Bagi para developer atau programmer yang sedang mengembangkan perangkat lunak pasti sudah mengenal istilah agile project management. Lantas, apa pengertian dari agile project management itu sendiri?

Agile adalah sebuah metodologi dalam pengembangan software dengan proses-proses kecil yang berulang-ulang atau yang sering disebut dengan iterasi. 

Dalam proses pengembangan perangkat lunak inilah terdapat proses yang dikenal dengan agile project management. Metode ini sudah diperkenalkan pada tahun 2001 oleh sekelompok orang dalam komunitas developer yang dikembangkan untuk memperbarui dan dipercaya bisa mempercepat proses pengembangan suatu produk.

Bagi kamu yang berencana untuk memulai karir dalam bidang pengembangan perangkat lunak, kamu wajib mengetahui keunggulan metode ini dalam mengembangkan perangkat lunak yang akan dijelaskan secara lengkap oleh Jagoan Hosting di bawah ini. 

1. Agile project management fokus kepada pengguna

agile project management
Photo by Taras Shypka on Unsplash

Keunggulan metode ini fokus pada kebutuhan user atau pengguna. Pengguna bisa memberikan umpan balik yang diberikan untuk menjadi perbaikan atau pengembangan secara tepat dalam kurun waktu yang singkat.

Selain itu, dengan metode ini, lebih responsif terhadap permintaan pengembangan fitur perangkat lunak yang akan digunakan oleh pengguna. 

2. Pekerjaan proyek dapat dipecah menjadi unit kerja sesuai tim 

Dengan menerapkan metode ini, pekerjaan proyek juga dapat dipecah atau dibagi-bagi dalam unit yang lebih kecil.

Dengan cara ini, pengerjaan juga lebih rapi dan sistematis. Hasil koordinasi pada tim internal dan antar tim akan lebih baik, selain itu pekerjaan dapat diselesaikan dengan tepat waktu. 

3. Interaksi antara developer dan klien lebih intens 

Pada poin pertama sudah disebutkan bahwa agile project management lebih berfokus pada kebutuhan user atau klien. Menerapkan prinsip kerja metode yang satu ini bisa memberikan peluang besar untuk klien bisa terlibat dalam segala proses pengerjaan proyek.

Sehingga, dengan begitu dalam proyek akan menghasilkan juga komunikasi aktif antara klien dan developer. Dengan menerapkannya juga memberikan peluang bagi developer untuk memahami kebutuhan klien lebih dalam. 

4. Dengan agile project management, proyek bisa selesai tepat waktu bahkan lebih cepat 

agile project management
Photo by Brad Neathery on Unsplash

Dengan pembagian kerja menjadi unit yang lebih kecil dan berkoordinasi antar tim, maka akan memungkinkan untuk mengerjakan proyek selesai tepat waktu atau lebih cepat.

Hal tersebut karena menerapkan metode yang satu ini akan membuat proyek berjalan sesuai dengan struktur, secara iteratif, inkremental, lebih cepat dan lebih produktif. 

5. Hasil proyek yang berkualitas 

Dengan menerapkan agile project management dan pembagian tugas antar tim, maka akan memungkinkan beberapa tim untuk lebih fokus dalam pengembangan, pengujian, dan kolaborasi dengan kualitas tinggi. 

Selain itu, kualitas proyek juga dapat terus diperbaiki seiring dengan komunikasi dan masukan dari klien. Kesimpulannya, dengan menerapkan metode ini akan memberikan kesempatan bagi developer untuk semaksimal mungkin memberikan hasil yang terbaik. 

Itu dia manfaat menerapkan agile project management. Buat kamu yang tertarik untuk menaiki tangga karir menjadi seorang developer, ada baiknya mulai dari sekarang memahami dan menerapkannya, ya!

Apalagi jika kamu bekerja untuk memenuhi kebutuhan klien dalam mengembangkan perangkat lunak, maka penting untuk membentuk koordinasi antar tim yang solid, dan komunikasi dengan klien berjalan aktif. 

Jika kamu tertarik untuk menerapkannya, kamu bisa memulainya dengan Jagoan Hosting lho!

Hal ini karena layanan-layanan Jagoan Hosting memiliki fitur yang fokus kepada pelanggan, dari segi harga yang terjangkau serta performa yang didukung dengan memakai processor terbaik saat ini. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dan  kamu bisa menerapkan agile project management yang fokus kepada kebutuhan klien serta tim selanjutnya.

Jadi, sebagai developer kamu tidak perlu ragu dengan paket dan layanan hosting terbaik Jagoan Hosting, kamu bisa memberikan hasil yang terbaik kepada klien dengan membangun tim internal yang solid juga. 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like