Cara Mudah Membuat Website yang Profesional (7 Langkah)

cara membuat website profesional

Website sudah menjadi kebutuhan individu atau perusahaan untuk berbagai tujuan. Mulai dari berbagi informasi hingga sebagai media promosi produk atau jasa. Lalu, bagaimana cara membuat website profesional?

Perlu diketahui, ada banyak sekali jenis website yang bisa kamu buat, seperti website personal branding, company, e-commerce, dan lain sebagainya.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat website profesional, simak langkah-langkahnya di bawah ini ya! Sebelum itu, ketahui dahulu tentang website berikut ini.

Pengertian Website

Website adalah kumpulan halaman web yang aksesnya melalui browser atau mesin pencari. Halaman website ini bisa berisikan informasi atau portofolio tertentu, di mana masyarakat bisa mengaksesnya dengan mudah.

Apalagi adanya smartphone canggih membuat masyarakat lebih gampang untuk mendapatkan informasi atau membeli barang melalui website. Oleh karena itu, memiliki website menjadi penting di era digital saat ini.

Cara membuat website profesional sebenarnya mudah, hanya butuh tiga unsur penting, yaitu hosting, domain, dan konten. Ketiga unsur ini saling berkaitan loh!

Hosting merupakan tempat penyedia database, sementara domain adalah ibarat kata sebagai sebuah merek website kamu. Sedangkan, konten merupakan isi dari website berupa teks, foto, video dan lain sebagainya.

Pembuatan sistem website sendiri membutuhkan sistem CMS seperti WordPress, Blogger, dan sebagainya. Nah, kali ini kami akan menjelaskan tentang pembuatan website dengan WordPress. Berikut panduannya.

Langkah Membuat Website yang Profesional

cara membuat website profesional

Seiring meningkatnya penggunaan browser, sehingga baik individu atau perusahaan perlu memiliki website profesional. Hal ini akan memudahkan untuk menjangkau masyarakat lebih luas dalam mendapatkan informasi.

Kali ini kami akan mencoba membantu kamu membuat website dengan WordPress. Mengapa WordPress? Karena WordPress sebagai platform yang mudah untuk pemula pahami. Adapun langkahnya sebagai berikut:

1. Tentukan Jenis Website

Sebelum membuat website, langkah pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah menentukan jenisnya. Ada berbagai jenis website yang bisa dibuat seperti website bisnis, website berita, dan sebagainya.

Perlu kamu ketahui, website profesional dianggap sebagai salah satu alat yang efektif untuk bisnis. Apalagi isi website selalu up to date akan membuat pengunjung betah berlama-lama untuk eksplore website kamu.

Cek Konten Lainnya:
Waspadai! Hosting Bermasalah Pertanda Kamu Harus Pindah Hosting

Jadi, tentukan dahulu jenisnya yang cocok sesuai dengan tujuan kamu membangun website. Agar nanti setelah jadi, kamu lebih mudah mengelola dan mengembangkan website menjadi situs web yang populer.

2. Pilih Domain Profesional

domain

Menentukan nama domain yang unik dan menarik adalah salah satu cara membuat website profesional dan kredibel. Domain adalah alamat web yang digunakan pengunjung untuk menemukan website kamu.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa membeli nama domain TLD di Domain Murah Jagoan Hosting dengan harga termurah. Ada berbagai pilihan domain TLD yang bisa kamu gunakan seperti .com, .net, .org, dan masih banyak lagi.

Namun, jika ingin memiliki jumlah lalu lintas yang baik di mesin pencarian Google, penting memiliki nama domain premium yang membuat website tampak profesional. Oleh karena itu, ikuti tips pilih nama domain dengan tepat.

3. Pilih Hosting yang Profesional

buat website pakai jagoan hosting

Setelah mendapatkan domain TLD, selanjutnya pilih hosting web profesional yang bisa kamu peroleh di Jagoan Hosting. Ada tiga layanan yang kami tawarkan, yaitu Shared Hosting, Dedicated Hosting, dan Cloud Hosting MixMatch.

