15+ Tools AI Marketing untuk Tingkatkan Bisnis

tools ai marketing bisnis

AI atau Artificial Intelligence merupakan terobosan penemuan terbesar dalam bidang teknologi. AI menjadi salah satu alat (tools) yang bisa membantu segala pekerjaan, seperti tools AI untuk bisnis dan marketing.

Marketing merupakan kegiatan promosi sekaligus pengenalan suatu produk (barang/jasa) kepada khalayak umum. AI bisa membantu meringankan pekerjaan ini, terlebih di masa sekarang marketing lebih condong melalui internet dan sosial media.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana aplikasi AI dapat membantu sebuah bisnis dan penerapan Artificial Intelligence dalam dunia bisnis. Simak penjelasannya hingga akhir agar informasi yang didapat lengkap.

Mengenal Tools AI

tools ai untuk marketing

Sejatinya, awal mula diciptakannya alat baik tradisional maupun modern berbasis teknologi adalah untuk meringankan beban pekerjaan manusia sehingga kegiatan bekerja lebih efektif.

AI digunakan untuk apa? Artificial Intelligence atau AI juga termasuk tools (alat teknologi modern) yang diprogram sedemikian rupa agar bisa membantu meringankan pekerjaan, khususnya di bidang bisnis. 

AI bekerja sebagai mesin komputer dan melakukan tugas-tugas, seperti menulis, menggambar, melakukan pemecahan masalah, dan lain-lainnya. 

Tools AI untuk bisnis berguna mempermudah tugas manusia saat berbisnis, sehingga kinerja menjadi maksimal dan optimal.

Jenis Tools AI

Sebelum memasuki pembahasan mengenai rekomendasi 15+ tools AI untuk bisnis marketing untuk meningkatkan usaha dan bisnis, ada baiknya untuk mengetahui bahwa terdapat jenis-jenis tools AI yang berkembang saat ini.

1. Theory of Mind

Jenis pertama adalah tools AI Theory of Mind, yang seperti namanya diprogram untuk mampu mengolah dan mengenali emosi, kemudian dikumpulkan sebagai suatu data yang berguna untuk interaksi dengan manusia.

Apa saja contoh AI jenis Theory of Mind? Contoh AI jenis Theory of Mind adalah robot ciptaan Hanson Robotics dari negara Hongkong bernama Sophia, yang diaktifkan pada tahun 2015.

2. Self Aware

Jenis tools AI yang selanjutnya adalah Self Aware, yang memiliki tipe kecerdasan buatan level tinggi. Hal ini dikarenakan AI dengan jenis Self Aware dibekali kesadaran tinggi mengenai dirinya dan perasaannya sendiri. 

Keduanya diolah dan dikumpulkan sebagai data oleh program. AI Self Aware diprogram untuk mampu menyimpulkan hal apa yang harus dilakukan selanjutnya setelah mengumpulkan data di sekelilingnya. Kemudian diambil keputusan yang paling tepat.

3. Limited Memory

Limited Memory merupakan tools AI yang digunakan pada produk kendaraan Tesla milik Elon Musk. AI Limited Memory yang diinstal pada produk Tesla bernama sistem Self Driving, yang menjadi fitur unggulan.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu DMCA? Fungsi & Cara Daftarnya untuk Lindungi Website

Fitur Self Driving memungkinkan AI pada kendaraan Tesla untuk mengambil alih kemudi. Jadi, penumpang hanya perlu memonitori kerja AI melalui layar. 

4. Reactive Machine

Jenis AI Reactive Machine adalah jenis kecerdasan buatan yang paling basic. Sederhananya dapat diartikan bahwa AI Reactive Machine mampu mengidentifikasi dan merespon situasi tertentu secara otomatis.

Contoh AI Reactive Machine yang paling mudah ditemukan adalah fitur player bot dan autoplay, yang fiturnya sudah ramai digunakan oleh banyak program maupun aplikasi game.

AI Reactive Machine mampu menentukan langkah selanjutnya dengan mudah dan menyimpan data dari pergerakan lawannya.

5. Artificial General Intelligence (AGI)

AGI merupakan sistem AI yang mampu melakukan perilaku serta pola pikir seperti manusia. Jenis AI AGI ini sering digunakan pada tipe robot Humanoid, contohnya seperti ciptaan Elon Musk yang diberi nama Tesla Bot.

AGI diharapkan nantinya mampu memiliki kecerdasan layaknya manusia sehingga akan mempermudah proses kerja kita. 

Tesla Bot buatan Elon Musk diajarkan untuk berperan sebagai personal assistant yang membantu mengingatkan bahkan membantu mengerjakan pekerjaan manusia setiap harinya. 

6. Artificial Narrow Intelligence (ANI)

Selain AGI, ada juga yang namanya ANI. Jenis AI ANI ini berguna salah satunya untuk fitur gadget, seperti voice recognition, chatbot, dan juga face ID.

