Hardware Engineer, Profesi di Balik Segala Kemajuan Teknologi Dunia

Profesi Hardware Engineer

Nggak kalah sama engineer lainnya, hardware engineer juga keren! Profesi ini menjadi salah satu profesi bergengsi di kalangan 1% teratas. Kenapa? Kok bisa sih profesi ini dianggap sebagai profesi yang bergengsi? Memangnya seberapa besar gajinya? Apakah semua orang yang berprofesi ini adalah orang yang sejahtera hidupnya?

Jagoan Hosting akan mengupas tuntas tentang profesi yang katanya bergengsi ini. Buat yang penasaran baca artikel ini sampai habis, ya. Buat yang lagi mencari referensi karier juga bisa membaca artikel ini hingga tuntas. Sudah siap? Yuk, langsung simak aja!

Apa itu hardware engineer?

Profesi Hardware Engineer
gambar dari unsplash

Mimin udah sering banget ngebahas profesi seputar perangkat lunak alias software. Nah, kali ini kita akan pindah haluan dari software ke hardware. Profesi hardware engineer adalah profesi yang menangani segala urusan terkait hardware. Profesi ini biasanya mencakup segala proses perencanaan hingga pemeliharaan hardware. Bisa hardware komputer atau perangkat lain yang serupa.

Secara garis besar kerangka kerja dan cakupan tugasnya menyerupai software engineer. Perbedaannya hanya terletak pada benda atau hal yang dikelola. Namun, cakupan tugas dan tanggung jawabnya bisa dikatakan serupa.

Tugas yang menjadi tanggung jawab profesi ini

Nah, kamu pasti sudah tau dong tugas dari software engineer. Mereka bertanggung jawab menjalankan semua proses rekayasa perangkat lunak. Mulai dari perencanaan hingga pemeliharaan atau perawatan. Begitu juga dengan profesi engineer yang satu ini, Sob!

Hardware engineer juga bertanggung jawab untuk melakukan proses yang sama. Namun, yang mereka urus dalam proses tersebut adalah hardware. Profesi ini harus melakukan konfigurasi atau pengaturan hardware yang ada pada komputer atau perangkat lainnya. Mula dari pembuatan perangkatnya hingga penataan perangkat tersebut. Jadi mereka perlu mengatur posisi peletakan masing-masing hardware pada komputer. Misalnya seperti CPU dan lainnya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Manajemen Proyek? Tujuan, Contoh & Tahapannya

Lalu, apakah setelah itu tugas mereka akan selesai? Nggak, Sob! Mereka juga bertugas mengecek fungsi hardware seperti yang dilakukan oleh software tester. Mereka juga harus melakukan proses perawatan perangkat dan menangani masalah serta kendala yang ada.

Contoh karya dari profesi ini adalah perangkat-perangkat keren yang Jagoan Hosting punya untuk bisa memberikan layanan VPS Indonesia dan Hosting Terbaik. Untuk bisa memberikan pelayanan yang maksimal, Jagoan Hosting menggunakan perangkat berkualitas baik yang dihasilkan oleh hardware engineer handal.

Latar belakang pendidikan

Biasanya posisi ini diisi oleh lulusan sarjana teknik elektro, teknik komputer dan ilmu komputer. Selain tiga latar belakang pendidikan ini, tidak menutup kemungkinan ada jurusan-jurusan lain yang ikut andil di dalamnya. Profesi ini sangat mungkin menjadi profesi yang diisi oleh orang dengan latar belakang yang berbeda.

Skill yang dibutuhkan

Untuk bisa menjadi seorang hardware engineer, kamu perlu menguasai beberapa skill ini.

  1. Computer network architecture
  2. Mikroprosesor dan mikrokontroler
  3. Interface
  4. Bahasa pemrograman C, C++ dan Assembly
  5. Algoritma
  6. Sistem informasi

Berapa gaji yang biasanya ditawarkan untuk posisi ini?

Besaran rata-rata gaji profesi ini hampir sama dengan rata-rata gaji profesi di bidang teknologi informasi lainnya. Sama dengan engineer dan developer lain, gaji dari profesi ini tergolong tinggi. Untuk tingkat junior dengan pengalaman yang tidak terlalu besar saja bisa mendapatkan gaji hingga 8 bahkan 10 juta.

Pekerjaannya memang cukup monoton. Tugasnya cenderung sama meskipun menghadapi proyek atau case yang berbeda. Namun jangan salah, gajinya tetap besar karena tanggung jawabnya memang besar. Meskipun terlihat membosankan, karier yang satu ini tetap menjadi karier yang menjanjikan.

Tertarik?

Tertarik menggeluti profesi ini nggak, Sob? Kalau iya, pastikan kamu punya skill yang mumpuni dan benar-benar layak untuk berkarier sebagai hardware engineer. Kalau kamu bisa, kamu keren banget! Ini adalah profesi yang tinggi kebutuhannya tapi sumber daya manusia yang tersedia masih sangat terbatas. Mungkin kamu bisa berhasil menjadi salah satunya.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu UX Writer? Definisi, Tugas & Skill Wajibnya

-->
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cek ip address
Read More
Cara Cek IP Address di Laptop, Android dan iOS yang Mudah!
Penasaran bagaimana cara cek IP address dari perangkat seluler mu? Mudah saja! Cukup buka pengaturan Wi-Fi, lalu klik…
OSI Layer
Read More
Apa itu OSI Layer? Fungsi, 7 Lapisan, & Cara Kerjanya
Tahukah kamu apa itu OSI layer? OSI layer adalah salah satu hasil dari perkembangan teknologi yang mampu membuat…