Web programming adalah proses pembuatan program berbasis. Kini, ia jadi salah satu bidang yang kian diminati, sejalan dengan meningkatnya kebutuhan akan programmer hingga beberapa tahun kedepan. Luasnya pembahasan web programming terkadang memang membingungkan, terutama bagi para pemula.

Namun jangan khawatir, artikel ini akan membantumu untuk memahami gambaran umum seputar apa itu web programming. Check it out!

Pengertian Web Programming

Pemrograman web atau web programming adalah istilah yang berkaitan erat dengan website dan internet. Mengapa begitu? Karena web programming adalah salah satu proses pembuatan website untuk keperluan internet yang biasanya disebut dengan istilah WWW atau world wide web. Istilah WWW banyak dikenal karena bagaimanapun adalah layanan internet paling populer saat ini.

Manfaat Belajar Web Programming

web programming adalah
Photo by Mikhail Nilov from Pexels

Tidak hanya untuk meningkatkan skill dalam pemrograman, namun ada beberapa hal lain yang bisa menjadi manfaat belajar web programming, diantaranya :

1. Mampu menjalankan bisnis aplikasi dan software

Dengan mempelajari web programming, kamu dapat mengawali karir menjadi seorang web programmer di sebuah startup atau perusahaan.

2. Dapat membangun website sendiri

Ketika menjalankan bisnis aplikasi dan software, ada dua opsi yaitu menjadi founder sebuah startup atau seorang freelancer. Nah jika ingin memulai menjadi seorang freelancer web programming, bisa banget kamu coba berlangganan produk dari Jagoan Hosting. Buat aplikasi atau website mu menjadi lebih cepat, mudah, murah dengan Unlimited Hosting terbaik di Jagoan Hosting! 

Unlimited hosting ini dilengkapi dengan fitur divi premium builder drag & drop website, ratusan tema siap pakai, premium plugin gratis, dan juga domain .com hingga .id. Mulai dengan harga 9rb per bulan, kamu bisa menikmati semua fitur tersebut di hosting ini

3. Menunjang karir

Dengan semua manfaat yang kamu dapat diatas, tentu belajar web programming akan membantu untuk menunjang karirmu, bukan?

Tahapan Belajar Web Programming

Tak ada progress yang instan, begitu pula pada pelatihan web programming. Di sini kamu harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu, yaitu:

1. HTML

HTML atau Hypertext Markup Language adalah bahasa markup atau bahasa script. Walaupun HTML bukan termasuk Bahasa Pemrograman melainkan bahasa markup, Namun HTML menjadi hal dasar yang wajib dipelajari. HTML dikembangkan oleh W3C yang merupakan sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas HTML, Jadi untuk pengembangan HTML dilakukan oleh W3C. Kamu bisa Belajar HTML di link tersebut.

2. CSS

CSS atau Cascading Style Sheets, CSS merupakan pelengkap HTML, sesuai penjelasan mengenai HTML yang menjadi dasar styling maka CSS adalah yang menyempurnakan tampilan atau styling website. Kamu wajib mempelajari CSS, Terutama buat kamu yang ingin menjadi web developer. Karena CSS menjadi salah satu yang menentukan tampilan website nantinya.

3. Javascript

Javascript merupakan bahasa yang berfungsi agar website lebih interaktif atau berfungsi. Bisa dikatakan antara HTML, CSS, dan Javascript memiliki hubungan, HTML merupakan rangka sedangkan CSS sebagai antarmuka dan didukung javascript sebagai fungsionalitas.

Javascript awalnya sering digunakan para frontend developer, Namun dalam pengembangannya saat ini sering digunakan para backend developer. Jadi, buat kamu yang ingin menjadi seorang web developer kamu bisa mengutamakan belajar bahasa pemrograman javascript ini.

4. PHP

Hypertext Preprocessor atau PHP adalah bahasa terpopuler, Menurut w3techs.com, PHP merupakan bahasa pemrograman backend yang digunakan kurang lebih 82.3% website yang menggunakan teknologi backend.

