Perbedaan Domain .COM vs .ID, Pilih yang mana?

perbedaan com dan id

Memilih domain yang tepat antara .COM atau .ID kerap menjadi persoalan tersendiri. Apalagi jika Sob tidak tahu apa saja perbedaan .COM dan .ID untuk website.

Pada dasarnya, domain adalah aspek penting yang menggambarkan identitas sebuah situs dan memiliki fungsi atau tujuan masing-masing.

Sama halnya dengan nama domain .COM dan .ID, keduanya mempunyai sejumlah perbedaan kegunaan untuk website. Apa saja itu?

Nah, kali ini Jagoan Hosting telah merangkum sejumlah perbedaan .COM dan .ID yang perlu Sob ketahui. Yuk, simak sampai habis!

Pengertian Domain .COM dan .ID

Jika sering berselancar di internet, tentu kamu sangat familiar dengan domain .COM dan .ID. Namun, tahukah kamu apa perbedaan domain .COM dan .ID?

Nah sebelum membahas lebih lanjut tentang perbedaan .COM dan .ID, ada baiknya bila kamu memahami kedua domain tersebut, Sob. Berikut penjelasan singkatnya.

Domain .COM

Domain .COM adalah ekstensi domain pertama yang diluncurkan pada tanggal 15 Maret 1985, dan saat ini sudah berumur 37 tahun.

Lebih lanjut, domain .COM adalah domain yang masuk pada jenis Generic Top Level Domain (gTLD) dan dikelola oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Itu artinya, domain .COM bisa digunakan untuk umum, Sob. Di Indonesia sendiri, domain .COM banyak digunakan oleh para pelaku bisnis untuk kebutuhan komersial.

Domain .ID

Berbeda dengan domain. COM, domain .ID adalah salah satu bagian dari ccTLD (Country Code Top Level Domain) yang khusus digunakan untuk website di Indonesia.

Cek Konten Lainnya:
Yuk Lebih Dekat dengan PHP Web Framework Laravel

Oleh karena itu, ekstensi domain ini biasanya digunakan untuk menargetkan pengguna yang berdomisili di Indonesia. 

Sejak Mei 2007 hingga kini, domain .ID dikelola sekaligus diatur oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) dan telah digunakan oleh 318.090 website, Sob.

Baca juga: Ini 18 Contoh Domain Selain .com yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan Domain .COM dan .ID

Dari pengertian di atas, mungkin kamu sudah bisa menebak apa saja perbedaan .COM dan .ID.

Namun tentunya, agar lebih paham, penjelasan seputar perbedaan domain .COM dan .ID adalah sebagai berikut.

1. Pengelola

Pertama, perbedaan .COM dan .ID dilihat sisi pengelolanya. Yup, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, .COM dikelola oleh ICANN yang bertugas untuk mengawasi pengembangan domain secara internasional. 

Sementara itu, domain .ID dikelola oleh PANDI yang bertugas untuk mengawasi setiap pendaftaran domain untuk pengembang website di Indonesia.

2. Jenis Top Level Domain

Berikutnya, perbedaan .COM dan .ID juga dapat terlihat dari jenis Top Level Domain-nya, Sob.

Masih sejalan dengan penjelasan sebelumnya, domain .COM termasuk dalam Generic Top Level Domain (gTLD) sehingga dapat digunakan oleh siapapun dan dimana saja. 

Sedangkan, domain .ID termasuk Country Code Level Domain (ccTLD) yang hanya diperuntukan untuk website asal Indonesia. 

3. Persyaratan

Persyaratan penggunaan keduanya juga menjadi perbedaan .COM dan .ID selanjutnya.

Untuk membeli dan menggunakan domain .COM, tidak diperlukan syarat atau ketentuan tertentu. Itu artinya, semua pihak bisa menggunakan ekstensi domain .COM dengan mudah. 

Sementara untuk membeli dan menggunakan domain .ID, pengguna harus memenuhi persyaratan dan ketentuan tertentu, seperti paspor, akta, SIUP, hingga akta notaris. 

4. Target Audiens

Perbedaan domain .COM dan .ID berikutnya adalah target audiens. Yup, mengingat domain .COM dapat diakses oleh siapapun dalam skala global, target audiensnya pun juga lebih luas.

Cek Konten Lainnya:
Kelebihan dan Kekurangan Expired Domain, Ini Cara Ceknya

Di sisi lain, domain .ID hanya dikhususkan di negara Indonesia, sehingga target audiensnya pun lebih terbatas.