Kelebihan hosting di Jagoan Hosting adalah kapasitas hosting tanpa batas yang mampu mengakomodir peluang tak terbatas, seperti unlimited inodes, bandwidth, unlimited addon, unlimited email, dan unlimited database.

Dengan memilih hosting yang tepat, kamu bisa lebih mudah masuk ke browser dengan alamat situs website kamu dengan menambahkan /wp-admin. Dengan begitu, ini akan memudahkan kamu untuk mengelola website.

4. Menentukan Sistem CMS

Content Management System atau CMS adalah software untuk membantu kamu mengelola dan memodifikasi konten tanpa pengetahuan teknis khusus. Ini adalah cara membuat website profesional dengan mudah.

Salah satu CMS populer saat ini adalah WordPress. CMS mampu menyimpan foto, video, dokumen, dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin membangun situs website profesional, maka pilih sistem CMS WordPress.

CMS menyediakan antarmuka yang aman dan ramah pengguna untuk mengelola konten, sekaligus meminimalisir risiko kode penting terhapus. Selain itu, CMS juga memudahkan kamu mengubah informasi pengguna.

5. Pilih Tema dan Desain Website

Setelah mendapat akses untuk login ke website, selanjutnya kamu bisa mengubah tampilan default dan pilih tema website. Silahkan kamu edit halaman website sesuai keinginan sehingga terlihat lebih profesional.

Jangan khawatir! Jika kamu belum memiliki budget, kamu bisa kok memakai tema gratis dengan desain yang fungsional. Tetapi, jika ingin terlihat lebih profesional, kamu bisa pilih tema premium yang memberi fleksibilitas.

Terpenting! Kamu pilih tema situs website yang sesuai dengan tujuan msmbangun website. Jika website kamu untuk jualan, pilihan tema toko online tersedia gratis dan berbayar. Pilih yang menurut kamu paling cocok!

Cek Konten Lainnya:
Inilah Pengertian Domain, Fungsi & Jenisnya

6. Optimasi Pengaturan Website

Selanjutnya cara membuat website profesional, yaitu optimasi pengaturan situs web kamu. Langkah ini terbilang cukup penting karena berkaitan dengan optimasi website agar mudah diakses oleh para pengunjung.

Adapun untuk optimasi website, kamu perlu mengatur desain, submit XML sitemap, memasang plugin SEO, mengubah struktur permalink, instal plugin backup data, konfigurasi Google Analytics dan Google Search Console.

Dengan mengatur komponen penunjang website, kamu nantinya akan lebih mudah dalam mengelola website. Apalagi saat ini sudah banyak situs web perusahaan yang lebih dulu eksis dalam mesin pencarian Google.

7. Isi Website dengan Konten

Langkah terakhir setelah mendapat domain dan hosting website dari Jagoan Hosting adalah mengisi website dengan konten yang menarik dan relevan.

Jika situs website kamu berjenis toko online atau layanan jasa, maka bisa isi konten yang berhubungan dengan produk dan jasa yang kamu jual. Hal ini sebagai upaya agar pengunjung bisa mendapat informasi tambahan.

Jika kamu tidak ada banyak waktu membuat konten, kamu bisa menyewa jasa penulis konten untuk website. Terpenting jangan biarkan website kosong tanpa informasi apapun yang kurang menarik bagi pengunjung.

Tips Cara Membuat Website Profesional Sendiri

tips membuat website profesional

Penting diketahui, bahwa memiliki website yang profesional tidak hanya sekedar update konten atau desain terlihat bagus saja. Namun, website memiliki navigasi yang mudah dan kecepatan akses yang optimal.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika membuat website agar pengunjung semakin betah dan nyaman. Apa saja? Berikut tips cara membuat website profesional lebih optimal, di antaranya:

1. Kecepatan Situs Sebagai Prioritas

Tidak bisa dipungkiri bahwa kecepatan website mempengaruhi terhadap kepuasan pengunjung dan pendapatan. Oleh karena itu, pastikan website yang kamu memiliki kemampuan akses pemuatan yang cepat.

Tak peduli seberapa profesional desain dan tampilan situs web. Jika pengunjung harus menunggu waktu akses lebih dari 6 detik, dipastikan pengunjung akan kabur dan memilih tidak melanjutkan buka website kamu.