5. C++

C ++ adalah bahasa yang sangat efisien dan fleksibel.C++ sendiri banyak digunakan oleh para developer aplikasi desktop, terutama untuk performance-intensive task. Saat ini C++ menjadi bahan ajar atau masuk dalam kurikulum di sekolah, Namun buat kamu di sekolah tidak terdapat materi tentang pemrograman kamu bisa belajar coding dasar secara otodidak.

6. Python

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python sendiri merupakan bahasa pemrograman yang bisa melakukan untuk banyak hal disemua sistem operasi komputer modern.

Python merupakan bahasa scripting atau istilahnya bahasa pemrograman yang perlu diterjemahkan terlebih dahulu. Hal Ini berarti python tidak akan dikonversi ke kode yang bisa dibaca komputer sebelum program dijalankan. Sehingga baru akan diterjemahkan saat program dijalankan.

7. Java

Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh back-end developer, big data developer, architect, system engineer, dan Android developer. Jika kamu ingin membuat aplikasi android kamu bisa belajar coding dari nol untuk mengetahui bahasa java.

8. Ruby

Ruby dikembangkan secara open source sehingga kamu bisa mengembangkannya. Tujuan utama dari pembuatan bahasa Pemrograman Ruby adalah untuk menyatukan semua kelebihan-kelebihan Bahasa pemrograman populer lainnya.

Karena menyatukan kelebihan bahasa pemrograman lainnya, Maka ruby adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling disukai. Bahasa pemrograman ini dirancang agar ramah dan mudah digunakan oleh developer.

Situs untuk Belajar Web Programming

Bagi kamu yang ingin belajar web programming, tenang saja. Telah tersedia situs untuk belajar web programming bagi pemula yang tentunya sangat mudah digunakan, yaitu

1. CodeCademy

Codecademy adalah situs belajar pemrograman yang sangat populer, Buat kamu yang ingin belajar coding dari nol hingga expert bisa belajar di situs tersebut. Situs tersebut memberikan materi belajar yang sangat lengkap mulai dari pemula sampai dengan tingkatan yang lebih expert.

Kamu bisa memulai kursus belajar dengan Membuat Website Sederhana atau belajar bahasa pemrograman HTML & CSS, Python, JavaScript, Java, dll. Kamu juga bisa bermain kuis yang yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kamu dalam memahami materi yang sedang dipelajari.

Jika kamu kesulitan saat belajar, Tenang karena Codecademy juga menyediakan forum diskusi, glossaries tentang pemrograman, serta terdapat berbagai artikel yang bisa membantu kamu selama proses masa pembelajaran.

2. W3school

W3school adalah sebuah situs belajar coding mudah, Karena situs ini memiliki fitur compiler online. Sehingga berguna untuk menampilkan secara langsung hasil dari bahasa pemrograman yang ditulis.

Situs ini cocok untuk kamu yang ingin belajar dan langsung praktik. Yang paling menarik yaitu situs ini memberikan contoh kode program pada setiap bagian bahasa pemrograman yang kamu pelajari. Sehingga kamu bisa langsung mencoba mengedit kode program tersebut dan mengeksekusinya dengan compiler online untuk mengetahui hasilnya.

3. FreeCodeCamp

FreeCodeCamp adalah situs untuk komunitas open-source yang menyediakan berbagai proyek, sertifikat, dan koneksi antar coder. Free Code Camp merupakan situs yang saat ini masih berkembang. Situs ini menyediakan pembelajaran yang sudah dipisahkan antara FrontEnd, Visualisasi Data, BackEnd, dan beberapa bagian lainnya.

Menariknya terdapat panduan tentang Coding Interview Preparation yang bertujuan untuk kamu belajar persiapan sebelum melakukan wawancara coding. Dan kamu bisa mendapatkan sertifikat sesuai yang dijelaskan diatas.

Jangan takut bingung jika ada masalah karena situs ini menyediakan forum seperti stack overflow, Sehingga kamu bisa berdiskusi, bertanya dan membantu di dalam forum tersebut. Dan tenang, website satu ini gratis, jadi kamu bebas belajar coding di sini.

4. CodeWars

Sesuai dengan namanya, CodeWars adalah website belajar pemrograman yang unik. Di Situs ini kamu akan dipandu untuk melalui beberapa level, Semakin tinggi level yang kamu capai, Maka kamu akan mendapat tantangan coding yang lebih kompleks. 