ANI dilatih hanya untuk satu program saja, sehingga setiap kecerdasan buatan dan kompetensi yang dimiliki menjadi sangat spesifik. ANI pun memiliki cara kerja yang berbeda dari pada jenis tools AI lainnya.

7. Artificial Super Intelligence (ASI)

Terakhir, ada juga jenis tools AI yang disebut ASI, dengan versi yang lebih sempurna dibandingkan dengan jenis-jenis tools AI sebelum-sebelumnya. Adapun perbedaan yang paling mencolok adalah ASI memiliki kapasitas memori yang lebih besar.

Apakah AI itu berbahaya? Di sisi lain, ASI juga memiliki potensi yang bisa mengancam kehidupan manusia. 

Ahli pun berpendapat bahwa AI yang dilatih dengan keras hingga kecerdasannya mampu melebihi kecerdasan manusia, dianggap berpotensi membawa dampak buruk.

Tujuan awal penciptaan AI pun akan menjadi melenceng, dari yang awalnya untuk membantu manusia malah menjadi ancaman baru bagi kehidupan manusia.

Rekomendasi Tools AI untuk Bisnis

Apakah Artificial Intelligence memberikan dampak bagi bisnis? Agar kegiatan marketing pada usaha bisnis kamu menjadi lebih efektif dan menghemat waktu, berikut 15+ lebih rekomendasi contoh AI dalam bisnis yang bisa dicoba dan diaplikasikan pada kinerja bisnis.

1. CHAT GPT

Tools AI untuk Bisnis yang pertama adalah Chat GPT, yang saat ini sedang booming dan menjadi hot topic orang-orang di bidang teknologi.

Chat GPT merupakan chat bot ciptaan Elon Musk yang mampu memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan yang diajukan. Utamanya, Chat GPT ditujukan sebagai asisten yang memudahkan kamu dalam melakukan brainstorming dan copywriting.

kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada untuk mencari ide konsep marketing bisnis juga sekaligus membuat copywriting yang tepat target.

2. Tableau – Business Intelligence

Selanjutnya ada tools AI untuk marketing bernama Tableau, yakni aplikasi yang mampu membantu kamu membuat dan menyusun strategi bisnis maupun campaign

Cek Konten Lainnya:
11+ Contoh Website Perusahaan yang Profesional & Keren

Tableau merupakan software visualisasi data atas suatu perusahaan yang mampu membuat perkiraan bagaimana perusahaan akan berkembang. Tableau juga mampu membentuk strategi bisnis dan promosi marketing yang sesuai rencana bisnis serta tepat sasaran.

3. Copy.ai

Tools AI untuk bisnis dan marketing adalah Copy.ai yang merupakan aplikasi kecerdasan buatan digunakan untuk membantu menulis dengan cepat. Promosi marketing juga membutuhkan tulisan dan kata-kata yang eye catching dan persuasif.

Copy.ai mampu membantu kamu membuat materi untuk media sosial, website, iklan, surat, dan lain sebagainya. Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi Copy.ai mampu membantu kamu dari kendala writer block yang sering dialami ketika hendak fokus menulis materi.

4. Dall-E 2

Selanjutnya ada tools AI untuk marketing bernama Dall-E 2. AI ini mampu membuat gambar/seni realistis hanya dengan mencantumkan deskripsi kata-kata saja. Selain itu, Dall-E 2 bisa diakses secara gratis sepanjang waktu!

kamu bisa menggunakan sebagai inspirasi Dall-E 2 untuk membuat gambar yang cocok untuk kegiatan marketing bisnis usaha kamu.

5. Lumen5 – Video Creator

Marketing dengan video saat ini memiliki engagement paling tinggi dibandingkan media promosi marketing lainnya. Jika kamu tidak memiliki skill video editor apalagi creator, kamu bisa memanfaatkan aplikasi AI bernama Lumen5 berikut ini.

Lumen5 bahkan mampu membuat video hanya dalam hitungan menit saja. Tentu ini merupakan kelebihan yang sangat membantu menghemat waktu pekerjaan kamu. 

Platform pembuatan video secara online ini akan membuatkan kamu video hanya dengan beberapa langkah saja.

6. Gong.io – Sales 

Tools AI untuk marketing bernama Gong.io diciptakan khusus untuk membantu para pekerja sales menganalisis interaksi dengan pelanggan. Selain itu, Gong.io juga mampu melakukan perkiraan atas transaksi di masa yang akan mendatang.

Hal ini dilakukan Gong.io dengan melakukan visualisasi alur penjualan dari penyimpanan database sehingga mudah dalam membaca perilaku pelanggan. Tools AI untuk bisnis ini juga memberikan transparansi atas transaksi, nilai omzet, serta karakteristik pelanggan.

7. Insta AI Content Generator

insta ai content generator

Insta AI Content Generator merupakan tools AI yang berupa fitur plugin WordPress di Insta Web Platform yang terintegrasi dengan ChatGPT. Bisa bantu dengan cepat membuat artikel, dengan beberapa perintah yang bisa kamu coba, seperti: rekomendasi judul, subtopik, hingga membuat paragraf dengan sangat mudah yang bisa kamu cek di video berikut.

