Tips untuk Remote Worker – Sejak pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak para pekerja untuk bekerja secara fulltime di kantor, maka salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara melakukan pekerjaan secara remote

Fleksibilitas para pekerja dalam mengerjakan job desk  mereka tetap bisa dilakukan sebagaimana mestinya layaknya di kantor. Namun, yang membedakan adalah, para pekerja bisa melakukannya di rumah, kafe, atau berbagai macam tempat lainnya.

Mungkin untuk sebagian para freelancer sudah terbiasa dalam menggeluti pekerjaan sebagai remote worker. Namun, ternyata, meskipun bekerja secara remote memberikan kebebasan dalam segi waktu dan tempat, masih banyak para pekerja yang membutuhkan adaptasi untuk melakukan itu semua. 

Kekurangan dan Kelebihan Remote Working

tips untuk remote worker
Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Sampai saat ini, masih banyak yang beranggapan jika bekerja harus dilakukan di kantor. Padahal, semakin majunya perkembangan zaman, menjadi seorang remote worker menjadi trend dan sudah diterapkan di berbagai macam perusahaan, lho!

Kalau dilihat dari kelebihannya, menjadi remote working ternyata memberikan keuntungan tersendiri untuk setiap individu. Misalnya saja seperti menghemat waktu dan biaya hanya untuk pergi menuju kantor.

Selain itu, seorang remote worker juga punya kebebasan dalam menentukan jam kerja dan dimana dirinya akan bekerja, asalkan setiap tugas yang diberikan diselesaikan tepat waktu. Kelebihan lainnya adalah remote worker mempunyai banyak waktu untuk melakukan aktivitas lainnya, misalnya seperti berkumpul bersama keluarga.

Namun, tentu saja, menjadi remote worker juga harus menghadapi kendalanya tersendiri. Contoh sederhananya adalah harus menahan banyak godaan (terutama saat mengerjakan pekerjaan di rumah) karena rentan untuk melakukan penundaan, seperti tidur atau bermain terlebih dahulu.

Selain itu, kekurangan menjadi remote worker adalah keterbatasan dalam bersosialisasi. Bisa dilihat dari cara bekerjanya saja, biasanya remote worker lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, sehingga berkurangnya intensitas mengobrol dan terhubung dengan orang lain dapat terjadi.

Tips untuk Remote Worker agar Tetap Produktif

Meskipun nggak semua orang terbiasa menjalani peran sebagai seorang remote worker, akan tetapi jangan menjadikan hal tersebut sebagai penghalang dalam mengerjakan pekerjaan dan menjadikan hasilnya nggak optimal.

Maka dari itu, terdapat 3 tips yang dapat diterapkan oleh remote worker saat bekerja. Berikut penjelasannya!

1. Tips untuk Remote Worker yang Pertama, Buat Rencana dan Alur Kerja!

Meskipun mempunyai kebebasan dalam menentukan bagaimana nanti para remote worker bekerja, akan tetapi jika nggak menerapkan rencana alur kerja, maka yang terjadi pengerjaan tugasnya bisa terhambat. Maka dari itu, dibutuhkan perincian terkait apa saja yang akan dikerjakan.

Misalnya saja, seorang remote worker mempunyai tiga tugas yang berbeda. Urutkan pekerjaan berdasarkan tingkat kesulitan hingga batasan deadline sebelum akhirnya diserahkan kepada atasan atau klien. Hal ini membantu remote worker untuk menjadikan pekerjaan yang mereka lakukan lebih terorganisir dan tertata rapi.

2. Menentukan Tempat Kerja

tips untuk remote worker
Photo by Ivan Samkov from Pexels

Tentukan juga tempat kerja seperti apa yang sekiranya nyaman untuk digunakan sebagai tempat kerja. Misalnya saja di rumah, kalau memang disediakan sebuah ruangan khusus untuk bekerja, pastikan segala kebutuhan para remote worker tersedia di ruangan tersebut, seperti berkas-berkas hingga perangkat komputer.

Supaya menambah konsentrasi dan kenyamanan saat bekerja, usahakan para remote worker membangun suasana yang sekiranya menjadikan mereka lebih mudah untuk berkonsentrasi, seperti menyetel musik bertema white noise (suara hujan, deburan ombak, dan hewan jangkrik) atau menggunakan wewangian favorit selama berada di ruangan tersebut.

3. Memaksimalkan Penggunaan Aplikasi

Bekerja jarak jauh bukan menjadi hambatan dalam menjalin komunikasi dan melaporkan progress pekerjaan yang sedang dikerjakan. Maksimalkan berbagai macam penggunaan aplikasi yang sekiranya mampu membantu para remote worker untuk tetap terkoneksi dengan atasan, teman kerja hingga klien.

Ingin melakukan video call? Manfaatkan media seperti Zoom atau Google Meet. Jika melakukan komunikasi secara teks, bisa menggunakan WhatsApp atau e-mail. Gunakan juga aplikasi time project management seperti Trello dan RingCentral untuk memudahkan proses pemantauan project atau tugas yang sedang on-going hingga selesai dikerjakan. Mudah, bukan?

Dengan menerapkan 3 tips di atas tentunya memudahkan para remote worker dalam mengoptimalkan kinerja saat bekerja.

Tapi nih, kalau kamu masih kebingungan saat mengerjakan sebuah project pekerjaan, khususnya para remote worker developer yang membutuhkan layanan lengkap seperti domain, hosting, dan server, bisa banget mengandalkan layanan dari Jagoan Hosting untuk memperoleh kualitas terbaik, yakni VPS X!

Mulai dari harga Rp80.000-an, kamu bisa menyesuaikan berbagai macam aplikasi yang sekiranya dibutuhkan selama menjadi remote worker. Yuk, coba sekarang juga layanan VPS X dari Jagoan Hosting dan cari tahu informasi lengkapnya disini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like