Apa Saja Jenis-Jenis Iklan? Yuk, Lihat Contohnya di Sini!

karyawan berdiskusi di kantor

Jika kamu sedang menggeluti atau ingin memulai bisnis online maupun offline, marketing merupakan hal penting yang dilakukan. Salah satu langkah marketing adalah dengan membuat iklan. Nah, tahukah kamu bahwa jenis-jenis iklan ada banyak?

Kamu bisa menyesuaikan iklan yang paling cocok dengan kategori bisnis dan target pasarmu. Jenis iklan sendiri dibedakan berdasarkan isi, media, dan tujuannya. Namun, apa fungsi iklan sebenarnya? Agar lebih memahaminya, yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Iklan?

Secara sederhana, iklan adalah sebuah bentuk pesan yang digunakan untuk strategi promosi bisnis suatu produk atau jasa. Iklan juga biasanya menggunakan media tertentu tergantung dengan target pasar yang ingin ditujunya. 

Iklan dibuat dengan tujuan agar para audiens tertarik dan mendorong mereka untuk membeli dan menggunakan produk yang dipasarkan. Salah satu faktor keberhasilan dari sebuah iklan yaitu metode atau jenis-jenis iklan yang digunakan. 

Itulah kenapa iklan harus mengandung unsur-unsur yang menarik, informatif, serta berisikan kata-kata jelas agar audiens paham dengan isinya. Maka dari itu, sebelum mengiklankan sebuah produk, kamu perlu mengetahui lebih dalam tentang jenis-jenis iklan.

Tujuan Iklan

Adapun beberapa tujuan iklan adalah sebagai berikut:

1. Mempromosikan Sebuah Produk

Mempromosikan sebuah produk adalah tujuan utama dari adanya iklan. Melalui iklan, perusahaan sedang mencoba untuk membiasakan para konsumen dengan produk yang dipasarkan. 

Cek Konten Lainnya:
26+ Template & Tema Toko Online untuk WordPress Gratis

Adapun contohnya seperti ketika perusahaan menciptakan sebuah produk makanan, maka mereka akan langsung mengiklankannya di televisi, radio, bahkan majalah. Dengan begitu, perusahaan berharap produk yang diiklankan akan dikenal dan dibeli oleh konsumen.

2. Menyampaikan Informasi

Tujuan pembuatan iklan yang kedua yaitu untuk menyampaikan informasi. Secara sederhana, iklan adalah sebuah aktivitas yang berisi penjelasan mengenai suatu produk.

Melalui iklan, diharapkan akan adanya kesadaran produk, layanan, merek, atau ide. Contohnya yaitu seperti penjelasan informasi tentang ciri-ciri produk dan jasa suatu produk.

3. Membujuk Konsumen

Dibuatnya iklan diharapkan dapat membujuk konsumen. Artinya, iklan ditujukan guna merayu para konsumen agar mereka mau membeli dan menggunakan produk tersebut.

Di samping itu, iklan juga berfungsi untuk meyakinkan para pelanggan sehingga isi informasi iklan haruslah menarik. 

Apabila seorang konsumen sudah mengganti barang ke merek yang ada di dalam iklan tersebut, maka bisa dikatakan mereka sudah terbujuk dengan iklannya. Selain itu, merekomendasikan ke orang lain juga termasuk dari kesuksesan iklan.

4. Menciptakan Awareness

Tujuan selanjutnya dari iklan adalah untuk membangun awareness atau kesadaran terkait produk. Selain itu, iklan dibuat untuk memberikan informasi tentang ketersediaan dari produk kepada masyarakat.

Apabila suatu produk baru masuk ke dalam pasar, maka hal tersebut tentunya masih sangat sulit untuk dikenali oleh para konsumen. Beda cerita apabila produk tersebut disebarluaskan sehingga masyarakat menjadi aware dengan produk tersebut.

5. Menghasilkan Penjualan Langsung

Tujuan iklan yang terakhir adalah untuk menghasilkan penjualan langsung. Iklan diciptakan agar konsumen tertarik dan memesan produk yang sedang dipasarkan, contohnya seperti di dalam situs jual beli online.

