Mau belajar Coding tapi kesulitan? Baru lihat sekumpulan barisan kode saja udah angkat tangan, Gimana mau jadi programmer profesional.

Tapi tenang sob, Sebenarnya belajar pemrograman cukup mudah, Kamu bisa mempelajari coding secara otodidak, Apalagi saat ini banyak sekali website belajar pemrograman secara gratis. Jika kamu kesulitan, Kamu aja yang kurang maksimal belajarnya. Disini kamu akan belajar tentang apa yang harus dipelajari dan mengetahui Website untuk belajar pemrograman.

Pengertian Coding

Apa itu Coding? Coding adalah istilah untuk computer programming atau sebuah kegiatan dimana kamu membuat rangkaian kode yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan. Sedangkan Coder adalah seseorang yang melakukan coding atau biasa disebut dengan programmer.

Coding sendiri juga bisa dikatakan kegiatan menerjemahkan logika ke dalam bahasa pemrograman komputer. Jadi, seorang coder atau programmer akan melakukan proses pengolahan kode dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Bahasa Pemrograman merupakan rangkaian kode yang berfungsi memberikan perintah kepada komputer. Bahasa pemrograman yang paling populer di Indonesia di antaranya Java, PHP, C, Visual Basic, Python, dll. Tertarik untuk Belajar Coding? Coba lihat dulu deh apa saja sih Manfaat Belajar Pemrograman yang bisa kamu peroleh, Simak penjelasannya

Manfaat Belajar Coding

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat ketika kamu belajar bahasa pemrograman. Selain pengetahuan tentang computer programming, Masih banyak hal yang bisa kamu peroleh saat belajar coding, Apa saja?

Sebelumnya apakah kamu tahu adanya Gojek, Facebook, Google, dll karena apa? Mereka semua ada dan terwujud karena adanya programmer.

Jika kamu menguasai beberapa bahasa pemrograman saja, Kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Salah satunya menjadi web developer, Jika kamu tahu gaji web developer bisa dikatakan sangat tinggi baik di luar maupun di Indonesia.

Bisa dikatakan jika gaji seorang programmer adalah diatas rata-rata, Di zaman industri 4.0 ini banyak sekali dibutuhkan seorang programmer. Sudah saatnya kamu memulai belajar pemrograman, Tapi sudah tahu belum apa saja yang bisa kamu pelajari?

Bahasa Pemrograman yang Bisa Kamu Pelajari untuk Belajar Coding

Belajar Bahasa Pemrograman

Kamu mungkin sudah paham jika setiap bahasa pemrograman memiliki kegunaannya masing masing, Ada yang khusus untuk membuat web development atau software dekstop. Dan untuk beberapa kegunaan lainnya.

Mungkin kamu bingung harus belajar bahasa pemrograman yang mana, Tapi tenang aja kita akan merekomandasikan beberapa bahasa pemrograman yang prospek kedepannya masih bagus atau bahasa pemrograman terpopuler saat ini.

1. HTML

HTML atau Hypertext Markup Language adalah bahasa markup atau bahasa script. Walaupun HTML bukan termasuk Bahasa Pemrograman melainkan bahasa markup, Namun HTML menjadi hal dasar yang wajib dipelajari. HTML dikembangkan oleh W3C yang merupakan sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas HTML, Jadi untuk pengembangan HTML dilakukan oleh W3C.

Dalam pembuatan website HTML bisa diibratkan sebagai kerangka website yang menjadi dasar styling. HTML memiliki tag khusus yang harus sesuai agar browser bisa membaca code dan tampilan sesuai yang diharapkan. Kamu bisa Belajar HTML di link tersebut.

2. CSS

CSS atau Cascading Style Sheets, CSS merupakan pelengkap HTML, sesuai penjelasan mengenai HTML yang menjadi dasar styling maka CSS adalah yang menyempurnakan tampilan atau styling website.

Kamu wajib mempelajari CSS, Terutama buat kamu yang ingin menjadi web developer. Karena CSS menjadi salah satu yang menentukan tampilan website nantinya.