Selain itu, waktu pemuatan yang lambat akan berdampak negatif pada peringkat pencarian Google. Hal ini tentu akan membuat situs web kamu tenggelam di peringkat lebih rendah dalam hasil mesin pencarian Google.

2. Buatlah Desain Mobile Friendly

Saat ini pengunjung situs web di dominasi oleh pengunjung yang berasal dari ponsel atau tablet. Bahkan traffic web seluler sudah melebihi desktop. Oleh karena itu, pengoptimalan mobile friendly untuk web mobile sangatlah penting.

Pengoptimalan web mobile berarti harus mengembangkan situs web agar responsif terhadap platform seluler, seperti tata letak dan desain harus menyesuaikan dengan ukuran layar ponsel dan mudah navigasinya.

Cek Konten Lainnya:
12+ Contoh Footer Website, Inspirasi Desain Unik dan Menarik

Menjadikan situs web seluler responsif adalah sesuatu hal yang perlu menjadi pertimbangan sejak awal. Jadi, sebaiknya kamu merancang situs web desktop yang juga bisa diakses melalui seluler dengan nyaman.

3. Homepage Minimalis dan Relevan

Jika ingin mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik, maka penting untuk membuat homepage minimalis dan tetap relevan. Dengan begitu, pengguna cepat mengerti dan mudah mengingat website kamu.

Oleh karena itu, cara membuat website profesional yang  optimal pastikan kamu sudah melalui tahapan User Experience (UX) yang sesuai target kamu. Buatlah website sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

Selain itu, buatlah homepage yang sederhana dan relevan agar pengunjung tidak bingung saat mengeksplor halaman situs web. Jika homepage terlalu berlebihan, hal ini membuat pengunjung merasa tidak nyaman.

4. Memanfaatkan Meta Tag Website

Meta Tag adalah elemen yang berhubungan dengan informasi Metadata laporan HTML. Artinya, sebagian informasi terdiri dari kata kunci, konten, deskripsi, dan informasi lainnya yang lebih relevan dengan website.

Selain Meta Tag, pemilihan font teks dan warna juga merupakan bagian penting dalam website. Pastikan kamu memilih ukuran teks dan warna yang sesuai untuk memaksimalkan tampilan di website profesional kamu.

5. Mengoptimalkan SEO on Page

SEO on Page adalah serangkaian cara untuk mengoptimalkan halaman web yang bertujuan meningkatkan peringkat dan relevansi hasil pencarian mesin telusur. Traffic web bisa kamu tingkatkan melakuk cara organik.

Fokus utama dari SEO on Page adalah mengoptimalkan elemen yang bisa kamu kendalikan langsung di halaman web, termasuk struktur konten, penggunaan kata kunci, tag HTML, optimasi gambar, dan sebagainya.

Perlu kamu ingat, bahwa strategi SEO on Page berdampak langsung pada konten dan tata letak situs web. Jadi akan lebih baik kamu rencanakan pembagian SEO sebelum fokus ke elemen lainnya di website.

Itulah beberapa tips cara cepat membuat website profesional untuk membangum halaman web yang optimal. Website kamu akan mudah masuk mesin pencarian dengan mengoptimalkan segala elemen yang ada di web.

pilih jagoan hosting

Jika kamu mencari hosting dan domain murah, kamu bisa pilih Jagoan Hosting. Hosting Indonesia yang paling kredibel dan bersertifikasi kelas dunia. Kami siap membantu kamu untuk membuat website sesuai kebutuhan.

Demikian panduan cara membuat website profesional yang bisa menjadi referensi. Pastikan kamu sudah memahami dan mengerti apa yang harus kamu persiapkan sebelum membuat website profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Pengertian PHP
Read More
Pengertian PHP, Fungsi, Syntax & Kelebihannya
Pengertian PHP PHP Adalah bahasa scripting server-side, Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs web statis atau situs web dinamis…
redirect 301
Read More
Apa itu Redirect 301? Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukan
Biasanya, alamat website harus dipindahkan ke alamat lain karena beberapa alasan. Nah, Redirect 301 adalah cara yang dilakukan…