Cara Cek IP Domain Website dan Tools Gratisnya

cek ip domain website

IP website adalah alamat unik yang dimiliki setiap jaringan komputer, baik ponsel, laptop, maupun PC. Karena unik, setiap jaringan tersebut memiliki nomor IP yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana cara cek IP website?

Nomor-nomor unik dari IP website dibutuhkan saat pengguna ingin mengirimkan pesan ke perangkat jaringan lain. Jenis IP website pun dapat berupa alamat IP pribadi maupun IP publik. 

Setiap pemilik website di internet bisa memiliki lebih dari satu alamat IP. Karenanya, minimal kamu harus tahu alamat IP website milikmu ya sob!

Apa Itu IP Address?

IP (Internet Protocol) Address adalah angka identitas yang dimiliki oleh perangkat komputer agar saling terhubung dalam jaringan internet. IP Address terdiri atas sekumpulan angka yang dikelompokkan menjadi empat.

Sekelompok angka tersebut terdiri 1-3 digit dan berkisar antara 0 hingga 255. Adapun contoh IP Address adalah 192.168.38.1

Dalam IP Address, terdapat dua komponen utama, yaitu Network ID dan Host ID. Network ID merupakan bagian yang mengindikasikan lokasi atau jaringan yang sedang aktif. Network ID terletak pada tiga angka paling awal. 

Sementara itu, Host ID adalah bagian yang menunjukkan identitas perangkat dalam jaringan. Dalam contoh tersebut, Host ID terletak pada angka terakhir.

Manfaat Cek IP Address Website

Mengetahui alamat IP website penting lantaran komponen ini memiliki beberapa fungsi yang perlu kamu tahu. Berikut beberapa manfaat cek ip address website.

1. Mengetahui Identitas Perangkat

IP address berperan sebagai pengenal identitas perangkat. Melalui IP address, identitas PC seperti lokasi geografis atau keberadaan perangkat pada waktu tertentu dapat terdeteksi. 

Itulah sebabnya, penting untukmu tetap berhati-hati dan waspada saat menggunakan internet di tempat umum. Dengan tindakan tersebut, keamanan data dan identitas PC dapat terjaga dengan baik.

Cek Konten Lainnya:
24+ Contoh Landing Page Keren untuk Berbagai Website

2. Mengidentifikasi Host atau Interface

Melakukan cek IP website berarti kamu mengetahui identitas dalam website yang dapat dimanfaatkan oleh sistem keamanan. Saat perangkat mengajukan permintaan akses ke website, server website melakukan pemeriksaan untuk mengidentifikasi IP address tersebut. 

Jika IP address tersebut dianggap aman, server akan memberi akses untuk mengakses website. Namun, jika IP address tersebut mengandung ancaman yang berbahaya, server secara otomatis akan menolak permintaan tersebut.

3. Menghubungkan Perangkat ke Jaringan Internet    

Pada dasarnya, fungsi IP address adalah memudahkan proses komunikasi dalam jaringan komputer. Itu artinya, dengan mengetahui IP address, perangkat yang memakai internet dapat terhubung satu sama lain.

Dengan mengetahui cara melihat ip website, perangkat komputer dapat saling mengirim dan menerima data, pesan, atau informasi lain dalam jaringan komputer. Mengetahui IP address memungkinkan kamu mengirim pesan dengan tujuan yang tepat.

Cara Cek IP Website

Terdapat sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek alamat IP website. Beberapa diantaranya yaitu dengan memanfaatkan Cmd dan Website IP Checker tools. Keduanya bisa kamu lakukan secara online dengan tahapan yang mudah.

Dengan menggunakan Cmd dan Website IP Checker tools, kamu memiliki dua pilihan yang efektif untuk mengecek alamat IP website. Keduanya dapat dilakukan secara online tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan.

Cara Melihat IP Website dengan Cmd

Setiap sistem operasi memiliki prompt perintah yang bisa kamu gunakan untuk mencari alamat IP sebuah situs web. Ini adalah proses yang relatif sederhana dan hanya memerlukan beberapa langkah. 

  • Membuka Cmd pada Windows

Untuk sistem operasi Windows, kamu bisa membuka Command Prompt melalui menu Start. Bisa juga dengan menekan tombol Windows + R. Lalu, ketik “cmd” dan tekan Enter. 

Setelah Command Prompt terbuka, kamu bisa memakai perintah “ping nama-website.com”. Gantilah “nama-website.com” dengan alamat situs yang ingin kamu cek untuk mencari alamat IP website tersebut.

  • Membuka Cmd pada Linux

Untuk sistem operasi Linux, kamu bisa memakai “Command Shell” atau “Terminal” untuk mencari IP situs web. Pertama, buka Command Shell dengan mencari aplikasi “Terminal” pada menu. Dapat juga memakai pintasan keyboard Ctrl + Alt + T. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Navigasi Website? Contoh & Cara Buatnya

Setelah Command Shell terbuka, gunakan perintah “ping nama-website.com” untuk mencari alamat IP dari website. Ganti sesuai nama website yang ingin kamu cek ya!