Agar para konsumen yakin dengan suatu produk, maka pihak perusahaan harus membuat iklan sedemikian rupa. Hal tersebut tentunya akan membuat konsumen menjadi lebih mantap untuk memilih produk.

Cek Konten Lainnya:
Jadi Paling Pesat di ASEAN, Bagaimana Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia?

Baca juga: Cara Membuat Halaman Produk Terbaik untuk Memaksimal Konversi

Jenis-jenis Iklan

Adapun jenis-jenis iklan yang wajib kamu tahu adalah seperti berikut:

1. Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Jenis-jenis iklan berdasarkan isinya dibagi menjadi empat, yaitu:

Iklan Penawaran

Iklan ini memiliki tujuan untuk menawarkan barang atau jasa ke masyarakat luas. Dengan begitu, diharapkan mereka akan tertarik dan membelinya. Contohnya yaitu seperti jasa ojek online, jasa konsultan, dan lainnya.

Iklan Layanan Masyarakat

Seperti namanya, iklan ini berasal dari suatu lembaga atau komunitas yang bertujuan untuk memberikan edukasi ke masyarakat tentang suatu hal. Adapun contohnya seperti iklan bahaya narkoba, bayar pajak, dan lainnya. 

Pengumuman

Selanjutnya ada pengumuman. Jenis iklan ini biasanya berisi imbauan yang ditujukan ke masyarakat dan bersifat mengajak. Contohnya, iklan event, lomba, dan masih banyak lagi. 

Permintaan 

Jenis terakhir ini biasanya dibuat karena permintaan pribadi, lembaga, atau instansi yang ingin informasinya diketahui oleh banyak orang. Adapun contohnya seperti iklan lowongan pekerjaan.

2. Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Adapun jenis-jenis iklan berdasarkan medianya yaitu:

Elektronik

Iklan yang dipasarkan di media elektronik biasanya berfokus pada audio dan juga visual. Misalnya, iklan di radio dan televisi. 

Media cetak

Selanjutnya media cetak. Biasanya jenis iklan yang menggunakan media ini akan dicetak terlebih dahulu, lalu disebarluaskan ke masyarakat. Adapun contohnya, seperti koran, selebaran, brosur, majalah, dan lainnya.

Baca juga: 5 Aplikasi Untuk Membuat Logo Terbaik di Android dan PC

3. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Berikut adalah jenis-jenis iklan berdasarkan tujuannya:

Iklan Komersial

Jenis iklan ini biasanya dibuat guna meningkatkan penjualan sehingga bisa meraih keuntungan dari aktivitas tersebut alias profit-oriented. Adapun contohnya seperti iklan minuman, makanan, dan masih banyak lagi. 

Cek Konten Lainnya:
5 Langkah Bisnis Ecommerce kamu dengan Mudah

Iklan Non-Komersial

Berbeda dengan iklan komersial, biasanya jenis ini berfokus pada informasi yang diberikan ke masyarakat alias non-profit oriented. Adapun contohnya yaitu seperti iklan menjaga kesehatan saat pandemi.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis iklan, mulai dari isinya, medianya hingga tujuannya Sob. Nah, setelah memahaminya, waktunya kamu memilih jenis iklan paling cocok dengan bisnis yang akan atau sedang kamu jalankan.

Berikut ada iklan dari Jagoan Hosting, jika kamu masih bingung mencari Hosting untuk website kamu. Percayakan saja ke Jagoan Hosting, dengan Hosting Murah mulai 9.000/bulan, kamu sudah bisa mendapatkan dengan gratis domain dan ssl. Resources yang tak terbatas pun juga untukmu. Buruan ke Jagoan Hosting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Membangun Brand Loyalty
Read More
Pengertian Brand Loyalty dan Cara Cepat Membangunnya
Brand loyalty adalah pencapaian yang diinginkan oleh semua perusahaan. Dibandingkan dengan brand engagement, awareness maupun personal branding, maka…
Read More
Manajemen Komunikasi & Publik Relasi dalam Online Store Anda
Beberapa dari kalian mungkin sering mendengar tentang manajemen komunikasi, publik relasi, customer service dan hal hal yang kalian…