30+ Topik, Tema & Judul Blog yang Menarik (Sering Dikunjungi)

tema judul blog menarik

Saat ini, blog sudah banyak diminati seiring dengan cepatnya perkembangan teknologi yang ada. Banyak yang menjadikan blog sebagai hobi dalam menulis dan ada juga yang membuat blog untuk mendapatkan adsense. Salah satu hal penting yaitu membuat judul blog yang menarik. 

Untuk mencari judul, topik, dan tema blog tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Judul blog yang menarik akan membantu untuk menarik pengguna internet untuk membacanya sehingga bisa mendapatkan banyak trafik. Lalu, apa saja tema dan judul blog yang terbaik? Simak penjelasannya berikut. 

Topik, Tema, dan Judul Blog yang Menarik 

Sebelum membahas tentang rekomendasi tema yang cocok untuk blog, kamu perlu memahami apa yang dimaksud dengan blog. Blog adalah media online yang digunakan untuk membagikan konten tulisan karya kamu untuk bercerita atau mendapatkan uang. 

Jika kamu tertarik berkarir di dunia blog, maka kamu perlu tahu beberapa judul blog yang menarik beserta contoh topiknya yang paling sering dikunjungi. 

1. Otomotif 

judul blog otomotif

Tema blog yang menarik pertama adalah otomotif. Untuk membuatnya, dibutuhkan seseorang yang mengenal dunia otomotif baik dari segi pekerjaannya atau sekedar hobi. Konten tulisan tentang motor atau mobil cukup banyak diminati karena sudah banyak penggemar otomotif. 

Selain itu, orang juga mencari rekomendasi motor dan mobil untuk dibelinya. Jadi, jenis blog ini bisa kamu jadikan pilihan. kamu bisa memberikan judul blog aesthetic seperti Ototrend.com, Potretbikers.com, Adventuridez.com, dsb. 

Judul blog yang menarik tersebut sudah dipakai dan menjadi blog terkenal. 

2. Review atau Ulasan Produk 

blog review product

Tema blog lain yang memiliki niche bagus adalah konten review atau ulasan dari produk tertentu. Konten ini sangat cocok bagi kamu yang suka memberikan informasi seputar produk. Namun, pastikan bahwa review yang kamu berikan tergolong netral. 

Contohnya tidak membahas kelebihan saja, tetapi juga kekurangannya. kamu bisa memberikan judul blog yang menarik tentang produk agar lebih banyak mendapatkan pengunjung. Pastikan juga informasi yang diberikan relevan dan jujur agar tidak terkesan disponsori oleh produk tersebut. 

3. Artikel Tutorial 

blog tutorial

Judul blog yang menarik berikutnya adalah tentang artikel tutorial. Artikel ini sangat banyak dilihat orang karena biasanya pengguna akan menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan dan hal teknis lainnya. 

Contohnya memberikan tutorial buat website, tentang teknologi, cara mendapatkan aplikasi dan menggunakannya, memasak, dsb. Untuk konten tutorial sebaiknya membuat topik yang kamu kuasai agar jawaban tersebut lebih terpercaya dan sesuai dengan keinginan pengguna. 

4. Resep Makanan 

blog review makanan

Jika kamu punya hobi memasak, maka bisa membuat judul blog yang menarik tentang resep masakan. kamu bisa menampilkan kreativitas dan ide seputar menu masakan yang kamu punya. Jelaskan secara detail mulai dari bahan, alat, teknik memasak, dan cara membuatnya. 

Contoh blog yang menarik seputar resep makanan yaitu brilliofood. Di dalam contoh judul blog pribadi tersebut, tersedia informasi lengkap terkait dengan makanan dan minuman sampai dengan furnitur yang tersedia. 

5. Makanan dan Restoran 

judul blog tentang kuliner

Judul blog tentang makanan termasuk salah satu tema yang memiliki cakupan luas. Selain menyajikan resep makanan, kamu bisa membuat konten kuliner dan restoran yang saat ini banyak digemari. 

Cek Konten Lainnya:
TikTok Ads: Jenis dan Panduan Cara Beriklan untuk Bisnis

Dengan memberikan informasi tersebut akan memudahkan pembaca mengetahui tentang restoran yang membuatnya penasaran atau restoran kekinian. kamu bisa memberitahukan menu makanan yang unik sampai desain dari restoran tersebut dan spot untuk foto terbaik. 

