunjang pekerjaan. Apa saja aplikasinya? Pastikan untuk simak artikel ini sampai habis, ya!

Aplikasi perencanaan ide dan strategi bisnis

aplikasi untuk bisnis bidang strategi
gambar dari unsplash

Ide berbisnis bisa datang dari mana saja dan kapan saja, tidak terkecuali saat kita sedang bepergian. Ada kalanya kita tidak selalu membawa buku catatan untuk menuliskan ide-ide kita, sedangkan sebuah ide seringkali cepat hilangnya apabila hanya dibiarkan di otak saja.

Nah, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk bisnis di bawah ini sebagai alat untuk menyimpan ide-ide kreatif yang tiba-tiba saja muncul di kepala. Selain dicatat, kamu juga bisa sekaligus melakukan perencanaan dan penyusunan strategi agar bisnismu berjalan lancar.

  1. Evernote: Kamu bisa mencatat dan membuat perencanaan bisnis di aplikasi ini. Tersedia di Android, iOS, dan PC.
  1. OneNote: Tampilannya yang menarik akan mempermudahkanmu untuk mencatat perencanaan bisnis. Tersedia di Android, iOS, dan PC.

Aplikasi pembuatan desain grafis 

aplikasi desain untuk bisnis
gambar dari unsplash

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi membuat desain grafis. Di zaman seperti sekarang ini, desain grafis dari sebuah bisnis itu penting banget, Sob! Meskipun kamu punya kemampuan desain yang pas-pasan, desainmu akan terlihat lebih ciamik dengan bantuan aplikasi berikut:

  1. Canva: Aplikasi ini memiliki banyak template desain yang bisa kamu kreasikan sesuai dengan referensimu. Mau itu header, logo, brosur, dan lain sebagainya bisa kamu akses disini. Menariknya, aplikasi ini gratis, lho! 
  1. PicMonkey: Aplikasi yang satu ini hampir mirip dengan Canva. Tampilannya juga simple sehingga memudahkanmu untuk menggunakannya.

Layanan pembuatan online shop

aplikasi untuk online shop
gambar dari unsplash

Website penjualan merupakan salah satu aset penting kalau kamu sedang menjalankan bisnis, apalagi yang berbasis online. Dengan menggunakan website, kamu jadi bisa membangun brand awareness dan memperlihatkan produk atau jasa yang kamu tawarkan pada calon pembeli

Namun jika kamu belum mempunyai website, jangan khawatir dulu! Ada Jagoan Hosting yang menyediakan layanan pembuatan website. Selain pembuatannya yang anti ribet, harganya juga terjangkau. Keamanan dari data-data perusahaanmu pun terjaga dengan aman!

Setelah mendapatkan website untuk bisnis, jangan lupa untuk membuat domain yang sesuai dengan perusahaanmu. Kamu juga bisa beli domain di Jagoan Hosting.

Aplikasi project management

aplikasi untuk bisnis project management
gambar dari unsplash

Pernah dengar istilah “Team work makes the dream works”? Istilah tersebut merujuk pada pekerjaan yang dilakukan bersama-sama akan mendatangkan kesuksesan. Hal yang sama tentu terjadi pada dunia bisnis.

Dalam mengembangkan bisnis, pembagian tugas dengan rekan bisnis yang lain sangat penting untuk mendukung berjalannya bisnis. Kamu bisa gunakan aplikasi berikut untuk mengatur pekerjaan yang kamu lakukan sendiri serta memantau pekerjaan yang dilakukan oleh rekan bisnismu:

  1. Asana: Di aplikasi ini, kamu bisa melakukan perencanaan target, memantau pekerjaan rekan kerja, memprioritaskan pekerjaan, bahkan berkomunikasi dengan rekan kerja tanpa harus membuka aplikasi lain.
  1. Trello: Tampilannya yang sederhana membuat aplikasi untuk bisnis ini mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Fitur board dan card yang tersedia pada aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk menuliskan pekerjaan apa saja yang sedang dikerjakan, menetapkan target, serta memantau pekerjaan rekan lain.

Aplikasi finansial atau akuntansi

aplikasi untuk keuangan bisnis
gambar dari unsplash

Yang tak kalah penting dari semua aplikasi di atas adalah aplikasi finansial atau akuntansi. Tentu saja kamu membutuhkannya, sebab kesehatan dari finansial bisnis itu harus dijaga. Berikut aplikasi yang bisa kamu gunakan:

  1. QuickBooks: Aplikasi untuk finansial ini seperti all in one, karena kamu bisa memilih fitur otomatis agar semua hal dapat terurus daripada harus mengkalkulasikannya secara manual. Gampang, bukan?
  1. MoneyLover: Yang satu ini cocok kamu download di handphone karena memiliki bobot yang ringan serta tampilan UI yang menarik. Selain pemakaiannya jadi mudah, kamu pun tidak perlu emosi karena aplikasi ini jarang banget errornya! 

Itu dia beberapa rekomendasi jenis aplikasi untuk bisnis yang akan mempermudahmu dalam bekerja. Bagaimana, yang mana saja yang pernah kamu coba?

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like