Sob, apakah kamu sedang mencari cara membuat website sendiri namun masih sangat awam di dunia perkodingan? Jika iya, maka beberapa rekomendasi website builder berikut bisa jadi solusinya!

Website builder adalah alternatif termudah untuk membangun website bahkan bagi pemula sekalipun. Menarik, bukan? 

Nah, tak perlu berlama-lama. Yuk langsung saja simak pembahasan seputar apa itu website builder, kelebihan menggunakannya, hingga daftar website builder paling rekomendasi. Check it out!

Apa itu Website Builder?

Tahukah kamu apa itu website builder? Pengertian website builder adalah sebuah program yang dapat membantu untuk membangun sebuah website.

Cara kerjanya sendiri terdiri dari tiga tahap, mulai dari memilih template website, edit website, sampai publikasi website. Web builder juga bisa mempermudah publikasi website dengan kelebihan dan fitur yang dimilikinya. 

Terdapat dua jenis web builder yang bisa digunakan, yaitu Online dan Offline. Sesuai dengan namanya, pengertian website builder online yaitu harus mendapat akses internet, sedangkan pengertian website builder offline yaitu harus diinstall di perangkat komputer. 

Akan tetapi sebagai catatan, di artikel kali ini, hanya akan membahas tentang online web builder. Selain karena lebih populer penggunaannya, online web builder adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin website-mu segera tampil di internet.

Kelebihan Website Builder

Setelah mempelajari pengertiannya, selanjutnya akan ada penjelasan mengenai kelebihan website builder. Dewasa ini, banyak bertebaran web builder yang memberikan penawaran gratis, tapi terkadang label “gratis” di sana bukan berarti benar-benar gratis lo Sob.

Tentu saja, semua website builder gratis punya keterbatasan masing-masing, tetapi beberapa di antaranya memberikanmu lebih banyak akses daripada yang lain. Berikut adalah kelebihan website builder yang bisa kalian nikmati dalam penggunaannya.

1. Kemudahan Penggunaan

Tujuan utama menggunakan website builder adalah untuk menciptakan website semudah mungkin. Salah satu kelebihan website builder yang ditawarkan adalah memudahkan penggunaannya dalam drag-and-drop web builder atau website editor

2. Kemudahan Publikasi

Kelebihan website builder berikutnya adalah kemudahan publikasi. Untuk website dapat segera tampil di internet, beberapa website builder yang ada menawarkan web hosting dan domain.

Hal ini tentu saja menjadi kelebihan website builder itu agar website yang kamu buat dapat bisa langsung dipublikasikan.

3. Koleksi Template dan Fitur

Selanjutnya, kelebihan website builder adalah pilihan template dan fitur yang dimiliki. Dengan menggunakan template, kamu bisa membuat website apapun dengan sangat mudah.

Mulai dari website pribadi, website korporat, hingga toko online. Selain itu terdapat fitur-fitur fungsional yang ditawarkan seperti opsi editing yang lengkap, desain yang mobile-friendly, atau berbagai tools tambahan yang dapat mempermudah pembuatan website.

Baca juga: Cara Membuat Website dari HP, Mudah dan Praktis Tanpa PC

Rekomendasi Website Builder Terbaik

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai rekomendasi website builder. Banyaknya website yang berada di internet menandakan bahwa sekarang semakin mudah untuk dapat membuat website. 

Bagi kamu yang ingin memanfaatkan kesempatan ini, Jagoan Hosting kali ini sudah merangkum 10 rekomendasi website builder terbaik yang bisa kamu coba. Check it out!

1. WordPress

WordPress

Rekomendasi website builder yang pertama adalah WordPress. WordPress adalah salah satu platform yang paling populer. Meskipun pada dasarnya bukan web builder, tapi kamu bisa mengaktifkan berbagai plugin dan fitur website builder lain di dalamnya, seperti Elementor dan Beaver Builder

Selain itu, kemudahan dalam fleksibilitas dan kustomisasi, platform ini adalah pilihan yang memuaskan dan akan cocok sebagai alternatif yang bagus untuk pemula.

WordPress banyak digunakan oleh perusahaan besar ternama bahkan sampai pemerintahan. Untuk menjaga keamanan situs, WordPress menyediakan berbagai plugins security untuk menghindari peretasan yang terjadi.

Akan tetapi untuk menggunakannya, kamu harus punya domain hosting terlebih dahulu. Karena, biasanya penyedia hosting sudah menyediakan instalasi WordPress di dalamnya.

Fitur

  • Mempunyai ratusan tema gratis, dan tema premium yang bisa membuat website terlihat lebih professional.
  • Built-in social sharing, bisa dengan mudah membagikan konten ke akun sosial media.
  • Mobile and desktop apps, WordPress menyediakan aplikasi yang memudahkan dalam mengedit konten dari mana saja dan kapan saja.

Harga

Gratis, tetapi ada biaya untuk hosting dan domain. Terdapat opsi tema premium dan plugin yang memiliki biaya.