6. Traveling 

blog travel

Blog tema traveling menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang suka jalan-jalan ke berbagai destinasi wisata. Daripada hanya untuk hiburan, kamu bisa membagikan pengalaman lewat blog. Tuliskan spot wisata terbaik di daerah, rute, jam buka, dan berbagai informasi lainnya terkait dengan wisata. 

Informasi ini akan bermanfaat bagi pembaca yang ingin mendapatkan rekomendasi tempat wisata. 

Jika kamu ingin membuat website atau blog seputar travel dan wisata, ada banyak template keren yang tersedia di produk WordPress Hosting dari Jagoan Hosting.

template blog

Selain template untuk website travel, banyak juga template untuk kebutuhan website lainnya. Produk WordPress Hosting ini juga memiliki garansi load time 5 detik, include Yoast SEO Premium dan buat konten cepat dibantu AI Content Generator.

7. Konsultasi 

blog konsultasi

Jika kamu ahli dalam beropini atau lulusan psikolog, maka judul blog yang menarik tentang konsultasi akan cocok bagi kamu. Topik blog yang paling banyak dikunjungi ini akan membantu pembaca untuk menentukan pilihan dan menjawab masalah. 

Contohnya memberikan saran terkait masalah hidup seperti tips mengatasi broken home, lebih baik bekerja atau kuliah, dsb. kamu bisa mencari topik yang hangat dan masalah yang umum dihadapi banyak orang. 

Berikan juga fitur live chat untuk memudahkan audiens memberikan feedback. 

8. Bela Diri 

Ilmu bela diri dianggap penting karena bisa mengatasi situasi yang mengancam. kamu bisa belajar dengan mudah melalui online. Banyak yang sudah membahas topik ini dan banyak dicari untuk keamanan dan perlindungan diri. 

9. Fitness   

Sudah banyak orang yang senang dengan gaya hidup sehat. Salah satu yang diterapkannya adalah menjalankan fitness. 

kamu bisa membuat judul blog yang menarik dengan tema fitnees yang didalamnya membahas panduan olahraga, tips makanan sehat untuk fitness, cara membentuk badan, dsb. 

10. Proyek DIY 

DIY atau Do It Yourself adalah istilah kekinian untuk membuat karya dekorasi yang menarik. Blog ini sangat tepat digunakan bagi orang yang kreatif dan memiliki bakat dalam bidang keterampilan. 

Ada banyak topik blog yang digunakan dalam proyek DIY seperti kosmetik, membuat aksesori, life hack, dekorasi rumah, dsb. 

11. Berkebun 

blog berkebun

Banyak orang kota yang hobi berkebun karena ingin rumahnya asri dan mengurangi polusi udara. Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuat judul blog menarik tentang berkebun. 

Contoh blogger pemula yang ingin membuat website konten berkebun seperti Garden Therapy yang membahas tentang cara berkebun dan peralatan yang biasa digunakan. 

12. Walkthrough Video Game 

Game adalah salah satu tema yang banyak orang cari karena banyak orang yang gemar bermain game. kamu bisa membahas panduan atau walkthrough bermain game dan tips menyelesaikan setiap level yang ada dalam permainan tersebut. 

kamu juga bisa menjelaskan tentang kelebihan dari game yang sedang viral sehingga banyak dicari oleh pengguna internet. 

13. Hiburan dan Humor 

Sebagian orang mencari hiburan di internet untuk mengembalikan mood dan sarana untuk refreshing. Pengguna internet juga seringkali mencari website dengan konten hiburan. Judul blog yang menarik ini contohnya seperti Bored Pkamu, BuzzFeed, dsb. 

Judul blog tentang hiburan biasanya berisi meme, video lucu, pantun lucu, dsb yang akan membuat pengunjung merasa terhibur. Konten seperti ini juga cepat mendapatkan banyak pengunjung. 

14. Fotografi

blog fotografi

Dunia fotografi kini juga semakin digandrungi karena banyak yang ingin menghasilkan foto bagus untuk diunggah ke media sosial atau hanya sekedar minat saja. Untuk itu, kamu bisa membuat judul blog yang menarik yang menjelaskan tentang fotografi. 

Cek Konten Lainnya:
Internal Link - Strategi Optimasi & Bedanya dengan Eksternal Link

Bisa juga menyediakan blog yang menjual hasil fotografi kamu untuk menambah penghasilan.  

15. Instruktur Alat Musik 

Jika kamu ahli dalam bermusik, maka jadilah instruktur alat musik dengan menulis artikel dan membagikannya ke blog yang kamu punya. Berikan tips bermain musik serta promosi kursus bermain alat musik agar bisa mendapatkan keuntungan. 

kamu bisa membuat video keahlian bermusik kamu agar lebih terpercaya dan membuat orang tertarik untuk mengikutinya. 

