Menjadi seorang freelancer memang bukan pekerjaan yang mudah. Kamu perlu memikat klien-klien agar terus menggunakan jasa yang kamu tawarkan. Nggak cukup sampai di situ, semakin banyak klien yang mengenal jasa kamu maka semakin bagus perkembangan pekerjaan freelance yang kamu lakukan. Salah satu cara agar kamu bisa mendapatkan banyak klien adalah dengan memasarkan atau menawarkan jasa freelance. Cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengenalkan jasa kamu kepada orang-orang terdekat seperti teman atau kenalan lainnya. Cara profesional yang juga murah untuk menawarkan jasa freelance kamu orang lain adalah belajar Instagram marketing.

Kenapa belajar Instagram marketing disebut cara profesional yang murah? Karena cara ini adalah cara yang juga banyak digunakan oleh pebisnis-pebisnis handal. Instagram marketing sudah menjadi alternatif digital marketing yang menjanjikan di tengah tingginya penggunaan media sosial Instagram. Namun, kamu nggak perlu khawatir, Sob! Cara profesional yang satu ini tidak memerlukan biaya yang menguras kantong, kok. Biaya yang dibutuhkan masih bisa ditanggung oleh freelancer pemula hingga freelancer profesional.

ayo belajar instagram marketing
gambar dari unsplash

Membuat akun Instagram bisnis

Langkah pertama untuk belajar Instagram marketing adalah membuat akun Instagram bisnis. Kamu akan memerlukan akun Instagram yang khusus untuk bisnis, bukan akun Instagram pribadi seperti yang biasa kamu gunakan sehari-hari. Oke, kita mulai belajar Instagram marketing dari sini:

  1. Buatlah akun Instagram bisnis

Cara membuat akun Instagram bisnis sama dengan cara membuat akun Instagram biasa. Kamu bisa melakukan proses sign up dengan memasukkan data diri, email dan kata sandi. Setelah akun berhasil dibuat, pergi ke bagian pengaturan dan klik menu “Switch to Business Account”. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan beberapa informasi seperti nomor telepon bisnis.

  1. Atur username atau nama pengguna akun bisnis kamu. Pastikan kamu menggunakan nama pengguna yang sesuai dengan brand atau jasa yang kamu tawarkan. Contoh nama pengguna yang baik adalah @terjemahdarilily untuk freelancer bernama Lily dengan jasa yang ditawarkan adalah jasa penerjemah. Contoh lainnya adalah @tulisanrangga untuk writer freelance bernama Rangga. Kamu perlu memasukkan jenis jasa dan nama kamu agar orang-orang bisa lebih mengerti bahwa akun tersebut adalah akun seorang freelancer di bidang apa. Akun ini juga bisa menjadi portofolio kamu, Sob.
  2. Gunakan foto profil yang merepresentasikan jasa freelance kamu.

Tools pada Instagram bisnis

Setelah memiliki akun Instagram bisnis, kita lanjut belajar tentang Instagram marketing berikutnya. Hal dasar dari Instagram marketing adalah dua tools ini, insights dan promote. Tools insight adalah tools yang bisa kamu gunakan untuk melihat informasi-informasi penting tentang akun bisnis kamu. Dari tool ini, kamu bisa melihat jangkauan dan engagement masing-masing unggahan. Kamu juga bisa mengetahui beberapa informasi demografis para audience. Tool promote adalah fasilitas dari Instagram untuk mengiklankan unggahan kamu. Meskipun terlihat sederhana, iklan di Instagram memiliki pengaruh yang cukup besar, lho. Kamu juga bisa membidik kalangan tertentu sebagai target audience iklan kamu. Target kalangan bisa kamu ambil berdasarkan hasil analisis dari insights.

Tips dan trik belajar Instagram marketing

Ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba terapkan dalam Instagram marketing.

  1. Unggah postingan yang sesuai target pasar
  2. Gunakan visualisasi yang menarik
  3. Terapkan teknik penulisan caption yang memikat
  4. Pilih hashtag yang sesuai
  5. Perkuat Instagram presence kamu
  6. Manfaatkan IG Story

Tips dan trik ini bisa kamu pelajari lebih lanjut apabila kamu benar-benar tertarik untuk melakukan pemasaran di Instagram. Kalau kamu ingin belajar tentang bisnis, kamu bisa membaca artikel-artikel dari Jagoan Hosting, penyedia layanan Hosting terbaik di Indonesia. Kamu juga bisa membaca topik artikel lainnya seperti teknologi dan topik-topik lain yang mungkin kamu minati.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like