Contoh digitalisasi bisnis – Sob, teknologi digital saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi manajemen sebuah bisnis. Adanya digitalisasi bisnis bisa meringankan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Tentu saja, jadinya banyak banget keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Misalnya saja, pengumpulan data yang lebih terorganisir dan cepat, serta meningkatkan produktivitas karyawan. Nah, buat kamu yang baru tertarik memulai digitalisasi bisnis di kantormu, coba deh praktikkan beberapa contoh digitalisasi bisnis berikut ini ya, Sob.

digitalisasi bisnis
gambar dari unsplash

Penggunaan HRM (Human Resource Management)

SDM adalah aset yang berharga dalam sebuah perusahaan, Sob. Tanpa adanya karyawan, perusahaan gak akan bisa berjalan dengan semestinya. Ya, mau secanggih apapun teknologi yang dijalankan, tanpa manusia semua teknologi tersebut gak bisa berjalan. Makanya, dalam sebuah perusahaan penting banget loh menggunakan sistem HRM yang bisa memantau dan mendata perkembangan karyawan selama ngantor. Jadi, atasan bisa langsung tahu progress karyawannya lewat penyajian data grafik.

Atur Hubungan Relasi dengan Klien

CRM (Customer relationship management) adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengontrol hubungan perusahaan dengan klien. Tim sales perusahaan bisa loh memberikan treatment yang sesuai untuk tiap klien. Iya dong, soalnya CRM bisa bantu kamu ngedata daftar klien sejak pertama kali bisnis berdiri sampai sekarang. Sehingga meningkatkan rasio retensi dan mengoptimalkan hubungan kamu dengan klien deh, Sob.

Update Informasi Bisa Secara Online

Sob, digitalisasi bisnis selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah penyampaian informasi melalui website. Kalau kamu punya website perusahaan, jangan dibiarkan nganggur gitu aja ya. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengupdate informasi terbaru perusahaan. Misalnya saja seperti kegiatan dan berita terbaru, atau pelanggan bisa isi form support yang ada di website jika ada keluhan. Nah, agar website bisa berjalan secara maksimal, gunakan hosting yang memang sudah terjamin kualitasnya. Misalnya saja, Cloud Hosting Indonesia punyanya Jagoan Hosting yang membuat website jadi lebih cepat dan aman.

Penggunaan Sosial Media Sebagai Media Promosi

Sob, sekarang tuh udah gak zaman lagi beriklan lewat media cetak atau sebar brosur sebanyak mungkin. Keberadaan sosial media saat ini, memungkinkan kamu buat mempromosikan bisnis loh. Lewat sosial media, kamu jadi bisa beriklan sebebas mungkin. Gak perlu ribet lagi print out, iklan kamu bisa ditonton oleh jutaan orang. Selain itu, kamu juga bisa mengukur demografi dari produk yang akmu pasarkan lewat sosial media. Jadi, data ini bisa kamu gunakan untuk strategi bisnis selanjutnya.

Adaptasi Pembayaran Secara Digital

Cara digitalisasi bisnis terakhir yang bisa kamu terapkan adalah kamu bisa menggunakan pembayaran digital yang jauh lebih praktis. Pembeli jadi bisa bayar tanpa perlu keluar, bisa langsung di tempat. Terus juga, sistem ini bisa melakukan pencatatan otomatis sesuai nominal dan nomor SKU. Kamu jadi bisa dapat laporan jual beli yang lebih teratur untuk bisnis. Kamu langsung download datanya aja loh, Sob.

Digitalisasi bisnis adalah kunci utama yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan perusahaan di tengah gempuran teknologi, Sob. Mulai dari sekarang, cobalah untuk mencari momentum yang tepat untuk merubah konsep bisnis yang tadinya tradisional menjadi digital ya. 

Dengan digitalisasi bisnis, daya saing kamu jadi meningkat deh diantara kompetitor lain. Performa yang dihasilkan juga jadi maksimal deh. Nah, prinsip ini tuh sama Sob, ketika kamu menggunakan Mix & Match dari Jagoan Hosting. Harganya minimal, tapi hasilnya wow banget loh. Resource bisa disesuaikan sama kebutuhan, udah gitu kualitasnya tetap terjamin.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like