Harga Domain Naik – Bagi peselancar internet sudah pasti tidak asing lagi dengan alamat website yang berakhir .com, .net, .co.id. Apalagi di era serba digital seperti ini.

Tentunya domain mempunyai banyak kegunaan, khususnya dalam bisnis online. Sehingga memiliki domain menjadi suatu keharusan bagi pemilik bisnis.

Namun, tahukah kamu? Bahwa organisasi yang mengawasi nama domain seperti, ICANN telah mengumumkan tentang rencananya untuk menaikkan harga domain .COM. Perubahan ini merupakan perubahan yang signifikan dilakukan oleh ICANN yang memiliki kontrak dengan VeriSign, badan yang mengoperasikan domain tingkat atas .COM (TLD). 

Hal tersebut berhubungan juga dengan keputusan VeriSign menaikkan biaya registrasi domain internet yang berakhiran .COM per September 2021. Kenaikan ini akan menjadi yang kedua kali sejak perusahaan bergerak dalam bidang keamanan di jaringan online sejak tahun 2006. 

Lalu, apa artinya dengan kenaikan .COM?

VeriSign akan menaikkan harga grosir ke pendaftar untuk domain .COM setiap tahunnya selama 8 dari 10 tahun mendatang. Hal yang perlu digaris bawahi juga bahwa kenaikan tidak berhenti disitu, karena kenaikan .COM ini bisa lebih tinggi 70% dari biasanya!

Pada akhirnya domain .COM menjadi lebih mahal untuk semua orang. 

Harga domain naik, apa alasan VeriSign?

harga domain naik
Photo by Lee Campbell on Unsplash

VeriSign beralasan kenaikan ini harus dilakukan seiring dengan semakin tingginya volume traffic akibat beragam layanan, perangkat yang bisa mengakses internet dan konten yang terhubung ke domain. VeriSign juga memberikan pernyataan bahwa setiap VeriSign dapat memproses hingga lebih dari 33 miliar permintaan antrian DNS. 

Selain itu kenaikan ini juga karena VeriSign memiliki tujuan untuk membangun fasilitas keamanan yang lebih baik untuk memantau, mengidentifikasi, melacak dan mengisolasi traffic mencurigakan yang bisa merusak. Hal tersebut karena percobaan hacker ke domain .COM semakin hari semakin banyak dan semakin canggih. 

Usaha dan rencana ini lah yang melatarbelakangi VeriSign menaikkan harga domain hingga selangit sebagai dana untuk membiayai kapasitas internet globalnya. Kapasitas ini meliputi, permintaan antrian DNS akan ditingkatkan dari 400 miliar sehari menjadi 4 triliun, kemudian meningkatkan bandwidth di seluruh dunia dari 20 Gbps menjadi 200 Gbps.

Harga domain naik, apa dampak dari keputusan VeriSign ini?

Keputusan-keputusan ini tentunya akan mempengaruhi internet untuk tahun-tahun mendatang. Bahkan perubahan ini bisa saja menjadi belenggu untuk membuat bisnis onlinemu berkembang.

Bagaimana tidak, kamu membutuhkan domain untuk meningkatkan kepercayaan terhadap pelanggan. Ibarat sebuah toko, domain adalah alamat toko yang membunyai banyak keuntungan dan kegunaan untuk menarik pelanggan dan juga mempermudah mobilitas bisnis onlinemu. 

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk membantumu mengatasi ini? 

harga domain naik
Photo by Carlos Muza on Unsplash

Sebagai pemilik bisnis, tidak hanya memiliki namun juga memperhatikan domain. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli domain, sebaiknya kamu juga memperhatikan budget yang sesuai dengan bisnismu. 

Nah, dengan adanya kabar ini kamu tidak perlu khawatir karena dengan Jagoan Hosting kamu bisa mengatasi keputusan dari VeriSign yang akan menaikkan harga domain per September 2021. Kamu bisa memilih domain dari Jagoan Hosting!

Domain .COM di Jagoan Hosting kamu hanya perlu mengeluarkan biaya IDR123.000. Tentunya harga ini sangat terjangkau dengan fasilitas yang tidak kalah memukau.

Selain itu kamu juga bisa memilih alternatif lain untuk mendapatkan GRATIS .COM, dengan transfer domain dan menggunakan hosting terbaik dari Jagoan Hosting dengan memilih paket Mix & Match minimal 1 tahun.

Jadi, tunggu apalagi sebelum keputusan ini berlaku di bulan September 2021, ada baiknya kamu segera memutuskan untuk mengamankan domain pilihanmu dari Jagoan Hosting! 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like