Kalian mungkin sudah sering mendengar istilah HTML, tapi bagaimana dengan sebutan HTML5? Jika HTML adalah bahasa markup, lantas apa itu HTML5? Sederhananya, HTML5 adalah HTML versi kelima.

Jadi, HTML5 adalah hasil perbaikan dari bahasa markup versi sebelumnya. Di sini, HTML telah mendapat pembaruan berupa tambahan fitur demi mendukung aktivitas pengembangan website yang lebih baik dan canggih, seperti menciptakan website bersifat mobile friendly. Nah untuk lebih lengkapnya, yuk baca artikel berikut sampai habis! 

Apa itu HTML5? 

html5 adalah
Photo by Lukas from Pexels

Bisa dikatakan HTML adalah bahasa utama dunia website. Pada umumnya, halaman web yang berada di internet ditulis dengan variasi HTML. Melalui HTML, developer bisa menambahkan multimedia, text tan link tampil menjadi satu dengan elemen lainnya di browser. Selain itu, hypertext hingga elemen yang membuat dokumen interaktif merupakan kesatuan dari HTML.

Standar dalam HTML diciptakan pada tahun 1997 oleh W3C atau World Wide Web Consortium. Pada HTML, tag digunakan sebagai penentu struktur, tag dan elemen didefinisikan dengan menggunakan < dan > . Beberapa contohnya adalah table, paragraf, header, footer, aside, list, dan masih banyak lainnya. Tag-tag inilah nantinya yang dirender oleh browser. 

HTML pertama yang dirilis pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee sudah mengalami banyak pembaruan sejak saat itu. Yup, HTML5 adalah versi HTML terbaru saat ini. Hadirnya HTML5 menjadikannya sebagai primadona bahasa markup dan telah memiliki banyak fitur dibandingkan HTML biasa serta menghilangkan beberapa hal yang bisa dibilang ‘kaku’ pada XHTML.

Perbedaan HTML dan HTML5

html5 adalah

Di dunia IT, perubahan menjadi satu hal yang tak terelakkan. Hingga saat ini tidak ada bahasa yang tidak pernah di upgrade. Begitupun dengan HTML yang mengupgrade versinya menjadi HTML5. 

Tujuan HTML5 adalah untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi dan meningkatkan dukungan terhadap struktur bahasa yang digunakan dalam file multimedia modern. Tak berhenti di situ saja, tujuan HTML5 adalah meningkatkan pengalaman berinternet bagi pengembang dan pengguna. 

Sudah disinggung di penjelasan sebelumnya bahwa HTML5 adalah bahasa markup yang memiliki jauh lebih banyak manfaat utama dibanding dengan versi terdahulunya. Salah satunya yakni memiliki dukungan audio dan video tingkat tinggi.

Untuk lebih lengkapnya, Jagoan Hosting telah meringkas perbedaan HTML dan HTML5 secara detail di bawah ini. 

  • HTML5 mendukung SVG, canvas, dan grafis vektor virtual lainnya, tidak seperti HTML. Yang dimana pada HTML, penggunaan grafis vektor hanya bisa dilakukan dengan bantuan teknologi lain seperti VML, Silverlight, dan Flash.
  • HTML5 mampu menjalankan JavaScript di browser, sedangkan HTML hanya memungkinkan JavaScript berjalan di thread antarmuka web browser.
  • MathML dan SVG bisa kamu gunakan di HTML5. 
  • HTML5 mendukung form control yang baru, seperti, tanggal dan waktu, nomor, range, url, search, dan email. 
  • HTML5 menggunakan database SQL web untuk menyimpan cache sementara, tidak seperti HTML yang hanya bisa memanfaatkan cache browser.
  • Beberapa elemen HTML seperti isindex, noframes, acronym, font, basefont, applet, dir, frame, center, strike, big, dan tt. 
  • HTML5 memiliki beberapa elemen baru yang cukup penting, seperti summary, time, aside, audio, command, data, datalist, dan lainnya. 

Kelebihan HTML5

html5 adalah
Photo by cottonbro from Pexels

Bahasa markup versi terbaru ini tentunya memiliki beberapa kelebihan yang tak bisa ditemui di versi sebelumnya. Apa saja itu? Berikut kelebihan HTML5 adalah :

  1. Dapat menangani error lebih baik

HTML5 adalah sistem dengan penanganan error terbaik dibandingkan versi-versi sebelumnya. Hal ini membuat kerja developer menjadi lebih mudah. Dengan kata lain, website yang dibuat menggunakan HTML5 dapat membantu web browser untuk menangani kode HTML yang tidak sempurna. 

  1. Syntax ribet? Tidak lagi

Sebelumnya, developer harus menggunakan tag <div> di berbagai elemen, di mana tag tersebut diperlukan untuk menandai sebuah section pada halaman website. 

Jika untuk membuat halaman yang sederhana, penggunaan tag tersebut tidaklah menjadi masalah. Namun apabila digunakan dalam pengembangan website dengan struktur kompleks, maka hal ini dapat merepotkan developer ketika menulis kode. 

Untungnya, HTML5 hadir dengan syntax yang lebih gampang, seperti adanya tag <header> dan <footer> untuk mempresentasikan bagian header dan footer halaman. Hal ini menjadi salah satu manfaat HTML5 bagi developer.