Dengan CSS, Kamu bisa mengatur jenis font dan warnanya. Kamu juga bisa gunakan untuk mengatur jarak spasi antar paragraph, mengatur layout desain web sesuai device dan ukuran layar, dan masih banyak lagi.

3. Javascript

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang berfungsi agar website lebih interaktif atau berfungsi. Bisa dikatakan antara HTML, CSS, dan Javascript memiliki hubungan, HTML merupakan rangka sedangkan CSS sebagai antarmuka dan didukung javascript sebagai fungsionalitas.

Javascript awalnya sering digunakan para frontend developer, Namun dalam pengembangannya saat ini sering digunakan para backend developer. Jadi, buat kamu yang ingin menjadi seorang web developer kamu bisa mengutamakan belajar bahasa pemrograman javascript ini.

4. PHP

Hypertext Preprocessor atau PHP adalah bahasa pemrograman terpopuler, Menurut w3techs.com, PHP merupakan bahasa pemrograman backend yang digunakan kurang lebih 82.3% website yang menggunakan teknologi backend.

Karena PHP merupakan bahasa pemrograman terpopuler, Maka untuk tutorial dan informasi akan lebih mudah untuk ditemukan. Jadi saat kamu belajar coding dasar tentang php kamu bisa lebih mudah, Dan saat kamu menemukan kesulitan atau case yang belum kamu tahu maka kamu bisa mencari di internet.

5. C++

C ++ adalah bahasa yang sangat efisien dan fleksibel. Walaupun bahasa yang sudah sangat lama namun bahasa ini masih tetap diminati. Salah satu faktor bahasa yang lahir di tahun 1985 ini masih banyak diminati adalah karena performanya, reliabilitasnya, dan berbagai konteks lainnya.

C++ sendiri banyak digunakan oleh para developer aplikasi desktop, terutama untuk performance-intensive task. Saat ini C++ menjadi bahan ajar atau masuk dalam kurikulum di sekolah, Namun buat kamu di sekolah tidak terdapat materi tentang pemrograman kamu bisa belajar coding dasar secara otodidak.

6. Python

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python sendiri merupakan bahasa pemograman yang bisa melakukan untuk banyak hal disemua sistem operasi komputer modern

Python merupakan bahasa scripting atau istilahnya bahasa pemrograman yang perlu diterjemahkan terlebih dahulu. Hal Ini berarti python tidak akan dikonversi ke kode yang bisa dibaca komputer sebelum program dijalankan. Sehingga baru akan diterjemahkan saat program dijalankan.

7. Java

Java adalah Bahasa pemrograman populer yang dapat dijalankan di berbagai platform. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems yang saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995.

Java sendiri merpukan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh back-end developer, big data developer, architect, system engineer, dan Android developer. Jika kamu ingin membuat aplikasi android kamu bisa belajar coding dari nol untuk mengetahui bahasa java.

8. Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman berorientasi object yang dibuat oleh Yukihiro Matsumoto pada awal tahun 1993 dan diresmikan di akhir tahun 1994. Ruby sediri merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Linux, MacOs, dan Windows. 

Ruby dikembangkan secara open source sehingga kamu bisa mengembangkannya. Tujuan utama dari pembuatan bahasa Pemrograman Ruby adalah untuk menyatukan semua kelebihan-kelebihan Bahasa pemrograman populer lainnya.

Karena menyatukan kelebihan bahasa pemrograman lainnya, Maka ruby adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling disukai. Bahasa pemrograman ini dirancang agar ramah dan mudah digunakan oleh developer.

Situs untuk Belajar Coding

Udah nemu bahasa pemrograman yang ingin di pelajari, Eh gak tahu belajarnya dimana. Kamu bisa membeli buku khusus programmer untuk belajar bahasa pemrograman, Tapi harganya cukup mahal. Tapi Tenang sob, Kali ini mimin mau berbagi rekomendasi situs belajar coding dasar yang gratis. Mau tahu? Ini sob daftarnya :

1. CodeCademy

Belajar Coding dari Nol
Tampilan Situs CodeAcademy

Codecademy adalah situs belajar pemrograman yang sangat populer, Buat kamu yang ingin belajar coding dari nol hingga expert bisa belajar di situs tersebut. Situs tersebut memberikan materi belajar yang sangat lengkap mulai dari pemula sampai dengan tingkatan yang lebih expert.

