Kemajuan teknologi mendorong dunia teknologi informasi menaungi banyak sekali bidang ilmu dan karir di bawahnya. Salah satu bidang yang berada di bawah naungan dunia teknologi informasi adalah software engineering atau juga dikenal dengan sebutan  rekayasa perangkat lunak. Software engineering berada di bawah ilmu komputer, salah satu cabang ilmu dari teknologi informasi.

Software engineering

apa itu software engineering
gambar dari unsplash

Sama seperti tujuan umum dari teknologi informasi, software engineering juga memiliki tujuan untuk membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan, dan menyebarkan informasi. Dalam hal ini dalam konteks software atau perangkat lunak. Inti dari kegiatan ini adalah pembuatan perangkat lunak hingga perangkat lunak yang dibuat memenuhi standar yang ditetapkan.

Secara umum, yang dimaksud dengan software engineering adalah proses perencanaan hingga pemeliharaan perangkat lunak. Bidang ini mencakup seluruh bagian proses pembuatan sebuah perangkat lunak. Proses yang dilakukan bertujuan untuk menciptakan perangkat lunak yang sesuai kebutuhan

Perbedaan software engineering dan hardware engineering

Ada software engineering, ada pula hardware engineering. Pastikan kamu tidak menyamakan kedua hal ini, ya. Seperti yang sudah dijelaskan, software engineering meliputi proses perencanaan hingga pemeliharaan perangkat lunak seperti aplikasi. Sedangkan hardware engineering mencakup proses desain hingga pembuatan perangkat lunak seperti processor. Orang yang melakukan proses software engineering disebut dengan software engineer. Begitu pula profesi yang melakukan proses hardware engineering disebut hardware engineer.

Orang di balik software engineering

software engineer
gambar dari unsplash

Seorang software engineer memiliki cakupan tugas yang cukup luas. Seperti yang sudah kita pahami bersama bahwa software engineering mencakup seluruh proses pembuatan dan pemeliharaan perangkat lunak. Sehingga tugas seorang software engineer juga mencakup seluruh proses tersebut. Software engineer bisa mengerjakan tugasnya secara tim maupun individu. Semakin banyak anggota tim, pembagian tanggung jawab bisa lebih ringan. Namun, biasanya tim yang dibentuk tidak besar dan hanya berisi beberapa orang saja.

Software engineer memulai tanggung jawabnya dengan melakukan analisis kebutuhan pengguna, kemudian dilanjutkan dengan mendesain perangkat lunak yang akan dikembangkan. Setelah perangkat lunak selesai dikembangkan, para tim yang terlibat akan melakukan uji coba. Setelah perangkat lunak digunakan secara umum, software engineer bertugas menjaga perangkat lunak buatannya dan mengatasi masalah-masalah yang dialami pengguna.

Profesi ini memiliki peluang yang cukup besar lho, Sob. Dilansir dari Bureau of Labor Statistics (BLS) dalam computerscience.org, kebutuhan akan software engineer profesional akan terus meningkat hingga 21% sampai tahun 2028 mendatang. Tingginya angka kebutuhan akan software engineer ini didorong oleh kebutuhan perusahaan untuk menciptakan inovasi perangkat lunak baru yang mengikuti perkembangan zaman dan sesuai dengan kebutuhan dari pengguna.

Tertarik menjadi salah satunya? Jika iya, kamu wajib memiliki hard skill dan soft skill ini, Sob!

Hard skill yang dibutuhkan software engineer

Hard skill yang wajib kamu miliki adalah skill terkait bahasa pemrograman. Dari sekian banyak bahasa pemrograman, bahasa pemrograman ini adalah bahasa pemrograman yang wajib kamu kuasai:

  1. Java
  2. JavaScript
  3. SQL
  4. C++
  5. C#
  6. PHYTON

Soft skill yang dibutuhkan software engineer

Selain hard skill di atas, kamu juga wajib memiliki beberapa soft skill di bawah ini jika ingin berkarir sebagai software engineer.

  1. Keterampilan komunikasi

Sebagai Seorang software engineer kamu perlu menjalin komunikasi dengan banyak pihak. Untuk alasan inilah, kamu perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik.

  1. Multitasking

Software engineering meliputi banyak proses di dalamnya. Kamu wajib bisa multitasking jika berkarir di bidang ini.

  1. Judging person

Judging person adalah tipe orang yang terjadwal dan bekerja secara terorganisir.

  1. Fokus pada detail

Pekerjaan ini menuntut kamu untuk bisa memperhatikan setiap detailnya, Sob!Enam hard skill dan empat soft skill di atas wajib kamu kuasai jika ingin berkarir sebagai software engineer. Selain bidang software engineering, masih banyak bidang lain dalam dunia teknologi informasi. Beberapa bidangnya adalah bidang yang kami geluti di Jagoan Hosting. Untuk menjadi penyedia layanan hosting terbaik Indonesia, kami juga menggunakan teknologi canggih yang dikelola oleh orang-orang yang ahli. Dengan begitu, kamu bisa menyediakan pelayanan yang sesuai dengan harapan kamu, Sob. kamu akan merasa nyaman, aman dan senang dengan pelayanan yang diberikan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like