  1. Support untuk konten audio dan video

Selanjutnya, kelebihan HTML5 adalah ia hadir sebagai solusi dari HTML4 yang tidak memiliki dukungan baik untuk konten-konten audio dan video. Contohnya saja, HTML5 adalah bahasa markup yang mempunyai atribut control untuk membuat tombol play dan pause pada sebuah audio player. 

  1. Membuat aplikasi web dengan mudah

Dulu sebelum HTML5 rilis, kebanyakan website bersifat statis karena HTML versi sebelumnya tidak memiliki fitur yang mendukung konten dinamis. Untuk memungkinkan hal tersebut terjadi, developer masih menggunakan JavaScript dan Flash. 

Namun, saat ini sudah banyak website dengan model single page, contohnya Gmail. Gmail memanfaatkan satu halaman saja yang ditulis menggunakan HTML namun dapat menampilkan konten interaktif. 

Hal tersebut dapat terjadi berkat berbagai elemen baru yang hadir pada HTML5 tanpa perlu lagi kinerja JavaScript dan Flash. Tak hanya itu, fungsi HTML5 adalah menjadikan konten dinamis bekerja lebih lancar.

  1. Penyimpanan informasi secara lokal

Terakhir, kelebihan HTML5 adalah penyimpanan informasi secara lokal. Semua versi HTML yang terdahulu tentu saja memunginkan Anda untuk menyimpan informasi pengguna website. 

Hal ini sangat diperlukan terutama bagi pemilik konten interaktif. Namun, seperti yang telah diketahui bahwa penyimpanan dengan sistem cookies tidak dapat menampung banyak data. 

Pada HTML5, penyimpanan informasinya sudah dikembangkan dengan objek ‘localstorage’ yang menggantikan cookies dengan sistem penyimpanan lokal browser pada pengguna internet. 

Belajar mengenai HTML5

html 5
Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Setelah mengetahui pengertian, perbandingan, serta kelebihan HTML5 dibanding HTML, sekarang waktu yang tepat untuk mempelajarinya. Jagoan Hosting punya rekomendasi 5 situs untuk belajar bahasa makrup. Diantaranya:

  1. W3.org

Situs ini menjadi tolak ukur dalam menentukan standar web di seluruh dunia. Untuk memahami pelajaran yang ada disini, setidaknya kamu harus tahu dulu basic pemrograman web. Dalam W3.org, terdapat semacam ‘perpustakaan’ untuk mengunduh fungsi fungsi HTML siap pakai.

  1. W3Schools.com

Berbeda dengan W3.org yang berfokus pada teori, W3schools lebih memudahkan teori tersebut untuk dipelajari seluruh kalangan baik yang sudah lama menyelami dunia programming ataupun yang masih baru. 

Kemudahan yang ditawarkan W3schools pada HTML5 adalah kamu bisa praktek langsung pada materi yang kamu pelajari. Caranya cukup mudah, tinggal pilih materi mana untuk dipelajari.

  1. Sekolahkoding.com

Portal ini berisi materi pembelajaran pemrograman berupa teks dan video yang menghadirkan sarana pembelajaran pemrograman dengan bahasa Indonesia yang mudah dipahami. 

Kamu bisa mempelajari apa itu HTML5 mulai dari struktur dasar, elemen-elemen, input pada HTML5, hingga praktek langsung menggunakan tag-tag HTML5.

  1. WebPlatform.org

Situs ini menghadirkan model tingkatan dalam mempelajari HTML5. Cocok untuk kamu yang ingin belajar dan meng-upgrade skill HTML5! Karena kamu bisa menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kemampuan kamu.

  1. HTML5Rocks.com

Situs dari Google ini merupakan salah satu website belajar HTML5 yang cukup menarik. Tampilannya yang menarik pasti membuatmu betah untuk belajar. Ditambah lagi beberapa contoh nyata dari fungsi HTML5 yang ditampilkan, seperti web storage, webGL, hingga offline cache. 

Jika kamu seorang yang cukup menguasai HTML5 ini, bisa banget loh membuat situs semacam di atas. Tujuannya yaitu untuk menyampaikan apa yang sudah kamu kuasai kepada seseorang yang belum tahu. 

Tidak perlu bingung bagaimana kamu akan mempublikasikannya di website. Cukup buat website sederhana namun dengan performa yang luar biasa. Dengan begitu, pembaca akan tertarik membaca artikel kamu dan membuatnya menjelajahi lebih.  Nah, caranya dengan berlangganan produk hosting terbaik dari Jagoan Hosting ini! Untuk mendukung performa website yang lebih maksimal tentu dibutuhkan hosting terbaik juga, kan

Oleh karenanya, bisa nih Sob kunjungi Jagoan Hosting untuk mendapatkan penawaran terbaik lainnya seperti domain atau mungkin server. Yuk, langganan sekarang juga!

Kesimpulan

Sekian informasi mengenai apa itu HTML5 dan perbedaannya dengan HTML biasa. Jadi sebenarnya pengertian HTML 5 adalah sama-sama bahasa markup, namun ia merupakan versi yang lebih update dari keluaran sebelumnya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like