Project management memang menggiurkan. Siapa yang mau memegang tugas ini? Sayangnya, tugas yang diemban nggak sesederhana yang kita lihat. Untuk bisa menjadi project manager yang handal, kamu perlu punya skill project management yang oke. Kenapa? Karena tugas ini meliputi rangkaian tugas manajerial yang kompleks. Mulai dari inisiasi, perencanaan, eksekusi, bahkan evaluasi.

Nah, buat Sobat Jagoan Hosting yang mau mencoba peruntungan berkarier di bidang ini, ada baiknya kamu menguasai sembilan skill project management ini!

skill project management
gambar dari unsplash

Komunikasi

Pekerjaan apa sih yang nggak butuh komunikasi? Semua pekerjaan pasti membutuhkan skill alias keterampilan yang satu ini. Apalagi kalau pekerjaan kamu berkaitan dengan orang lain. Sudah pasti kamu perlu memiliki keterampilan komunikasi yang mumpuni. Bukan hanya secara lisan, tapi juga tulisan.

Sebagai project manager, kamu akan bertanggung jawab untuk mengelola tim. Mengelola manusia bukan hal yang mudah. Kamu wajib tau cara berkomunikasi yang tepat di dalam tim.

Leadership

Namanya juga manajer, sudah pasti kamu akan memimpin sebuah tim. Entah tim dalam skala kecil atau besar. Tentu saja butuh keterampilan untuk bisa memimpin tim. Nggak semua orang bisa jadi leader. Hanya mereka yang punya skill leadership yang bisa memimpin timnya dengan baik. Pastikan kamu punya keterampilan leadership yang oke agar bisa dipercaya sebagai team leader alias project manager.

Berpikir kritis

Kemampuan berpikir kritis bukan cuma dibutuhkan oleh para akademisi. Sebagai orang yang ada di balik kemajuan teknologi, kita juga wajib menguasai keterampilan ini. Nggak ada salahnya untuk terus mempertajam keterampilan berpikir kritis kita, Sob.

Negosiasi

Sebagai project manager, nantinya kamu akan menjadi pihak yang menghubungkan atasan dan tim kamu. Kamu akan menjadi pihak yang menjadi perantara dari satu pihak ke pihak lainnya. Butuh kemampuan untuk melakukan negosiasi yang handal untuk bisa mendapatkan win-win solution.

Manajemen tugas (Tax management)

Namanya juga project manager, kamu pasti bertanggung jawab untuk mengelola proyek yang dijalankan. Bukan hanya mengelola orangnya, tapi juga tugas-tugasnya. Kamu akan bertanggung jawab untuk membagi tugas dan memastikan semua prosesnya berjalan sebagaimana mestinya.

Manajemen kualitas (Quality management)

Setelah berhasil mengelola tim serta prosesnya, kamu juga perlu memastikan kualitas dari pengerjaan proyek tersebut. Kamu perlu menjamin apakah tim kamu benar-benar handal dan mampu melakukan proses sebagaimana mestinya. Kenapa? Agar kamu juga bisa menjamin kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

Manajemen biaya (Cost management)

Kamu nggak berpikir kalau project management cuma meliputi proses dan orangnya kan? Manajemen ini juga meliputi pengelolaan biaya yang digunakan. Nggak harus jadi lulusan keuangan, tapi kamu wajib punya keterampilan finansial untuk mengelola ini.

Contohnya dalam pemilihan layanan hosting apa yang akan digunakan dalam proyekmu. Kamu perlu skill yang oke agar menemukan layanan dengan performa dan harga terbaik. Kalau yang ini sudah jelas jawabannya adalah layanan dari Jagoan Hosting, best price with performance server!

Manajemen risiko (Risk management)

Setiap hal pasti punya risiko. Nggak satupun pekerjaan dan proyek yang nggak berisiko. Ada yang berani mengerjakan sesuatu tapi nggak berani bertanggung jawab dengan risikonya. Ada yang menolak mengerjakan proyek tertentu karena takut dengan risikonya.

Sebagai project manager, kamu perlu punya kemampuan analisis risiko yang baik. Dengan keterampilan ini kamu bisa memperkirakan apakah risiko yang ada bisa diantisipasi dan ditangani atau malah terlalu besar sehingga lebih baik mencari alternatif lainnya.

Kamu bisa mendapatkan informasi seputar bisnis dan teknologi seperti ini di blog Jagoan Hosting. Kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi layanan terbaik mulai dari rekomendasi Cloud Hosting Terbaik dan rekomendasi VPS Terbaik yang mungkin akan kamu butuhkan di project management kamu. Jagoan Hosting, Best Price per Performance Center.

Tech Savvy

Tech savvy, kalimat edgy yang lagi hype banget! Apa itu tech savvy? Ini adalah julukan untuk orang yang ahli di bidang teknologi. Saat ini hampir semua hal dilakukan dengan teknologi. Proses digitalisasi dan otomasi semakin banyak dilakukan. Makanya, menjadi seorang tech savvy menjadi salah satu skill project management yang penting di industri saat ini.

Itu dia sembilan skill project management yang wajib kamu kuasai. Skill mana aja yang sudah kamu kuasai, Sob? Semangat terus untuk mengembangkan skill kamu, ya!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like