Bahasa Pemrograman Termudah – Tidak bisa dipungkiri bahwa munculnya startup yang menjamur menyebabkan tingginya angka kebutuhan akan programmer. Tingginya gaji yang ditawarkan membuat orang banyak yang tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman.

Meski di antara bahasa pemrograman ada yang dapat dipelajari secara otodidak, namun juga masih banyak orang yang kesulitan untuk memulainya. 

Lalu, dari mana harus memulainya? Kamu bisa mempelajarinya dari yang termudah dan sederhana. 

Bagi kamu seorang pemula dalam pemrograman, kamu bisa memulai belajar pemrograman dengan JavaScript. Dimana JavaScript adalah bahasa pemrograman HTML dan web yang digunakan secara luas di website untuk antarmuka yang lebih baik serta respon yang cepat.

Apa itu JavaScript? Benarkah ini bahasa pemrograman termudah?

bahasa pemrograman termudah
Photo by Danny Meneses from Pexels

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam pengembangan website, game, aplikasi, dan lainnya. Bahkan perusahaan besar seperti LinkedIn, Facebook, dan Google juga telah menggunakan JavaScript.

Jika kamu menguasai bahasa pemrograman ini, kamu bisa membuat website dengan lebih menarik dan membuat pengunjung betah mampir ke website kamu. Bahkan, kamu juga bisa mengembangkan game berbasis web yang populer di kalangan anak muda dengan JavaScript. 

Bagaimana? Tertarik mempelajarinya?

Berdasarkan fakta, ada lebih dari 67% persen developer menggunakan JavaScript loh, Sob! Bahasa ini bisa membuat konten dinamis yang dimana konten tersebut dapat bergerak atau berubah di depan layar tanpa perlu mereload halaman. Misal, slideshow foto, pengisian polling, gambar animasi, dan lainnya.

JavaScript sendiri biasanya dikolaborasikan dengan HTML dan CSS. Dimana HTML digunakan sebagai pembuat struktur website dan CSS untuk merancang style halaman website. Sedangkan untuk JavaScript, berperan untuk menambahkan elemen interaktif untuk meningkatkan engagement pengguna.

Contohnya, ketika kamu memberikan like atau komentar di Twitter, kamu bisa melihat jumlah like dan komentar yang terus bertambah secara nyata, tanpa perlu mereload-nya.

Tempat belajar bahasa pemrograman termudah, JavaScript

bahasa pemrograman termudah
Photo by Christina Morillo from Pexels

Jika kamu seorang pemula dan ingin mempelajari JavaScript secara otodidak, tidak perlu khawatir! Ada banyak situs yang bisa kamu kunjungi untuk belajar bahasa pemrograman. Ini dia beberapa di antaranya.

1. Di Codecademy, kamu bisa belajar bahasa pemrograman termudah

Situs ini adalah tempat yang tepat bagi kamu si pemula yang ingin belajar membuat kode menggunakan JavaScript. Platform ini memiliki berbagai trek, termasuk trek JavaScript.

2. JavaScript Garden

Nilai plus yang ditawarkan situs ini adalah membahas kesalahan umum yang dilakukan oleh orang saat menulis kode JavaScript. Sehingga website ini sangat cocok untuk orang-orang yang sudah mempelajari dasar-dasar JavaScript dan pengembang yang sedikit lebih mahir dalam pengkodean. 

3. Mozilla Developer Network

Mozilla menyediakan kursus JavaScript gratis untuk berbagai tingkat kerumitan. Jadi, kamu bisa mengikuti kursusnya dari tingkat terendah dahulu sebagai seorang pemula. Dari dasar-dasar JavaScript, naik ke Beginner, Intermediate, hingga Advanced.

4. Udacity

Situs ini bisa kamu ikuti kapanpun dengan durasi belajar yang kamu inginkan. Kelasnya gratis, namun kamu perlu mengeluarkan biaya untuk sertifikasi Nanodegree dan program bimbingan belajar di situs Udacity.

5. W3Schools.com

Situs yang terakhir ini mungkin menjadi yang paling terkenal bagi pemula yang ingin mempelajari kode pemrograman. Terdapat tutorial, kuis, dan ujian online yang dilakukan via internet. 

Nah, dengan belajar JavaScript kamu bisa menerapkannya dengan membuat website atau blog sederhana menggunakan JavaScript! Dengan begitu kamu bisa memamerkan portofolio sebagai hasil kerja kamu ataupun sertifikat pelatihan yang selama ini kamu ikuti untuk mencoba melamar pekerjaan! 

Tapi kalau mau buat website, jangan asal-asalan ya, Sob! Kamu butuh hosting yang oke pastinya. Untuk solusi hosting dari website yang kamu buat, bisa nih mencoba berlangganan Cloud Hosting dari Jagoan Hosting supaya website kamu semakin keren dan terlihat profesional! Cloud Hosting ini sudah didukung oleh network, hardware, serta lapisan keamanan terkini yang super canggih. Membuat website kamu 5x lebih cepat dan stabil. 

Dan yang paling menarik, dengan Hosting Terbaik di Jagoan Hosting ini, kamu bisa atur sendiri Resources yang kamu butuhkan dengan paket Mix&Match. Yuk, cek penawaran lainnya di Jagoan Hosting!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like