Situs ini cocok buat kamu yang ingin mempelajari bahasa pemrograman disertai dengan tantangan. Jika kamu sudah berhasil mempelajari semua level yang didapatkan, Kamu dapat membuat challenge sendiri agar coder lain menyelesaikannya. Seru Bukan?

Takut kesulitan menyelesaikan challenge yang didapatkan? Atau ingin bertanya suatu hal?. Tenang saja, kamu akan mendapatkan solusi dari coder lain di komunitas Codewars.

5. The Odin Project

The Odin Project adalah website mempelajari coding gratis dari tim Viking Code School. Buat kamu yang belum pernah mendapatkan akses informasi untuk belajar tentang teknologi informasi, namun ingin tetap belajar dengan kualitas yang tinggi?. Tenang, website ini mungkin menjadi solusi masalah kamu, Karena website ini dibuat dengan tujuan seperti itu.

Website ini akan mengajari kamu tentang berbagai skills untuk berkarir menjadi seorang developer. Di website ini kamu bisa sambil membangun portfolio sambil belajar berbagai bahasa pemrograman.

Website ini juga menyediakan sebuah fasilitas yang saling mengkoneksikan antara kamu dengan berbagai orang lainnya yang sedang belajar. Sehingga kamu bisa menukarkan ide dan membangun tim dalam sebuah proyek.

6. HackerRank

Jika kamu sudah sedikit memahami tentang pemrograman, Kamu bisa menguji kemampuan kamu di website ini. Terdapat lebih dari jutaan programmer yang menggunakan hackerrank.com untuk mengasah kemampuan development mereka. 

Filosofi yang digunakan website ini yaitu  “Learn By Doing” jadi kamu bisa belajar coding dan berlatih selama mengikuti kursus lain. Kamu juga bisa mendapatkan poin dengan cara menyelesaikan masalah/challenge, Yang nantinya poin tersebut diakumulasikan pada papan peringkat.

7. edX

edX adalah website belajar pemrograman yang bisa dikatakan tempat belajar online paling terkenal di dunia. Jika kamu tahu situs ini menyediakan berbagai macam pembelajaran dengan kelas dari universitas-universitas ternama seperti MIT dan Harvard.

Kelas yang disediakan oleh edX gratis, Namun untuk mendapatkan sertifikat yang telah tersertifikasi kamu diharuskan membayar. Di sini kamu bisa belajar coding sesuai dengan kecepatan masing-masing.

8. Coursera

Coursera adalah website kursus online yang populer dan terkenal, Website ini menyediakan banyak kursus dan tutorial mulai dari coding, bisnis, seni, matematika, dan banyak jenis lainnya.Kamu bisa belajar coding dari nol hingga expert di website ini.

Kursus yang berada di coursera ada yang berbayar dan ada yang gratis. Tak perlu khawatir karena banyak sekali kursus gratis yang bisa kamu coba di website tersebut. Jika kamu nantinya tertarik untuk mengejar topik belajar secara lebih mendalam, Coursera menawarkan spesialisasi yang akan menjadikan kamu lebih ahli dalam bidang studi pilihan kamu.

9. Udemy

Udemy adalah website kursus online gratis, Website ini sistemnya hampir sama dengan coursera. Udemi juga menyediakan banyak kursus, Mulai dari kursus coding, kesehatan, bisnis, matematika, musik, bahasa, fotografi dan banyak lainya.

Tidak semua kursus di Udemy gratis, melainkan terdapat kursus yang berbayar. Jika kamu ingin mencari kursus gratis belajar coding php framework dasar, Kamu cukup dengan mencari di kolom pencarian sesuai apa yang ingin kamu pelajari dengan menambahkan kata kunci “free” di kolom pencarian.

10. CodeSaya

Buat kamu yang nyari website belajar coding bahasa indonesia, website ini cocok buat kamu. CodeSaya adalah situs belajar pemrograman gratis yang dibuat oleh coder Indonesia. Menurut informasi dari website tersebut, saat ini terdapat lebih dari 81.000 anggota.

