Project Management vs Product Management, Apa Bedanya?

project management vs product management
Photo by airfocus on Unsplash

Project Management vs Product Management – Di dalam sebuah perusahaan, terdapat berbagai macam jabatan yang mempunyai job desc-nya masing-masing. Mulai dari divisi pemasaran, personalia, hingga produksi, semuanya mempunyai peranan penting untuk menjadikan perusahaan tersebut tetap berjalan sesuai rencana. Namun, ternyata, masih ada nih beberapa bidang pekerjaan yang dianggap sama, padahal sebenarnya berbeda loh, Sob!

Yaps, betul! Mungkin di antara kamu masih sering bingung ya membedakan antara project management dan product management. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang melakukan penggabungan dua pekerjaan tersebut pada satu orang. 

Sebenarnya, apa sih perbedaan antara keduanya dan mana yang lebih memberikan pengaruh besar pada semua project pekerjaan?

Tugas Utama Project Manager

Secara umum, seorang project manager mempunyai job desc untuk mengatur sebuah proyek di dalam perusahaan.

Peran project manager adalah menentukan kapan waktu yang ideal untuk mengerjakan dan menetapkan cara terbaik supaya proyek tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, tugas seorang project manager juga harus dapat menentukan berapa budget untuk menyelesaikan proyek hingga menentukan lamanya pengerjaan supaya dapat terselesaikan secara tepat waktu.

Tidak heran jika kemampuan utama untuk menjadi seorang project manager adalah kepemimpinan yang baik.

Tugas Utama Product Manager

project management vs product management
Photo by Christin Hume on Unsplash

Menjadi seorang product manager berarti mempunyai kewenangan untuk fokus terhadap proses pengerjaan barang atau jasa yang akan dan sedang dikerjakan. Tujuannya adalah untuk memastikan jika barang tersebut sudah dirilis, dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat luas dan mampu mencapai target yang diinginkan perusahaan.

Job desc seorang product manager juga nggak kalah kompleks dibandingkan dengan project manager!

Dalam proses pengerjaannya, product manager berperan dalam proses pembuatan barang, mulai dari proses mencari referensi, ide, hingga fungsi yang ditawarkan ketika proyek mulai dipasarkan.

Cek Konten Lainnya:
Tak Cukup Skill Public Speaking Saja, Pitchdeck Jadi Sarana untuk Menceritakan Solusi Startupmu

Kemampuan utama yang harus dimiliki sebagai product manager adalah analisis dan riset. Dengan mempunyai dua kemampuan ini, seorang product manager akan memahami apakah produk yang sedang direncanakan memang dibutuhkan dan memenuhi keinginan banyak orang, serta melakukan perbaikan jika dirasa dibutuhkan penambahan fungsinya.

Project Management vs Product Management

Setelah kamu mengetahui perbedaan antara project management dan product management, apakah salah satu di antaranya lebih unggul?

Jawabannya adalah tidak!

Hal ini dikarenakan, baik project atau product management mempunyai kapasitas dan ruang lingkup pekerjaan yang berbeda, akan tetapi saling terkait satu sama lain, sehingga dibutuhkan kerja sama supaya proyek yang dikerjakan sesuai dengan target.

Dari segi komunikasi, seorang project manager akan lebih fokus untuk memberikan informasi terkait proyek yang sedang dikerjakan kepada tim internal. Sedangkan seorang product manager melakukan komunikasi dengan pihak stakeholder (misalnya saja seperti investor, pelanggan, hingga para pekerja).

Intinya, project manager bertanggung jawab dalam proses pelaksanaan proyek, sedangkan product manager bertanggung jawab terhadap kualitas produk dan jasa yang dikerjakan. Jadi, kamu sudah bisa membedakan antara project management dan product management kan, Sob? 

Jagoan Hosting menyediakan layanan server terbaik yang bernama VPS X yang bisa project management atau product management andalkan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan, mulai dari learning management hingga manajemen bisnis, semuanya dapat kamu lakukan dengan VPS terbaik dari Jagoan Hosting yang satu ini.

Dengan mengandalkan best server technology seperti AMD EPYC dan Intel Xeon Silver, menjadikan kinerjanya jauh lebih baik, meskipun pekerjaan yang dilakukan dalam taraf yang kompleks. Jadi, kalau kamu membutuhkan rekomendasi server terbaik dari Jagoan Hosting, bisa langsung klik di sini untuk mendapatkan informasi yang lebih detail.

Cek Konten Lainnya:
7 Keinginan Pelanggan yang WAJIB Diketahui Pengusaha

-->
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Infografis tipe personaliti
Read More
Infografis: Ketahui Cara Penting Memilih Bisnis Terbaik Yang Cocok Dengan Tipe Kepribadian Anda
Beberapa tahun terakhir ini, virus entrepreneur mulai merebah, seolah-olah berbisnis itu mudah. Namun kenyataannya tidak sesederhana itu. Menjalankan…
Bisnis di Era Millennial
Read More
Tips Membuat Campaign Di Era Millennial
Era milenial adalah era dimana semua informasi dapat dengan mudah tersampaikan. Era dimana semua orang bisa saling terhubung…