5 Plugin Comment WordPress Gratis untuk Websitemu

Plugin Comment Wordpress - jagoanhosting.com

Memiliki banyak pembaca di blog / website kita tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Dengan banyaknya pembaca, tak dapat dipungkiri akan menambah banyak jumlah komentar juga pada postingan kita. Tentu hal ini juga akan membantu perkembangan blog / website kita pada pagerank di search engine. Untuk itu, diperlukan plugin comment WordPress yang khusus untuk menangani komentar pembaca. Berikut, Jagoan Hosting akan membahas mengenai 5 plugin comment Wordpess gratis yang bisa kamu coba.

1. Akismet

Plugin Comment WordPress - jagoanhosting.com
Cara kerja plugin Akismet – via wordpress.org

Mendapat banyaknya email spam, tentu merupakan suatu hal yang meresahkan, bukan?. Oleh karena itu, adanya plugin comment WordPress khusus yang bertugas untuk memfilter komentar yang masuk tentu sangat penting. Plugin Akismet inilah yang akan melakukannya untuk website WordPressmu. Setiap komentar yang masuk di postingan kita akan difilter terlebih dahulu oleh Akismet, selanjutnya kita hanya tinggal memilih untuk menampilkannya atau menghapusnya.

2. Facebook Comment

Plugin Comment WordPress - jagoanhosting.com
Tampilan plugin Facebook Comment setelah diinstall – via wpbuffs.com

Selain form komentar default bawaan yang dimiliki WordPress, kamu juga bisa mengintegrasikan form komentar WordPressmu dengan Faceboook. Komentar yang ditinggalkan oleh pengunjung blog / website akan memiliki tampilan dengan atas nama profil Facebooknya. Sesuai namanya, plugin comment wordpress ini satu ini bisa jadi pilihan tepat untukmu.

Cloud Hosting NVMe Murah - jagoanhosting.com

3. Disqus

Plugin Comment WordPress - jagoanhosting.com
Tampilan plugin Disqus setelah diinstall – via wordpress.org

Apabila kamu bosan dengan tampilan comment section pada default website WordPress, plugin satu ini bisa jadi salah satu pilihannya. Plugin comment WordPress satu ini memang memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Disqus memungkinkan pengunjung blog / website kita untuk memberikan komentar dengan lebih mudah dan interaktif. Selain itu, plugin satu ini juga terintegrasi dengan website dan orang – orang pada forum diskusi milik Disqus di seluruh dunia.

4. Super Socializer

Plugin Comment WordPress - jagoanhosting.com
Tampilan plugin Super Socializer setelah diinstall – via wordpress.org

Plugin comment WordPress satu ini memungkinkan kita untuk menampilkan komentar dari berbagai platform seperti Facebook, G+ Comments, Disqus, juga comment section default bawaan WordPress. Hal ini akan memberikan kita banyak pilihan dalam satu paket plugin. Sehingga, lebih efektif dan tidak memberatkan kinerja website kita.

Cek Konten Lainnya:
7 Theme Wordpress untuk Website Food Delivery

5. Disable Comments

Plugin Comment WordPress - jagoanhosting.com
Tampilan plugin Disable Comments setelah diinstall – via wpbeginner.com

Tak hanya perkara menampilkan comment saja yang dapat dilakukan di website WordPress kita. Sebenarnya, pada fitur default dari WordPress memang terdapat menu untuk menonaktifkan comment section, namun non-aktif nya comment section tersebut, berlaku untuk semua halaman dan postingan secara global. Apabila kita ingin menonaktifkan comment section pada postingan tertentu, bisa dilakukan dengan plugin ini.

Cloud Hosting Murah - jagoanhosting.com

Nah, itu dia plugin comment Wordpess gratis yang bisa kamu coba, sob!. Apabila kamu punya referensi plugin comment WordPress gratis lainnya, silakan tulis di kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat! 🙂

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
plugin mempercepat loading wordpress
Read More
9+ Plugin Mempercepat Loading WordPress Terbaik
Sedang mencari plugin mempercepat loading WordPress? Memang banyak mencari plugin untuk mempercepat loading website. Pasalnya, pemanfaatan plugin lebih…
plugin social media wordpress
Read More
14+ Plugin Social Media untuk WordPress Terbaik
WordPress memiliki banyak sekali plugin yang pastinya memberi keuntungan kepada pengguna, salah satunya adalah plugin social media WordPress.…