CodeSaya adalah tempat buat kamu belajar dan mengembangkan skills tentang teknologi khususnya dalam pemrograman Python, PHP, JavaScript, dan bahasa pemrograman lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan sistem untuk yang disediakan untuk belajar mengembangkan website.

11. BitDegree

BitDegree menawarkan free course yang membahas berbagai topik mulai dari programming hingga game development dalam bentuk kursus online standar dan gamifikasi. 

Hal unik yang bisa kamu dapatkan dari situs ini adalah pada program blockchainnya, dimana reward yang transparan dan sistem pencapaian sehingga memudahkan perusahaan merekrut kamu sebagai talent terbaik serta mengukur keberhasilan belajar!

12. Khan Academy

Jika kamu ingin mengembangkan skill coding, Khan Academy adalah pilihan yang bagus. Mereka akan mengajarkanmu dengan cara yang menyenangkan, mulai membaca tutorial dari berbagai topik, mempelajari dasar-dasar pemrograman komputer, hingga aplikasi tingkat lanjut. Kamu dapat memilih beberapa bahasa pemrograman yang kamu sukai seperti HTML, CSS, Javascript, dan database. 

13. Code.org

Di code.org kamu bisa memilih metode pembelajaran, seperti jika kamu suka mengikuti tutorial singkat atau pembelajaran yang terstruktur.

14. Dash General Assembly

Di situs ini kamu bisa mempelajari dasar-dasar web programming seperti HTML5, CSS3, Javascript, dan algoritma pemrograman. 

15. Code Conquest

Situs course online gratis ini sangat cocok untuk pemula! Disini kamu bisa mempelajari berbagai bahasa seperti HTML, CSS, javascript, PHP, ruby, jQuery, phyton, dan MySQL.

16. MIT Open Courseware

Di MIT Open Courseware akan disajikan semua kursus online untuk semua lulusan, dan bahkan bisa memperoleh pendidikan setingkat MIT. Ada banyak kursus yang tersedia seperti computer science. Bagi yang masih awam mengenai bahasa pemrograman, bisa banget ikut kursus pengenalan seperti phyton, java, C++, dan C#.

17. Hackr.io

Dapat dilihat banyak bahasa pemrograman yang dapat kamu pelajari dari halaman depan situs ini. Setelah memilih salah satunya kamu akan diarahkan ke halaman untuk mempelajari tutorial, juga bisa memilih untuk menjadi pengguna gratis, premium, tingkat pemula, menengah, serta memilih bahasa lain.

18. Bento.io

Situs Bento.id memberikan semua pengetahuan termasuk pilihan untuk memilih tutorial yang diurutkan dalam track sehingga kamu bisa melihat perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tutorial. Topik yang bisa dipelajari yaitu HTML, CSS, Javascript, Git, Phyton, SQL, Shell, Flask, dan Heroku.

19. Code Avengers

Code Avenger menawarkan metode pembelajaran fun dan interaktif, yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar coding website, aplikasi, dan game. Di Code Avengers menawarkan, sehingga kamu dapat mencobanya terlebih dahulu dan memutuskan apakah situs ini cocok dimiliki atau tidak. 

20. Solo Learn

Web Solo Learn sangat mobile friendly dan terdapat area untuk membagikan kode yang sedang dikerjakan dan berkolaborasi dengan orang lain sehingga tidak akan membuat kamu bosan. Beberapa bahasa pemrograman yang bisa dicoba dicoba di website Solo Learn adalah HTML, CSS, PHP, Javascript, Ruby, jQuery, Swift 4 Fundamental, SQL, C, C++, C#, dan Phyton.

21. Google Android Training

Google Android Training adalah website belajar web programming yang dikembangkan oleh tim Google Developers Training. Bahkan kamu juga akan mendapat Google Developers Certification sebagai sertifikat bukti kamu menyelesaikan training. Disini juga disediakan tools seperti DevTools, Workbox, Lighthouse, dan lainnya untuk mempermudah pembelajaran.

Namun bisa dibilang situs ini ditujukan oleh orang yang ingin belajar web programming tingkat menengah sehingga materi yang ditawarkan bukan lagi HTML dan CSS melainkan android development, web development, firebase, machine learning, dan tensor flow. 