Kamu bisa memulai kursus belajar dengan Membuat Website Sederhana atau belajar bahasa pemograman HTML & CSS, Python, JavaScript, Java, dll. Kamu juga bisa bermain kuis yang yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kamu dalam memahami materi yang sedang dipelajari.

Jika kamu kesulitan saat belajar, Tenang karena Codecademy juga menyediakan forum diskusi, glossaries tentang pemrograman, serta terdapat berbagai artikel yang bisa membantu kamu selama proses masa pembelajaran.

2. W3school

Belajar Coding PHP
Tampilan Situs W3school

W3school adalah sebuah situs belajar coding mudah, Karena situs ini memiliki fitur compiler online. Sehingga berguna untuk menampilkan secara langsung hasil dai bahasa pemrograman yang ditulis.

Situs ini cocok untuk kamu yang ingin belajar dan langsung praktik. Yang paling menarik yaitu situs ini memberikan contoh kode program pada setiap bagian bahasa pemrograman yang kamu pelajari. Sehingga kamu bisa langsung mencoba mengedit kode program tersebut dan mengeksekusinya dengan compiler online untuk mengetahui hasilnya.

3. FreeCodeCamp

Belajar Coding Java
Tampilan Situs Freecodecamp

FreeCodeCamp adalah situs untuk komunitas open-source yang menyediakan berbagai proyek, sertifikat, dan koneksi antar coder. Free Code Camp merupakan situs yang saat ini masih berkembang. Situs ini menyediakan pembelajaran yang sudah dipisahkan antara FrontEnd, Visualisasi Data, BackEnd, dan beberapa bagian lainnya.

Menariknya terdapat panduan tentang Coding Interview Preparation yang bertujuan untuk kamu belajar persiapan sebelum melakukan wawancara coding. Dan kamu bisa mendapatkan sertifikat sesuai yang dijelaskan diatas.

Jangan takut bingung jika ada masalah karena situs ini menyediakan forum seperti stack overflow, Sehingga kamu bisa berdiskusi, bertanya dan membantu di dalam forum tersebut. Dan tenang, website satu ini gratis, jadi kamu bebas belajar coding di sini.

4. CodeWars

Belajar Pemrograman Dasar
Tampilan Situs Codewars

Sesuai dengan namanya, CodeWars adalah website belajar pemrograman yang unik. Di Situs ini kamu akan dipandu untuk melalui beberapa level, Semakin tinggi level yang kamu capai, Maka kamu akan mendapat tantangan coding yang lebih kompleks. 

Situs ini cocok buat kamu yang ingin mempelajari bahasa pemrograman disertai dengan tantangan. Jika kamu sudah berhasil mempelajari semua level yang didapatkan, Kamu dapat membuat challenge sendiri agar coder lain menyelesaikannya. Seru Bukan?

Takut kesulitan menyelesaikan challange yang didapatkan? Atau ingin bertanya suatu hal?. Tenang saja, kamu akan mendapatkan solusi dari coder lain di komunitas Codewars.

5. The Odin Project

Belajar Bahasa Pemrograman Dasar
Tampilan Situs The Odin Project

The Odin Project adalah website mempelajari coding gratis dari tim Viking Code School. Buat kamu yang belum pernah mendapatkan akses informasi untuk belajar tentang teknologi informasi, namun ingin tetap belajar dengan kualitas yang tinggi?. Tenang, website ini mungkin menjadi solusi masalah kamu, Karena website ini dibuat dengan tujuan seperti itu.

Website ini akan mengajari kamu tentang berbagai skills untuk berkarir menjadi seorang developer. Di website ini kamu bisa sambil membangun portfolio sambil belajar berbagai bahasa pemrograman.