  • Membuka Cmd pada Mac

Untuk sistem operasi Mac, kamu bisa cek IP website melalui “Network Utility”. Pertama, buka Launchpad atau ketik pada pencarian Spotlight. 

Setelah Network Utility terbuka, pilih tab “Ping” dan masukkan alamat website yang ingin kamu cek. Setelah itu, klik tombol “Ping” untuk mendapatkan alamat IP dari website tersebut.

Dengan menggunakan prompt perintah pada masing-masing sistem operasi, kamu bisa dengan mudah mencari alamat IP situs web. Langkah-langkahnya cukup sederhana dan tidak memerlukan keterampilan teknis yang kompleks bukan?

Cek IP Address dengan Tools

Ada cara lain untuk mencari alamat IP website yaitu memakai tools online. Tools ini juga mampu memberikan informasi tambahan, termasuk info DNS dan catatan historis alamat IP. Berikut beberapa tools Website IP Checker.

1. WhatIsMyIpAddress

tools cek ip website

WhatIsMyIpAddress dapat memeriksa IP address situs web apa pun. Kamu hanya perlu memasukkan nama host (alamat domain) ke kolom yang tersedia. Lalu klik “Cari Alamat IP”. Dalam beberapa detik, kamu akan mendapatkan informasi IPv4 dan IPv6. 

Cara cek IP domain ini juga membantumu mendapatkan statistik yang lebih rinci tentang domain tersebut. Misalnya informasi nama host situs web, ASN, ISP, jenis IP (statis atau dinamis), dan lainnya.

2. DNS Checker

tools cek ip website

DNS Checker adalah tools yang berguna untuk memeriksa alamat IP situs web dengan beberapa fungsi tambahan. Tools ini memungkinkanmu melihat DNS dan data lokasi yang dikumpulkan dari berbagai server di seluruh dunia. 

Kamu cukup menginputkan alamat web. Lalu tools ini akan menunjukkan siapa yang meng-hosting domain tersebut dari lebih dari 25 server DNS. Hal ini bisa membantumu melihat apakah ada negara yang tidak dapat mengakses domain tertentu. Menarik bukan?

3. Domain IP Lookup

Domain IP Lookup Tool adalah layanan gratis yang dikembangkan oleh Small SEO Tools. Tools ini memeriksa alamat IP secara massal. Artinya, kamu bisa memeriksa beberapa alamat domain secara bersamaan.

Cek Konten Lainnya:
Wix Website: Builder yang Terkenal dengan Berbagai Kelebihan

Kamu bisa memasukkan hingga 10 alamat domain. Lalu pada tools cukup klik “Pencarian IP Domain”. Hasilnya akan menampilkan lokasi, zona waktu, ISP, serta informasi kontak pemilik domain.

4. IP Checker

Kalau kamu ingin cek IP website dan mengetahui email berbahaya atau tidak diinginkan untuk memblokirnya, tools IP Checker bisa digunakan. Tools ini memberi informasi lokasi, pemilik, dan penyedia domain, situs web, atau alamat IP apapun. 

Selain pencarian IP, situs ini juga menyediakan beberapa fungsi berguna lainnya. Misalnya seperti pemindai virus, pemeriksa port TCP/UDP, dan REST API untuk pertanyaan data geolokasi. Kamu bisa memakai fiturnya tanpa biaya alias gratis.

5. Who.is

whois tools cek ip website

Who.is menjadi tools yang mana kamu bisa mengakses berbagai informasi tentang domain dengan melakukan pencarian IP standar dan IP terbalik. Selain itu, kamu juga bisa mengecek informasi tentang pemilik portal, penyedia, dan menemukan alamat kontak mereka. 

Menariknya lagi, who.is menyediakan pilihan nama domain. Cocok untuk kamu yang tertarik mendapatkan nama domain baru. Who.is akan menampilkan pilihan domain yang tersedia untuk dibeli.Itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk cek IP website.

Langkah-langkahnya mudah dan sederhana bukan? Mulai sekarang tidak perlu kesulitan lain. Mengecek IP address pada website juga penting. Jadi, minimal kamu harus tahu alamat IP websitemu ya!

Cek Ketersediaan Nama Domain di Jagoan Hosting

cek domain

Langsung cek ketersediaan nama domain impianmu sekarang di Jagoan Hosting! Dengan beragam pilihan ekstensi, mulai dari domain .com hingga domain .id, kami siap memenuhi kebutuhanmu.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menemukan nama domain yang pas untuk proyekmu. Cek Domain Sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
jaringan peer to peer
Read More
Pengertian Jaringan Peer to Peer, Kelebihan, dan Kekurangan
Dalam sebuah jaringan komputer, peer to peer merupakan jenis jaringan yang umum digunakan. Jaringan peer to peer adalah…
Read More
Begini Caranya Boot di Safe Mode Pada Windows 10
Bagi para pengguna sistem operasi milik Microsoft terbaru, yakni Windows 10 barangkali akan seringkali menemui kondisi dimana kamu…