8. Zia by Zoho – Business Intelligence

Business Intelligence untuk marketing selanjutnya adalah aplikasi AI bernama Zia by Zoho. 

Tools AI untuk bisnis ini mampu membantu pekerjaan kamu dalam melakukan penjadwalan dengan klien, meningkatkan pola penjualan produk, serta membantu meningkatkan produktivitas.

Zia by Zoho dilengkapi dengan fitur analitik, pembuatan invoice, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bidang bisnis marketing.

9. MarketMuse

Agar konten digital promosi bisnis kamu memiliki performa yang optimal, kamu bisa menggunakan aplikasi Artificial Intelligence bisnis bernama MarketMuse.

MarketMuse tools AI untuk bisnis mampu meningkatkan visibility user pada search engine Google sehingga konten digital kamu akan direkomendasikan secara masif. 

Cek Konten Lainnya:
7 Manfaat Fintech yang Wajib Kamu Ketahui

MarketMuse akan menyesuaikan kata kunci dan topik yang kamu inginkan dengan peringkat pada pencarian Google.

10. Pattern89

Artificial Intelligence dalam bisnis yang selanjutnya adalah aplikasi Pattern89. Aplikasi tools AI untuk bisnis ini digunakan untuk meningkatkan kinerja campaign iklan promosi secara digital pada berbagai platform.

Adapun Pattern89 bisa mengoptimalkan kegiatan marketing di sosial media, seperti Facebook dan Instagram. Pattern89 juga bisa melakukan penargetan dan pengaturan budget iklan pada mesin pencarian Google.

11. Headline Studio

Headline menjadi salah satu elemen konten marketing yang sangat penting. Karena dari headline-lah ditentukan apakah pembaca akan lanjut mengamati konten marketing atau tidak. Itulah mengapa dibutuhkan headline yang baik dan tentunya menarik.

kamu bisa memanfaatkan Artificial Intelligence bisnis berikut bernama Headline Studio. Tools AI untuk bisnis ini akan membantu kamu untuk memaksimalkan SEO pada headline, serta membantu mengecek efektivitas headline yang kamu buat.

12. PhotoRoom

Butuh background ciamik untuk konten digital marketing kamu? Gunakan aplikasi AI PhotoRoom yang akan membantu mencarikan background yang cocok untuk konten kamu. Dan menariknya, aplikasi ini gratis, lho!

13. Luma Labs

Agar budget dan analisis kebutuhan marketing kamu lebih akurat, gunakan tools AI untuk bisnis Luma Labs yang mampu mengurangi resiko kredit secara efisien. 

Luma Labs akan mengumpulkan, menganalisis, dan mengembangkan algoritma terkait data keuangan dengan cepat dan akurat.

14. Uizard

Marketing membutuhkan landing page dan website untuk media promosi secara digital. Uizard memiliki teknologi Artificial Intelligence bisnis yang mampu membuatkan dan mendesain website dalam waktu singkat!

15. Brand24

Sosial media, seperti Facebook dan Instagram, menjadi media marketing yang paling efektif saat ini. Brand24 adalah tools AI untuk bisnis yang mampu memantau serta menganalisis aktivitas yang melibatkan sosial media kamu, seperti sosmed, blog, sampai forum online.

16. Influencity

Jasa influencer sangat dekat hubungannya dengan kegiatan marketing. Agar kamu tepat dalam memilih potensi influencer untuk mempromosikan produk kamu, gunakan aplikasi Artificial Intelligence dalam bisnis khusus data analitik bernama Influencity.

Influencity tools AI untuk bisnis akan membantu kamu dalam mencari dan memilih influencer yang sesuai dengan minat konsumen kamu. Selain itu, juga bisa mengukur dampak campaign marketing yang dilakukan.

17. Sales Einstein

Sales Einstein merupakan implementasi sains data dan AI untuk bisnis yang mampu menyortir data dan pola kebiasaan pelanggan kamu.

Aplikasi tools AI untuk bisnis ini akan membantu pekerjaan kamu dalam memberikan informasi seputar konsumen dari bisnis kamu.

Penutup

Sampai di sini dulu pembahasan mengenai bagaimana aplikasi AI dapat membantu sebuah bisnis dan penerapan Artificial Intelligence dalam dunia bisnis. Silakan dicoba rekomendasi tools AI untuk bisnis untuk mengoptimalkan kegiatan marketing kamu. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
node
Read More
Node adalah: Pengertian dan Fungsinya pada Jaringan Komputer
Berbicara mengenai jaringan komputer, kita pasti akan mengenal istilah yang bernama node. Sudah tahukah kamu apa yang dimaksud…
contoh perangkat keras komputer
Read More
13 Contoh Perangkat Keras Komputer & Fungsinya
Berbicara mengenai komputer, kamu tentu akan menemukan istilah hardware atau perangkat keras komputer. Seperti yang kita tahu, pada…