Baca juga: 11 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website

5. Harga

Dari segi harga, perbedaan .COM dan .ID juga terlihat mencolok. Pasalnya, ekstensi domain .COM lebih murah jika dibandingkan dengan domain .ID, Sob.

Domain .ID dibanderol dengan harga sekitar Rp200.000, sedangkan, domain .COM adalah sekitar Rp115.000. 

Namun jangan khawatir, sebab kamu bisa berlangganan ekstensi domain .ID dengan hanya mulai dari Rp20.000 saja lho di Jagoan Hosting.

pilih domain

Selain itu, kamu juga bisa beli domain .COM dengan harga Rp108.000 saja, Sob. Bahkan kamu dapat memperoleh domain .COM secara gratis jika berlangganan unlimited hosting dari Jagoan Hosting. Jadi, yuk gabung sekarang juga!

Lalu, Domain Mana yang Cocok untuk Website Kamu?

Setelah mengetahui beberapa perbedaan .COM dan .ID, mungkin kamu jadi bingung manakah domain yang cocok untuk website milikmu?

Nah supaya lebih yakin, yuk simak pembahasan seputar kelebihan dari masing-masing domain tersebut, Sob!

Kelebihan Domain .COM

Jika menggunakan domain .COM, berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan:

  • Mendapatkan jangkauan yang lebih tinggi. Sebab, ekstensi domain .COM ini cukup populer, mudah diingat, dan bisa digunakan oleh siapa saja. 
  • Dapat digunakan untuk bisnis maupun kegiatan komersial.
  • Umumnya lebih mudah untuk optimasi SEO, dan bisa menjangkau audiens internasional. 
  • Tidak membutuhkan persyaratan tertentu untuk mendaftar. 
  • Harga berlangganan yang lebih murah.

Dari kelebihan domain .COM di atas, dapat disimpulkan bahwa ekstensi domain ini cocok digunakan untuk bisnis dan komersial yang memiliki target audiens internasional.

Selain itu, domain .COM juga cocok diterapkan pada website portofolio dan blog pribadi karena kemudahannya dalam mendaftar.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu XAMPP? Fungsi, Komponen, Fitur & Cara Install

Baca juga: 7 Kelebihan Domain MY.ID Untuk Website, Harganya Murah! 

Kelebihan Domain .ID

Di sisi lain, ada juga beberapa kelebihan domain .ID yang bisa kamu peroleh saat menggunakannya, yaitu:

  • Memiliki kepercayaan dan kredibilitas tinggi, karena domain ini memang hanya diperuntukan untuk membawa identitas Indonesia. Alhasil, website pun akan terlihat lebih profesional dan kredibel untuk digunakan di Indonesia.
  • Lebih kuat untuk menarget audiens Indonesia 
  • Lebih mudah untuk melakukan optimasi local SEO.
  • Dibandingkan dengan .COM, domain .ID memiliki lebih banyak kuota nama. 
  • Meningkatkan kepercayaan karena proses pendaftarannya memerlukan syarat dan data tertentu. 
domain id

Itulah beberapa kelebihan domain .ID yang ternyata cocok digunakan bagi para pelaku bisnis yang menargetkan audience atau target pasar Indonesia.  Dapatkan juga Domain ID Murah di Jagoan Hosting untuk tingkatkan kredibilitas brandmu.

Nah, sekarang Sob sudah paham kan apa perbedaan .COM dan .ID? Hal ini penting untuk diketahui agar kamu bisa menentukan nama domain yang tepat dan sesuai dengan website kamu.

Jangan lupa pilih domain ekstensi dari penyedia hosting terpercaya seperti Jagoan Hosting.

Selain mempermudah proses pembuatan website, Jagoan Hosting juga menawarkan paket yang cukup terjangkau. Yuk, segera hubungi tim kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
membuat email perusahaan
Read More
Cara Membuat Email Perusahaan Paling Mudah
Cara membuat email perusahaan merupakan salah satu hal yang penting untuk kamu gunakan sekarang ini. Dengan adanya email…
perpanjang domain
Read More
Ini Cara Mudah & Cepat Memperpanjang Domain Website
Pemilik website perlu memperhatikan masa aktif domain yang digunakan. Apalagi, jika tidak ingin terkena dampak lupa perpanjang domain.…