16. Website dan Belajar Coding 

Selain tema diatas, Blogger bisa membuat konten unik seperti tema tentang desain web dan coding. Tidak hanya kamu, banyak juga yang ingin membuat website dan menjadi blogger profesional. 

Oleh sebab itu, mereka biasanya belajar di internet dengan mencari website lain perihal membuat website bagi pemula, fitur desain web, tips belajar coding, dsb. 

17. Belajar Bahasa 

Bahasa asing menjadi tantangan sendiri sehingga banyak orang ingin memperdalam bahasa tertentu. Namun, banyak orang kesulitan untuk belajar secara mandiri. Untuk itu, kamu bisa menyediakan blog pembelajaran bahasa yang sudah kamu kuasai. 

18. Desain Interior 

Judul blog yang menarik berikutnya adalah desain interior yang memiliki pengunjung yang banyak. Pasalnya, banyak orang yang ingin membuat rumahnya menjadi lebih artistik lagi terutama bagi yang baru punya rumah baru. 

Informasi seputar dekorasi, kombinasi warna cat, perabot rumah tangga, dsb bisa dijadikan pilihan topik yang menarik. 

19. Hewan dan Aksesoris 

contoh blog pets

Pecinta hewan akan tertarik dengan konten artikel hewan dan aksesorisnya. Selain itu, konten ini bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran. 

Topik blog yang menarik yang dapat kamu buat adalah perihal kehidupan dari hewan peliharaan, cara merawat hewan dengan baik, makanan terbaik untuk hewan, sampai dengan aksesoris apa saja yang biasa digunakan oleh hewan peliharaan tersebut. 

Ada juga judul blog yang menarik seperti Animal Justice Project yang lebih menekankan tentang kesadaran akan hewan dan meningkatkan kesejahteraan hewan. 

20. Olahraga 

Bagi yang punya pola hidup sehat dengan gemar olahraga, kamu bisa membuat artikel tentang olahraga. Ini tidak hanya berkaitan tentang tema cara-cara olahraga, tetapi juga memberikan informasi tentang pertandingan olahraga seperti halnya platform berita. 

Contoh tema menarik seperti pertandingan klub sepak bola, basket, bulu tangkis, dsb. 

21. Wirausaha 

Banyak orang bercita-cita ingin jadi pengusaha karena bisa menjalankan bisnis sendiri. Namun, untuk menjalankannya, perlu tips berbisnis agar perencanaan matang dan bisa melakukan strategi bisnis dengan baik. 

Oleh sebab itu, kamu bisa memberikan informasi  seputar tips dan trik berwirausaha dan apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis. Dengan tips ini tentu akan bermanfaat bagi orang yang hendak memulai bisnis dan belum mengerti apa yang harus dilakukan. 

22. Pengembangan Diri 

Berikutnya adalah tema blog tentang pengembangan diri. Jenis konten ini rupanya juga cukup populer di kalangan masyarakat. Di dalamnya tersedia berbagai tips seputar kehidupan dan meningkatkan kualitas diri. 

Contoh judul situs seperti membahas tentang cara agar tidak malas, menu makanan sehat, tips berkomunikasi, dsb. Semua itu adalah kebutuhan dasar yang dibutuhkan banyak orang. 

23. Minimalisme 

Cara hidup serba minimalis juga banyak disukai orang karena tidak membutuhkan pengeluaran yang besar. Bahkan, orang kaya pun senang menjalankan konsep minimalisme karena terlihat lebih simpel dan elegan. 

Contoh blog seputar minimalisme ini berkaitan tentang ide untuk masakan enak tanpa biaya mahal, tips daur ulang, dekorasi minimalis, dsb. Intinya konsep minimalisme ini dibutuhkan untuk membuat  orang menjadi lebih berhemat. 

kamu bisa menemukan blog dengan konten yang serupa sehingga ini bisa menjadi judul blog yang menarik. 

24. Public Speaking 

contoh blog seputar public speaking

Konten yang bermanfaat bagi pembaca akan mendatangkan traffic yang tinggi. Salah satunya adalah konten seputar cara public speaking. Betapa banyaknya orang yang tidak pkamui berkomunikasi di tempat umum bahkan ada yang menganggap hal itu sebagai pengalaman menakutkan. 

Cek Konten Lainnya:
200+ Nama Blog yang Keren, Kreatif & Aesthetic

Jika kamu pkamui melakukan public speaking, maka akan lebih bermanfaat apabila kamu bisa membagikan tips public speaking. Nama blog keren tema public speaking adalah TED Talks. 