2. Wix

Wix

Rekomendasi website builder yang kedua adalah Wix. Wix adalah web builder yang sangat ramah pengguna, khususnya bagi pemula.

Selain gratis, Wix juga dilengkapi berbagai fitur menarik seperti drag-and-drop builder, lebih dari 500 template website, dan desain yang mobile-friendly. Bahkan terdapat layanan halaman support center untuk menjawab berbagai permasalahan terkait pembuatan website. 

Layanan gratis di Wix mempunyai keterbatasan, di mana kamu harus menggunakan .wixsite di dalam alamat website, seperti  “www.namadomain.wixsite.com”.

Akan tetapi kamu juga bisa berlangganan ke paket berbayarnya. Setiap paket berbayar akan bisa custom nama domain, menambah kapasitas penyimpanan di website. Selain itu, kamu juga akan mendapat fitur tambahan seperti Site Booster dan Visitors Analytics.

Fitur

  • Wix Editor, terdapat berbagai tools desain menarik seperti unlimited fonts, scroll effects, dan media galleries.
  • Wix ADI, untuk membangun website dalam waktu yang sangat singkat. Jadi, fitur ini akan memberi beberapa pertanyaan, lalu menciptakan website secara otomatis berdasarkan jawaban yang kamu berikan.
  • Corvid by Wix, merupakan platform open development yang berguna untuk membangun aplikasi web. Fitur ini sangat cocok untuk web developer.
  • Free hosting, nikmati web hosting secara gratis.
  • Fitur Toko Online, menyediakan berbagai fitur toko online yang menarik seperti Wix Stores untuk membangun toko online.

Harga

Gratis, tapi terdapat opsi melakukan upgrade. Harga paketnya berkisar US$ 4.50/bulan (Connect Domain plan) hingga US$24.50/bulan (VIP plan)

3. SquareSpace

SquareSpace

Rekomendasi website builder yang ketiga adalah SquareSpace. Kamu bisa membuat situs untuk blog pribadi, toko online atau event dengan berbagai template-template pilihannya.

Tampilan dashboard-nya juga sangat memudahkan bagi pemula. Squarespace juga menyediakan unlimited bandwidth dan storage, SSL security, gratis custom domain, serta 24/7 customer support di semua layanannya.

Fitur

  • Blogging tools yang mempermudah untuk posting konten, mengategorisasikan konten dan menjadwalkan publikasi.
  • Analytics, di mana kamu dapat mengawasi perkembangan jumlah pengunjung, kinerja konten, hingga daftar produk disajikan dalam bentuk grafik atau tabel.
  • Email marketing tools, yaitu fitur email layout yang bervariasi, kemudahan dalam mengedit konten email, dan juga fitur analytics untuk mengawasi efektivitas kampanye.
  • Social media tools, di mana kamu bisa menghubungkan website dengan akun sosial media, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
  • Mobile editing, di mana kamu bisa download di iOS atau Android. Sehingga, kamu bisa mengelola website dari mana saja dan kapan saja.

Harga

Free trial selama 14 hari, dengan tambahan 7 hari. Setelah itu, kamu harus berlangganan ke paket yang harganya berkisar dari $12/bulan (Personal plan) hingga $40/bulan (Advanced Commerce plan).

4. Shopify

Shopify

Rekomendasi website builder yang keempat adalah Shopify. Shopify adalah web builder terbaik untuk membuat toko online. Kamu dapat menggunakannya untuk mulai dari membangun brand, melakukan pemasaran, menerima pembayaran, sampai melakukan pengiriman.

Fitur

  • Intuitive dashboard, untuk mengelola order, shipping, dan pembayaran dalam satu dashboard.
  • Fitur lengkap untuk membangun toko online
  • Alat branding gratis

Harga

Free trial selama 14 hari. Setelah itu, kamu harus berlangganan ke paket yang harganya berkisar dari $29/bulan (Basic Shopify) hingga $299/bulan (Advanced Shopify).

Baca juga: 6 Contoh Website E-Commerce dan Tips Membuatnya!

5. Webnode

Webnode

Rekomendasi website builder yang kelima adalah Webnode. Web builder ini mempunyai fitur yang cukup lengkap dan  memungkinkan bisa membangun website dengan waktu relatif singkat dengan dukungan dukungan beragam template yang sangat variatif.

Fitur

  • Fitur website bisnis, yang dapat menggunakan berbagai fitur seperti SEO tools, membership registration, dan form builder.
  • Fitur toko online, di mana kamu bisa membangun toko online dengan dukungan fitur shipping dan pembayaran, juga fitur diskon dan tidak lupa fitur analytics toko.

Harga

Gratis, tapi terdapat opsi melakukan upgrade. Harga paketnya berkisar $3.95/bulan (Limited plan) hingga $19.95/bulan (Profi plan)

6. Jimdo

Jimdo

Rekomendasi website builder yang keenam adalah Jimdo. Dengan Jimdo, kamu bisa membuat situs untuk blog, bisnis, atau online store. Selain itu, terdapat pula dukungan berbagai template yang tersedia.

