Cara Membuat Website di HP, Mudah dan Praktis Tanpa PC

cara membuat website dari hp
3D Rendering of Blank Search Bar and Smart Phone

Di era digital seperti saat ini, akan sulit untuk bersaing jika bisnismu tidak mengikuti perkembangan online marketing. Nah, salah satunya adalah membuat website. Tenang saja, cara membuat website dari HP cukup mudah lho, kamu bisa melakukannya meski tidak memiliki komputer/laptop.

Bagi yang belum paham cara membuat website dari HP, yuk simak artikel berikut ini sampai tuntas. Jagoan hosting akan membahas cara membuat website dari HP menggunakan WordPress mulai dari nol. Check it out!

Cara Membuat Website dari HP Menggunakan WordPress

Umumnya, website bentukan WordPress selama ini dibuat dengan menggunakan komputer. Namun seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, kamu pun bisa membuat website dari WordPress menggunakan platform apapun. Salah satunya cara membuat website dari HP.

Nah kali ini, Jagoan Hosting akan merangkum cara membuat website dari HP. Berikut selengkapnya.

1. Menginstall Aplikasi WordPress

Cara membuat website dari HP yang pertama adalah dengan menginstal aplikasi WordPress. Pastikan untuk mengunduh WordPress.com dan bukan WordPress.org ya, Sob! Dalam hal ini, kamu juga bisa menggunakan sistem perangkat Android ataupun perangkat Apple. 

Setelah selesai menginstal aplikasinya, cara buat website dari HP selanjutnya yaitu dengan memilih dan mengklik login atau daftar dengan WordPress.com.

Setelah itu, masukkan alamat email aktif untuk membuat akun pada aplikasi WordPress.com. Agar lebih cepat, kamu juga bisa menggunakan Google Account untuk mendaftar. 

Langkah berikutnya dalam cara buat website dari HP adalah dengan mengecek kotak masuk pada email yang sudah kamu daftarkan, untuk melakukan verifikasi pendaftaran. Setelah itu, klik link untuk melakukan verifikasi, dan lanjutkan proses pendaftaran pada WordPress.

Cek Konten Lainnya:
9 Contoh Halaman Tentang Kami yang Menarik & Tips Buatnya!

2. Pilih dan Tulis Nama Website 

Setelah berhasil mendaftarkan akun pada WordPress.com, langkah selanjutnya cara bikin website dari HP adalah menentukan alamat situsnya. Caranya yaitu dengan memilih buat situs baru untuk memulai membuat website

Lalu, pilihlah nama domain yang ingin kamu gunakan untuk website-mu. Setelah itu, klik Buat Situs. Selanjutnya, akan muncul tampilan situs yang berhasil kamu buat. Lalu klik OK untuk melanjutkan ke pengaturan website.

3. Melakukan Pengaturan Website 

Saat domain berhasil dibuat, cara bikin website dari HP berikutnya adalah dengan melakukan pengaturannya. Kamu bisa melakukan pengaturan mulai dari mengganti judul, logo, dan slogan situs. 

Untuk mulai pengaturan dalam cara membuat website dari HP ini, kamu bisa klik menu Pengaturan Situs. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai pengaturan yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. 

Selain mengganti judul dan logo, kamu juga bisa menambahkan slogan sesuai dengan website-mu. Caranya yaitu klik Pengaturan Situs lalu pilih Slogan. Di pilihan tersebut, kamu bisa langsung menambahkan slogan websitemu, setelah itu klik OK.

4. Membuat Artikel atau Postingan Pertama

Setelah semuanya sudah di-setting, sekarang waktunya untuk membuat artikel atau postingan pertama. Caranya, klik ikon (+) di bagian bawah lalu pilih Post Blog. Setelah selesai menulis artikel, klik menu Terbitkan di pojok kanan atas lalu pilih Publikasikan. 

Baca juga: 15 Aplikasi Website Gratis Terbaik Tanpa Coding, Wajib Tahu!

Kelebihan WordPress untuk Website

Setelah memahami bagaimana cara membuat website dari HP, perlu diketahui juga bahwa teknik ini juga punya kelebihan tersendiri yang mungkin belum kamu ketahui selama ini. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Tidak Berbayar 

WordPress dapat diunduh pada platform HP maupun komputer secara gratis. Namun, untuk cara membuat website dari HP ataupun PC, kamu harus menggunakan layanan web hosting dan membayar nama domain agar dapat mengoperasikannya. 

Mungkin kamu bertanya-tanya atau keberatan dengan memakai layanan hosting. Tenang saja, dengan 9 ribu rupiah saja kamu sudah bisa berlangganan Unlimited Hosting.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Website Kursus Online dengan Wordpress

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan GRATIS domain .COM dan premium DIVI dan template siap pakai. 

2. Memiliki Plugin yang Beragam 

Agar website-mu semakin menarik, kamu membutuhkan beberapa plugin. Dengan WordPress, kamu bisa menggunakan 50.000 plugin gratis di repository WordPress. 