Contoh judul website ini memiliki banyak konten terkait dengan video presentasi yang bisa digunakan bagi kamu untuk belajar berkomunikasi. 

Di dalamnya juga tersedia seminar tentang keterampilan berbicara, hal yang tidak boleh dilakukan ketika public speaking, dan semua informasi lain tentang komunikasi agar memberikan solusi bagi banyak orang. 

25. Berita Lokal 

Bagi pemilik blog pemula, kamu bisa membuat konten berita yang sederhana. Tidak perlu terlalu muluk membuat konten berita skala nasional atau dunia. kamu cukup menulis berita hangat yang ada di sekitar kamu atau bersifat lokal. 

Namun, untuk menjalankannya, kamu harus pintar melakukan riset terlebih dahulu agar informasi yang dituangkan lebih kredibel dan akan lebih baik pula jika kamu punya keahlian menulis berita. 

Contohnya membuat konten berita tentang kecelakaan di wilayah kamu, membahas acara di kota, dan berbagai fenomena menarik lainnya yang terjadi di lingkungan kamu. 

26. Cerita Pendek dan Kisah Sederhana 

Topik dan tema lain yang bisa kamu pilih yaitu cerita pendek dan kisah ringan. Cerita di website ini cukup menarik pengunjung karena mereka bisa menjadikan cerita tersebut sebagai hiburan. 

Untuk membuatnya, diperlukan keterampilan menulis cerita yang baik dengan topik menarik. 

27. Langkah-langkah Bagi Pemula 

Konten artikel panduan atau langkah-langkah ini ditujukan bagi pemula yang ingin belajar sesuatu. Artikel ini sangat membantu membuat mereka belajar dan mengetahui petunjuk dengan jelas. Berikan kata-kata singkat dan jelas agar langkah tersebut bisa dimengerti dengan baik. 

28. Mitos atau Fakta 

Jenis konten ini akan menarik karena dapat menyajikan informasi terkait fenomena yang banyak dibicarakan. Konten ini bisa menjawab keraguan tentang suatu isu apakah termasuk fakta atau hanya mitos turun temurun. 

29. Kuis 

Blog tema kuis juga cukup populer karena sangat menghibur pengunjung. Buat kuis kepribadian yang menarik untuk hiburan. Kuis-kuis ini cukup viral di kalangan masyarakat sehingga kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuat konten kuis untuk blog. 

30. Podcast 

Podcast saat ini sudah terkenal di Indonesia. Ada juga website yang memasukkan konten podcastnya untuk ditonton. Dengan begitu, blog kamu bisa lebih dikenal lebih luas. 

31. Konten Premium 

Bagi yang sudah profesional dalam menulis dan karya kamu dinilai mahal, maka buat konten premium menjadi pilihan yang tepat untuk menghargai tulisan kamu. 

Caranya dengan membuat konten premium sehingga konten ini tidak bisa dibaca secara bebas, melainkan pengunjung harus berlangganan atau membayar donasi untuk mendapatkannya.

Saatnya Onlinekan Blogmu dengan Hosting Terbaik

buat website pakai jagoan hosting

Bayangkan blog berjalan mulus, cepat, dan aman dengan Hosting Terbaik dari Jagoan Hosting!

Dengan infrastruktur handal kami, blogmu siap memberikan pengalaman terbaik kepada pembaca.

Dari kesalahan waktu loading yang tak terhitung jumlahnya, kecepatan supercharged dan keamanan tak tertandingi!

Jagoan Hosting menawarkan paket-paket Hosting Blog eksklusif untuk mengoptimalkan blog WordPressmu.

Penutup 

Dari penjelasan diatas, ada banyak topik dan tema yang bisa kamu pilih untuk blog yang sudah kamu buat. Pastikan membuat judul blog yang menarik agar bisa mendatangkan pengunjung yang banyak. Cukup perhatikan apa saja yang kamu minati dan kuasai agar menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara menjadi blogger
Read More
10+ Cara Menjadi Blogger yang Sukses Hasilkan Uang
Saat ini semakin banyak pemula yang mencari tahu bagaimana cara menjadi blogger profesional. Hal ini wajar, mengingat keuntungan…
facebook ads
Read More
Mengenal Facebook Ads dan Panduan Iklan untuk Bisnis
Di tengah berkembanganya promosi iklan melalui media sosial, Facebook Ads adalah salah satu kanal marketing yang paling patut…