Fitur

  • Fitur website editor, online store, logo maker, dan gratis custom domain selama satu tahun.
  • Web editor-nya sangat simpel dan memudahkan pengguna.

Harga

Gratis, tapi terdapat opsi melakukan upgrade. Harga mulai dari $8.54/bulan dengan fitur-fitur premium untuk membangun website agar lebih optimal.

7. Weebly

Weebly

Rekomendasi website builder yang ketujuh adalah Weebly. Di mana dengan Weebly, kamu bisa mengelola konten dengan mudah melalui fitur editornya.

Kamu bisa menambahkan dan mengedit berbagai macam elemen di dalam fitur editor Weebly. Mulai dari teks dan foto, hingga video background dan custom headers. Selain itu, Weebly juga menawarkan hosting gratis lo Sob!.

Fitur

  • Powerful editor, terdapat banyak elemen untuk dapat masukkan ke dalam kontennya. 
  • Fitur eCommerce, membuat toko online dengan mudah melalui berbagai fitur tambahan. Mulai dari shopping cart dan halaman checkout, hingga inventory tracking.
  • Responsive design, terdapat banyak template gratis yang bisa digunakan dan telah dioptimasi untuk perangkat mobile.

Harga

Gratis, tapi terdapat opsi melakukan upgrade. Harga paketnya berkisar $5/bulan (Connect plan) hingga $25/bulan (Business plan).

Baca juga: Tutorial Cara Membuat Website HTML dan CSS bagi Pemula

8. Mozello

Mozello

Rekomendasi website builder yang kedelapan adalah aplikasi yang juga mengedepankan kemudahan di perangkat Android, yaitu Mozello.

Mozello menawarkan kemudahan membuat website, baik dari PC atau HP. Mozello juga cocok untuk pebisnis yang ingin membuat toko online. 

Aplikasi ini didesain sebagai web builder yang menawarkan fungsi e-commerce dan mobile friendly. Bagi kamu para pemula jangan khawatir, Mozello dirancang sangat simpel untuk membangun website yang cepat dan mudah.

Fitur

  • Sebagai e-commerce website builder, Mozello memiliki fitur untuk menjual produk, mengatur pengiriman dan pembayaran, fitur integrasi ecommerce
  • Mobile friendly dan user friendly bagi pelanggan untuk berbelanja.
  • Fitur SEO dan marketing untuk memaksimalkan website.

Harga

Kamu bisa men-download aplikasi ini di Play Store secara gratis.

9. Strikingly

Strikingly

Rekomendasi website builder yang kesembilan adalah Strikingly. Dengan Strikingly, kamu bisa membangun situs yang simpel dan responsif dengan tampilan menarik.

Strikingly cocok untukmu yang ingin membuat one-page website, seperti untuk keperluan CV atau portofolio pribadi.

Fitur

  • Tampilan interface-nya sangat sederhana dan mudah digunakan.
  • Built in situs e-commerce untuk membuat website toko online dengan berbagai fitur lengkapnya.

Harga

Gratis, tetapi kamu juga tetap bisa membuat website multi-page jika melakukan upgrade ke akun berbayar.

10. Zyro

Zyro

Rekomendasi website builder yang terakhir adalah Zyro. Zyro dirancang untuk membantu pengguna membuat situs atau toko online hanya dalam hitungan menit.

Platform satu ini juga menyediakan segala hal yang dibutuhkan untuk membuat logo yang apik. Mulai dari pilihan font, icon, warna, formatting, sampai dengan layout.

Fitur Unggulan Zyro

  • Template lengkap, template website profesional untuk semua bisnis dan terdapat berbagai jenis template
  • Fitur eCommerce, tersedia berbagai fitur mulai dari mengelola stok produk, pesanan, melacak pengiriman, membuat laporan, hingga melayani pelanggan.
  • Free Domain & Hosting, mendapat gratis domain dan hosting.
  • Optimasi mesin pencari, di mana loading cepat, optimasi perangkat mobile, meta tag otomatis, cloud hosting, dan fitur keamanan SSL.
  • Optimasi perangkat mobile, desain website Zyro responsif dan mobile friendly.

Harga

Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai $1.84/bulan diskon layanan hingga 87% .

Di atas adalah beberapa rekomendasi website builder yang patut kamu coba dalam pembuatan situs web. Sekarang, kamu tak perlu belajar coding terlebih dahulu untuk bisa membangun website. 

Buat kamu yang sedang butuh hosting untuk membuat website, juga bisa berlangganan layanan Jagoan Hosting yaitu, unlimited hosting! Hanya dengan 9RIBU rupiah kamu juga bisa dapat GRATIS domain dari Jagoan Hosting. Jadi, tunggu apalagi Sob? Yuk coba sekarang juga!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like