Aplikasi Belajar dari Kemendikbud – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang sehingga setiap aktivitas secara online masih diberlakukan, salah satunya adalah belajar daring. Demi mendukung kegiatan tersebut, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, bekerjasama berbagai platform yakni menyediakan aplikasi pembelajaran daring.

Jika dilihat dari website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI ada beberapa aplikasi belajar yang bisa dimanfaatkan oleh guru selama melakukan belajar mengajar secara daring.

Nah, Jagoan Hosting kali ini akan mengulas 5 aplikasi belajar dari Kemendikbud yang bisa Anda manfaatkan sebagai guru, aplikasi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Rumah Belajar adalah Salah Satu Aplikasi Belajar dari Kemendikbud yang Bisa Digunakan

Rumah Belajar merupakan aplikasi belajar daring yang dikembangkan oleh Kemendikbud RI dengan tujuan untuk mendukung dan menyediakan alternatif belajar daring yang bisa Anda rekomendasikan untuk siswa belajar daring dengan memanfaatkan teknologi dan internet.

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur-fitur yang mendukung pembelajaran seperti, Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara gratis. 

2. Meja Kita

Tidak hanya bertatap muka yang bisa melakukan tanya jawab secara langsung, dengan aplikasi Meja Kita, tanya jawab antara guru dan siswa pun mudah untuk dilakukan karena aplikasi ini dilengkapi dengan forum diskusi yang bertujuan untuk melakukan tanya jawab dengan guru.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan materi pembelajaran mulai dari SD hingga SMA yang dapat diakses secara gratis dan lengkap. Pada aplikasi ini guru juga tetap bisa berdiskusi dengan siswa soal PR, tugas, dan berbagi catatan selama belajar daring. Praktis bukan!

3. Aplikasi Belajar dari Kemendikbud lainnya adalah IndonesiaX

aplikasi belajar dari kemendikbud
www.kompasiana.com

Aplikasi yang sudah berpengalaman dalam mendukung penyediaan akses belajar bagi masyarakat melalui kursus-kursus yang berkualitas yang diajarkan oleh para guru terbaik di Indonesia.

Selama masa pandemi, IndonesiaX juga berkomitmen untuk mendukung proses belajar daring bagi seluruh siswa di Indonesia, IndonesiaX juga berkomitmen meningkatkan kecerdasan bangsa melalui penyediaan kursus daring gratis untuk mengurangi disparitas atau kesenjangan pendidikan di negeri ini.

Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa melakukan belajar daring di luar kelas dengan kursus-kursus yang tersedia untuk siswa Anda.

4. Sekolahmu 

Memiliki nama ‘Sekolahmu’ membuat aplikasi belajar daring ini jadi lebih personal untuk guru maupun siswa. Tidak hanya itu aplikasi Sekolahmu memiliki program Belajar Tanpa Batas yang menyediakan live streaming sesuai dengan jenjang yang bisa Anda sesuaikan dengan tingkat pendidikan siswa Anda.

Sekolahmu juga memiliki kurikulum lengkap untuk setiap siswa di berbagai usia dan jenjang. Sekolahmu juga menjadi satu-satunya aplikasi sekolah yang memungkinkan sekolah-sekolah di Indonesia berkolaborasi untuk berkarya dan menyediakan kurikulum sesuai dengan kebutuhan yang bisa dipilih sesuai dengan jenjang pendidikan.

Jadi, Anda juga bisa sharing dengan sesama guru dengan aplikasi Sekolahmu. 

5. Cisco Webex 

aplikasi belajar dari kemendikbud
www.blog.webex.com

Tidak kalah dengan belajar luring, dengan Cisco Webex Anda bisa melakukan belajar mengajar secara langsung melalui presentasi dari papan tulis digital yang akan memberikan kesan bahwa Anda sedang mengajar secara luring.

Selain itu, dengan aplikasi ini Anda juga bisa berdiskusi dengan siswa maupun guru lain melalui forum diskusi berbasis messaging. Anda juga bisa berbagi materi dengan siswa melalui fitur grup chat yang sudah disediakan oleh aplikasi Cisco Webex. 

Nah, itu dia ulasan 5 aplikasi dari Kemendikbud yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk melakukan belajar mengajar secara daring. Buat para guru, Anda juga bisa menunjang pembelajaran jadi lebih efektif dengan menggunakan layanan Instan School Apps dari Jagoan Hosting!

Dengan Instan School Apps dari Jagoan Hosting, Anda bisa memenuhi kebutuhan belajar daring mulai dari kegiatan PPDB, ujian online, pengumuman akademik atau kelulusan, dan seluruh kegiatan akademik yang lain bisa Anda gunakan hanya dengan Instan School Apps dari Jagoan Hosting! Jadi, tunggu apalagi?

Soal performa tidak perlu khawatir, semua didukung oleh hosting terbaik s/d server rekomendasi dengan fitur yang mumpuni. Konsultasikan kebutuhan Anda sekarang dan mulai digitalisasi sekolah Anda dengan Jagoan Hosting! 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like