22. Upskill

Situs ini adalah platform untuk belajar coding yang bisa diakses oleh pemula hingga seorang yang sudah ahli, yang fokus utamanya adalah web development. Bagi pemula, kamu bisa mempelajari dasar-dasar pemrograman seperti HTML, CSS, javascript, PHP, mySQL, wordpress plugin development, wordpress best practices, node.js, dan ruby. 

23. Plural Sight

Situs ini juga sering dikenal dengan Code School, yang merupakan platform belajar coding online gratis maupun berbayar. Materi yang ditawarkan oleh Plural Sight antara lain CSS, HTML, Javascript, Ruby, Elixir, PHP, Phyton, iOS dan databases. 

24. Codeasy.net

Disini kamu bisa mempelajari web programming dengan cara yang unik dan menyenangkan tentunya. Materi yang dibagikan mulai dari dasar sampai topik tingkat lanjut. Poin plus dari Codeasy.net adalah lingkungan yang menyenangkan sehingga tidak akan terasa seperti belajar yang membosankan. 

25. Hack.pledge ()

Situs ini adalah komunitas developer berpengalaman yang membagikan pengetahuannya mengenai web programming dan berbagai hal lain kepada calon programmer masa depan, sehingga pengguna yang berlangganan situs ini akan dapat memaksimalkan skill development dengan belajar dari developer ahli di bidangnya. 

26. aGupieWare

Website ini adalah website belajar coding gratis dengan menawarkan kursus kurikulum berbasi MIT, Berkeley, Carnegie Mellon, Stanford, dan Columbia. Ada 15 lebih kursus yang bisa dipelajari untuk kamu yang belajar web programming, dimana kursus tersebut diklasifikasikan menjadi 3 kelas pengenalan, 7 kelas inti, dan 5 kelas pilihan. 

Skill yang akan didapat setelah kamu belajar di platform ini antara lain computer science, swift programming, phyton, security testing, linux, dan hacking. 

27. Edabit

Situs belajar web programming yang terakhir ini agak lain dalam hal pemberian materi jika dibanding yang lain, dimana Edabit memberi tantangan-tantangan mudah untuk melatih kemampuan. Program pembelajaran yang ditawarkan antara lain Java, javascript, C#, C++, Phyton, Ruby, dan Swift.

Tips Belajar Web Programming

web programming adalah
Photo by Mikhail Nilov from Pexels

Kamu harus mempersiapkan diri untuk belajar lebih keras mengikuti beberapa tips atau arahan agar kamu jago dalam hal web programming, ini tipsnya

1. Temukan motivasi

Saat akan mempelajari sesuatu kamu pasti memiliki alasan mengapa ingin mempelajari hal tersebut kan? Coba temukan dulu apa yang memotivasimu.

2. Pilih bahasa pemrograman yang ingin dipelajari

Pelajari bahasa pemrograman yang mudah dahulu. Untuk permulaan bisa mencoba untuk mempelajari HTML, CSS, Javascript, dan baru bahasa pemrograman yang lebih kompleks lainnya.

3. Pelajari struktur data dan algoritma

Meski pemrograman itu bermacam-macam, kamu tetap bisa lho mempelajari semuanya. Ada konsep yang bisa menjadi tulang punggung seluruh bahasa pemrograman tersebut seperti Variable, Control structure, Data structure, Syntax, dan Tools 

4. Jangan cepat menyerah

Meski bisa dibilang bahasa pemrograman cukup rumit, jangan cepat menyerah Sob! Ingat poin nomor 1 yaitu temukan motivasi.

5. Buat portofolio

Jika kamu sudah bisa mempelajari beberapa bahasa pemrograman, maka tidak ada salahnya untuk membuat portofolio. Upload website sederhana buatanmu untuk menjadi portofolio dan menambahkan portofolio-portofolio lain ke dalamnya. Dengan begitu, pembelajaran web programming yang selama ini kamu pelajari tidak ada sia-sia begitu saja!

Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu semakin bersemangat untuk belajar web programming sekarang juga? Banyaknya platform online tentu akan sangat membantumu dalam mempelajari serangkain kode secara lebih mudah. Ingat, tidak ada yang sulit selama kamu mau berusaha,jangan pernah lelah mencoba dan terus semangat!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like