Selain plugin gratis, kamu juga bisa menggunakan plugin berbayar dari developer ataupun pihak ketiga. Dengan plugin yang beragam ini, para pengguna WordPress bisa mengembangkan website sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. 

3. Update dan Instalasi yang Gampang Dilakukan

Tanpa harus memiliki skill khusus, kamu bisa membuat website dari WordPress lho, Sob! WordPress sudah terkenal dengan proses pembuatan dan instalasi yang gampang. Hanya dengan klik, drag, dan drop kamu sudah bisa mewujudkan website sendiri. 

Selain instalasi yang mudah, proses update, atau pembaruannya juga tergolong mudah. Dengan satu kali klik saja, kamu sudah bisa mendapatkan update dan pembaruan terbaru dari WordPress. 

4. Cocok untuk Website Apapun 

Dengan beragam plugin yang dimilikinya, tentu hal ini juga menjadi salah satu kelebihan WordPress. Bahkan kamu juga bisa membuat toko online, website portfolio, company profile, dan lain-lain dengan menggunakan CMS WordPress. 

5. Keamanan yang Terjamin

Banyaknya kejahatan cyber dan hacker di dunia maya, tentunya keamanan website menjadi hal yang paling penting. Nah dengan WordPress, kamu tidak perlu cemas soal keamanan. 

WordPress memiliki plugin untuk keamanan seperti WordFence atau Sucuri Security. Selain itu, WordPress juga menjadi salah satu CMS yang rajin memberikanmu info tentang isu-isu keamanan. 

Dengan menggunakan layanan unlimited hosting dari Jagoan Hosting, kamu juga tidak perlu khawatir. Karena layanan ini sudah dilengkapi SSL certificate GRATIS yang menjamin keamanan websitemu. 

Baca juga: 6 Contoh Website E-Commerce dan Tips Membuatnya!

Kekurangan WordPress untuk Website

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, WordPress tentu juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah kekurangan WordPress untuk website yang sudah dirangkum oleh Jagoan Hosting: 

1. Harga Hosting dan Domain yang Cenderung Mahal

Meski penerapan cara membuat website dari HP dapat dilakukan secara gratis, namun tetap saja kamu harus membayar hosting dan domain yang relatif mahal.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu MVC? Manfaat & Contohnya pada Framework

Maka dari itu, Jagoan Hosting memberikan solusinya dengan menggunakan hosting dan domain Jagoan Hosting. Dijamin hanya dengan modal minimal, kamu bisa mendapatkan performa website yang maksimal! 

2. Dibatasi untuk Melakukan Pengaturan 

Selanjutnya, walaupun pengaturan WordPress memang terbilang mudah, namun, kustomisasi akan lebih terbatas jika kamu tidak memiliki hosting sendiri. 

Pasalnya dengan mempunyai hosting sendiri, kamu bisa leluasa untuk mengelola website, mengatur domain dan subdomain, melakukan backup hingga restore website, serta masih banyak lagi. 

3. Tidak Mudah Melakukan Migrasi

Jika kamu menggunakan WordPress untuk membuat website, maka akan sulit untuk melakukan migrasi. Hal ini karena kamu tidak memiliki akses langsung ke server atau cPanel.

Untuk melakukan migrasi, biasanya kamu perlu memindahkan segala file website dari server awal ke server yang lain. Proses ini bisa dipermudah jika kamu memiliki akses pada cPanel. 

4. Banyaknya Plugin Abal-abal

Beragamnya plugin tidak hanya menjadikannya kelebihan, namun juga kekurangan bagi WordPress. Jika kurang jeli, kamu bisa terjebak memilih plugin abal-abal. Apalagi jika plugin dibuat dengan coding yang buruk dan tidak mendapatkan sistem update berkala. 

Maka dari itu, kamu harus jeli memilih plugin. Caranya dengan membaca review, rating, dan kapan terakhir kali plugin diperbarui. 

5. Kecepatan Berkurang 

Kecepatan website yang menggunakan WordPress bisa berkurang menyesuaikan plugin yang digunakan. Sebagai contohnya, jika terlalu banyak memasang plugin dan gambar yang tidak diperlukan.

Selain itu, kecepatan yang berkurang juga bisa dipengaruhi oleh hal teknis, sehingga kamu perlu memeriksa dengan tool tes kecepatan gratis yang banyak beredar di internet. 

Nah, itulah Sob penjelasan mengenai cara membuat website dari HP menggunakan wordpress yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu.

Jangan lupa ya, pastikan kamu memilih hosting terbaik untuk website kamu, salah satunya adalah layanan Hosting Murah dari Jagoan Hosting. Yuk cek sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara meningkatkan keamanan website
Read More
10+ Cara Meningkatkan Keamanan Website Paling Ampuh
Dengan perkembangan dunia digital, website memiliki peran penting untuk kesuksesan bisnis. Oleh karena itu, cara meningkatkan keamanan website…
web programming adalah
Read More
Belajar Web Programming, Mulai dari Mana? Ini Tahapannya
Web programming adalah proses pembuatan program berbasis. Kini, ia jadi salah satu bidang yang kian diminati, sejalan dengan…