Website ini juga menyediakan sebuah fasilitas yang saling mengkoneksikan antara kamu dengan berbagai orang lainnya yang sedang belajar. Sehingga kamu bisa menukarkan ide dan membangun tim dalam sebuah proyek.

6. HackerRank

Belajar Coding Pemula
Tampilan Situs HackerRank

Jika kamu sudah sedikit memahami tentang pemrograman, Kamu bisa menguji kemampuan kamu di website ini. Terdapat lebih dari jutaan programmer yang menggunakan hackerrank.com untuk mengasah kemampuan development mereka. 

Filosofi yang digunakan website ini yaitu  “Learn By Doing” jadi kamu bisa belajar coding dan berlatih selagi mengikuti kursus lain. Kamu juga bisa mendapatkan poin dengan cara menyelesaikan masalah/challange, Yang nantinya poin tersebut diakumulasikan pada papan peringkat.

7. edX

Website Belajar Coding
Tampilan situs edX

edX adalah website belajar pemrograman yang bisa dikatakan tempat belajar online paling terkenal di dunia. Jika kamu tahu situs ini menyediakan berbagai macam pembelajaran dengan kelas dari universitas-universitas ternama seperti MIT dan Harvard.

Kelas yang disediakan oleh edX gratis, Namun untuk mendapatkan sertifikat yang telah tersertifikasi kamu diharuskan membayar. Di sini kamu bisa belajar coding sesuai dengan kecepatan masing-masing.

8. Coursera

Kursus Belajar Coding
Tampilan situs Coursera

Coursera adalah website kursus online yang populer dan terkenal, Website ini menyediakan banyak kursus dan tutorial mulai dari coding, bisnis, seni, matematika, dan banyak jenis lainnya.Kamu bisa belajar coding dari nol hingga expert di website ini.

Kursus yang berada di coursera ada yang berbayar dan ada yang gratis. Tak perlu khawatir karena banyak sekali kursus gratis yang bisa kamu coba di website tersebut. Jika kamu nantinya tertarik untuk mengejar topik belajar secara lebih mendalam, Coursera menawarkan spesialisasi yang akan menjadikan kamu lebih ahli dalam bidang studi pilihan kamu.

9. Udemy

Belajar Coding Gratis
Tampilan Situs Udemy

Udemy adalah website kursus online gratis, Website ini sistemnya hampir sama dengan coursera. Udemi juga menyediakan banyak kursus, Mulai dari kursus coding, kesehatan, bisnis, matematika, musik, bahasa, fotografi dan banyak lainnnya.

Tidak semua kursus di Udemi gratis, melainkan terdapat kursus yang berbayar. Jika kamu ingin mencari kursus gratis belajar coding php framework dasar, Kamu cukup dengan mencari dikolom pencarian sesuai apa yang ingin kamu pelajari dengan menambahakan kata kunci “free” di kolom pencarian.

10. CodeSaya

Belajar Coding Bahasa Indonesia
Tampilan Situs CodeSaya

Buat kamu yang nyari website belajar coding bahasa indonesia, website ini cocok buat kamu. CodeSaya adalah situs belajar pemrogran gratis yang dibuat oleh coder indnesia. Menurut informasi dari website tersebut, saat ini terdapat lebih dari 81.000 anggota.

CodeSaya adalah tempat buat kamu belajar dan mengembangkan skills tentang teknologi khususnya dalam pemograman Python, PHP, JavaScript, dan bahasa pemrograman lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan sistem untuk yang disedikan untuk belajar mengembangkan website.

Sekarang tinggal kamu yang menentukan mau memepelajari bahasa pemrogrman yang mana? Dan ingin belajar di website mana. 

Gimana? Sudah tahu apa yang harus kamu pelajari dan website belajar coding gratis yang bisa kamu jadikan tempat untuk nongkrong kamu sekarang? Tenang Sob, gak perlu pusing mikirin sulitnya belajar pemrograman, Intinya lebih sulit memahami perempuan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like