Programmer vs Designer – Pada perusahaan kecil, besar maupun perusahaan yang bergerak pada bidang IT, ada 2 profesi yang memiliki peranan penting yaitu, programmer dan designer. Kedua profesi ini memiliki perbedaan satu sama lain.

Programmer adalah seorang yang ahli membuat suatu program yang dapat dibaca oleh komputer. Biasanya seorang programmer menguasai salah satu atau beberapa bahasa pemrograman seperti, C++, pascal, serta Java

Sedangkan profesi designer yang biasanya mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan membuat, merancang, ataupun menciptakan suatu karya dengan tujuan problem solving.

Biasanya seorang designer, ahli dalam mengoperasikan software desain seperti, CorelDraw, Photoshop, dan program-program yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya Jagoan Hosting sudah merangkum perbedaan programmer dan designer di bawah ini. Simak ulasannya yuk! 

Programmer vs designer, apa sih bedanya?

programmer vs designer
Photo by Thirdman from Pexels

Sebelum memahami hubungan 2 profesi ini, mari kita ulas terlebih dahulu perbedaan 2 profesi berikut ini. Pertama, Jagoan Hosting akan membahas perbedaan seorang programmer dan designer, diantaranya: 

1. Programmer vs designer: si logis dan si kreatif

Para programmer diharapkan untuk berpikir logis dalam menciptakan suatu program dalam bentuk web atau pun aplikasi dengan bahasa pemrograman. Programmer juga melakukan coding-coding yang mampu dipahami oleh komputer dan juga mengutamakan fungsi utamanya.

Sedangkan, para designer lebih bebas dan kreatif sehingga apapun yang dihasilkan lebih mengutamakan tampilan aplikasi atau web lebih menarik dan indah. 

2. Scripting dan integrasi

Tidak hanya dituntut untuk menjadi pemecah masalah (problem solving) seorang programmer juga harus menguasai satu bahasa pemrograman dalam melakukan scripting. Setelah selesai melakukan scripting biasanya seorang programmer akan menyerahkan hasil kerjanya kepada designer.

Selanjutnya, designer akan membuat tampilannya lebih menarik dari segi user interface berupa, bentuk, warna, font, foto, logo, ukuran, penempatan dan sebagainya yang berhubungan dengan desain.

3. Aplikasi yang harus dikuasai oleh programmer vs designer

Dalam merancang suatu program atau aplikasi programmer harus memiliki skill dan menguasai software seperti, JavaScript, PHP, Python, Ruby, MySQL, Oracle, dsb.

Sedangkan, seorang designer biasanya harus mahir mengoperasikan software seperti, Adobe Photoshop, Adobe XD, Adobe Ilustrator, Flash Player, dan lainnya.

Hubungan antara programmer dan designer dalam dunia kerja

programmer vs designer
Photo by fauxels from Pexels

Meskipun programmer dan designer memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda, 2 profesi ini tidak dapat pisahkan ketika merancang sebuah program seperti aplikasi maupun web.

Simak ulasan berikut ini yuk, tentang gambaran hubungan antara programmer dan designer yang tidak dapat dipisahkan! 

1. Berkolaborasi untuk menciptakan UI/UX pada program

Seorang programmer yang menciptakan sebuah program tidak akan lengkap jika tidak memiliki user interface (UI) dan user experience (UX) yang menarik.

Desainer akan bertanggung jawab untuk membuat setiap halaman pada program yang dibuat oleh seorang programmer lebih menarik dengan desain dan juga tidak menyulitkan pemakainya jika nanti program tersebut bisa dirilis untuk publik.

2. Menjalin komunikasi yang baik antara programmer dan designer

Nyatanya, selama berjalannya kolaborasi seorang programmer dan designer pasti mengalami kendala. Maka dari itu, solusinya adalah membangun komunikasi yang baik.

Mencari jalan keluar bersama, dan saling menghargai pendapat masing-masing, karena komunikasi selalu memegang kunci perihal lancar atau tidaknya suatu hubungan. Termasuk kamu, Sob! Tetap jalin hubungan yang baik dengan partner kerjamu dengan komunikasi yang baik ya! 

Itu dia ulasan mengenai perbedaan dan hubungan antara programmer vs designer yang sudah dirangkum oleh Jagoan Hosting.

So, menjadi seorang programmer atau designer tidak hanya hardskill yang harus kamu kuasai, tetapi juga softskill dalam sebuah tim.

Lalu jangan lupa sebagai seorang programmer kamu harus pintar memilih server terbaik dari Jagoan Hosting, tidak hanya itu, Jagoan Hosting juga memiliki layanan hosting rekomendasi untuk para designer yang membutuhkan website portofolio karya kamu. Jagoan Hosting siap menjadi pendukung nomor satu untuk menjadi seorang programmer dan designer expert! 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like