Cara Menggunakan Google Calendar, Info Penting Untuk Para Freelancer

cara menggunakan google calendar

Halo, para freelancer! Apa kabar? Lagi banyak deadline nggak, nih? Kami paham bahwa sebagai pekerja lepas, freelancer tidak pernah lepas dari deadline alias tenggat waktu suatu pekerjaan. Tapi, kamu sudah tau belum, Sob? Ada sebuah aplikasi yang bisa memudahkan kamu untuk mengerjakan tugas sebagai seorang freelancer. Kali ini Jagoan Hosting akan berbagi tentang cara menggunakan Google Calendar, salah satu aplikasi yang ditawarkan Google. Dengan aplikasi ini, kamu akan sangat terbantu untuk mengelola pekerjaan yang kamu lakukan.

Semua freelancer bisa menggunakan Google Calendar, kok. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh banyak kalangan. Freelance translator, content writer, data analyst, bahkan pembawa acara freelance juga bisa memanfaatkan aplikasi yang satu ini. Apapun bidang freelance yang kamu geluti, kamu bisa menggunakan Google Calendar untuk mempermudah pekerjaanmu.

Bukan cuma freelancer lho yang bisa menggunakan aplikasi ini. Sebenarnya semua kalangan juga bisa memanfaatkannya. Namun, aplikasi ini akan sangat bermanfaat untuk freelancer karena bisa mempermudah pekerjaan kamu, Sob! Ada banyak sekali manfaat dari Google Calendar, beberapa di antaranya adalah:

Mengelompokkan pekerjaan

kategori pekerjaan
gambar dari unsplash

Tentu kami tau kalau sebagai freelancer, kamu bukan hanya meng-handle satu pekerjaan saja. Bahkan kemungkinan besar kamu juga mengerjakan pekerjaan dari klien yang berbeda. Untuk mempermudah proses pengerjaannya, kamu bisa mengelompokkan tugas-tugas kamu dan menandainya dengan warna label yang berbeda. Cara menggunakan Google Calendar untuk keperluan yang satu ini adalah:

  1. Buka Google Calendar
  2. Klik pada tanggal yang kamu mau
  3. Pilih menu “event” dan isi keterangan pekerjaan yang akan kamu lakukan
  4. Tentukan jangka waktu pekerjaan kamu. Akan berlangsung dari tanggal berapa hingga tanggal berapa.
  5. Pilih warna label yang kamu mau. Tersedia banyak pilihan warna, jadi kamu bisa mengkategorikan masing-masing pekerjaan atau klien berdasarkan warna-warna tersebut.
Cek Konten Lainnya:
Project Time Management: Peran dan Hal-Hal yang Kamu Harus Tahu!

Buat reminder deadline pekerjaan

cara menggunakan google calendar untuk reminder
gambar dari unsplash

Wah, kalau ini sudah pasti sangat berguna untuk para freelancer. Gimana nggak berguna, seorang freelancer pasti bekerja dengan deadline tertentu. Untuk mencegah keterlambatan, kamu bisa membuat reminder deadline pekerjaan di Google Calendar. Reminder yang sudah kamu atur bisa kamu munculkan di bagian notification center handphone kamu. Deadline aman, pekerjaan jadi lebih mudah dikendalikan.

Atur meeting dengan klien

meeting google calendar
gambar dari unsplash

Salah satu keunggulan dari Google Calendar adalah kamu bisa mengundang orang lain ke dalam agenda yang kamu buat. Jadi misal nih, kamu mau merencanakan meeting dengan klien, kamu bisa mengundang klien kamu ke agenda meeting yang sudah kamu buat di Google Calendar. Cara menggunakan Google Calendar untuk keperluan ini adalah dengan memilih menu “add people” atau “tambahkan orang” pada jadwal yang sudah kamu buat. Selanjutnya, kamu bisa mengetikkan alamat email klien dan mengirimkan undangan meeting dari agenda tersebut.

Rencana online meeting bersama klien

meeting online dengan klien
gambar dari unsplash

Cara menggunakan Google Calendar untuk keperluan yang satu ini adalah:

  1. Buka Google Calendar
  2. Klik pada tanggal meeting yang kamu mau
  3. Pilih menu “event” dan isi keterangan pekerjaan yang akan kamu lakukan
  4. Tentukan jangka waktu pekerjaan kamu. Atur jam meeting pada kolom waktu.
  5. Masukkan alamat email klien pada bagian “add people” atau “tambahkan orang”
  6. Kamu bisa tersambung ke Google Meet dengan cara klik menu “add video conferencing”. Ruang meeting online siapa digunakan!

Gimana, Sob? Informasi tentang cara menggunakan Google Calendar ini cukup berguna kan untuk kamu? Simak terus artikel-artikel lain dari Jagoan Hosting, penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia. Kamu bisa belajar banyak tentang bisnis, teknologi atau bidang lainnya di blog kami.

Cek Konten Lainnya:
Parade Promo #PemudaJagoan 2017 : Hosting, Domain & VPS Murah

-->
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Membangun Bisnis Online dengan WordPress, Kenapa Harus?
Kamu pasti setuju, memiliki bisnis di era digital seperti saat ini bukanlah hal yang sulit. Sudah banyak kemudahan…
fakta unik sekolah online
Read More
5 Fakta Unik Sekolah Online, Benar Apa Betul?
Fakta Unik Sekolah Online – Sudah 1 tahun pandemi Covid-19, bagaimana kabarnya? Bagi Anda menjadi pengajar di sekolah…