10+ Contoh Website Organisasi untuk Jadi Referensi

contoh website organisasi

Pada era digital ini adanya website untuk organisasi sudah jadi kebutuhan mendasar. Jika ingin membuatnya, kamu bisa cek beberapa contoh website organisasi sebagai referensimu. 

Website untuk organisasi fungsinya tentu banyak. Bisa sebagai pusat informasi, sarana untuk berinteraksi dengan orang lain, juga menjadi representasi identitas organisasimu di dunia maya. 

Lewat artikel ini, kita bakal menjelajah ke sejumlah contoh inspiratif dari sejumlah website organisasi yang kehadiran websitenya sangat optimal. Mulai dari segi desain sampai penyajian informasinya. 

Contoh Website Organisasi

Mengetahui beberapa contoh websitenya bisa bikin kamu paham tentang apa saja manfaat website bagi organisasi yang bisa diperoleh. Jika ingin tahu contohnya, ini dia ulasannya: 

1. Djarum Foundation

djarum foundation

Salah satu organisasi yang punya website buat referensimu. Organisasi nirlaba ini didirikan Michael Bambang Hartono serta Robert Budi Hartono. Tujuan dari berdirinya organisasi ini adalah meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. 

Nah, website organisasi sosial yang mereka bangun bisa kok jadi contoh. Misalnya nih di bagian Homepage-nya kita bisa langsung tahu tentang tujuan pendiriannya. Desainnya pun cukup unik. 

Ada video singkat pada tampilan awal yang menunjukkan hasil kerja juga progress mereka. 

Ada juga menu yang menjelaskan beberapa program, aktivitas, galeri, dan juga berita terbaru dari organisasi ini.

2. PMI DKI Jakarta

PMI DKI Jakarta

Sebagai salah satu organisasi sosial, PMI juga menggarap websitenya untuk memberikan informasi lengkap bagi masyarakat. Salah satu cabang PMI yang menggarap websitenya dengan baik adalah PMI DKI Jakarta. 

Website pmidkijakarta.or.id tampilannya mewakili berbagai tugas yang mereka emban seperti donor darah dan sejenisnya. Makanya mereka memilih warna merah sebagai warna yang dominan. 

Contoh website organisasi ini pun memberikan fitur yang lengkap. Informasi yang bisa kamu peroleh dibagi jadi beberapa kategori. Tentang organisasinya, unit markas, informasi publik, agenda, relawan, dan laman untuk berdonasi. 

Cek Konten Lainnya:
Domain Murah, Idaman Bagi Kamu yang Ingin Segera Membangun Bisnis Online

3. PSSI 

organisasi PSSI

Sebagai organisasi yang menaungi berbagai hal mengenai sepak bola di Indonesia, website organisasi sosial ini pun bisa jadi contoh untuk organisasi yang spesifik mengurusi bidang tertentu. 

Lantaran urusannya sepak bola, banyak hal tentang sepak bola Indonesia yang bisa kamu temukan di sini. Mulai dari jadwal pertandingan sampai berita terbaru tentang sepak bola. 

Kamu pun bisa melengkapi informasi bagi masyarakat seperti website https://www.pssi.org ini. Tampilannya simpel tapi informasinya sangat lengkap. 

4. PCNU Cilacap

pcnu cilacap

Organisasi ini adalah cabang Nahdlatul Ulama (NU) yang ada di Cilacap. Mereka pun menggarap websitenya dengan sangat baik. Performance-nya sederhana tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan organisasinya terutama dalam hal teknologi informasi. 

Contoh website organisasi ini bisa kamu tiru. Misalnya mereka pakai warna dominan hijau yang jadi identitas dari organisasi NU. Informasi di dalamnya pun lengkap, beserta fotonya. 

Yap, mereka sering membagikan foto kegiatan rutin sekaligus berita terbaru mengenai aktivitas PCNU Cilacap itu sendiri. Kebutuhan masyarakat mengenai hukum ibadah dan pemikiran yang sesuai organisasi pun bisa kamu peroleh di https://pcnucilacap.com/.

5. Muhammadiyah

muhammadiyah

Muhammadiyah merupakan organisasi Islam non-pemerintah di Indonesia yang bisa kami katakan sebagai salah satu yang terbesar di Indonesia selain Nahdlatul Ulama (NU). 

Mereka juga punya website buat kamu jadikan referensi. Contoh website organisasi ini memang sangat sederhana. Namun, isinya begitu penting juga bermanfaat untuk masyarakat. 

Mereka membagikan informasi tentang sejarah Islam sampai dengan tata cara beribadah yang benar menurut Islam. Interface-nya yang simpel membuat website https://muhammadiyah.or.id/ ini sangat ringan saat kamu membukanya. 

6. BEM FEB UI

website organisasi bem feb ui

Kamu pun bisa mencontoh website bemfebui.com yang cocok banget buat para mahasiswa di universitas lain. Mereka menggarap logo, tone warna, dan tampilannya. Jadi, lengkap banget emang isinya. 

Interface-nya menggunakan tone warna yang menyejukkan yakni hijau dan putih. Saat kita membuka dan membacanya, jadi lebih nyaman. Ini bisa jadi contoh untuk website organisasi mahasiswa lainnya dari universitas lain. 

Cek Konten Lainnya:
Cara Cek Versi Laravel Tanpa Ribet

Konten yang ada di sini banyaknya tentang pengenalan BEM FEB UI sekaligus program mereka. Satu hal yang menjadikan website ini sangat bagus buat contoh, yakni kreativitas mereka membagi beberapa kategori informasi yang tersedia. 

7. Ikatan Arsitek Indonesia

Sebagai salah satu organisasi untuk profesi arsitek di Indonesia, IAI juga menggarap berbagai informasi dalam website mereka. Domain untuk website organisasi mereka bisa jadi opsi terbaik selain .org karena mereka pakai domain .or.id. 

Website iai.or.id ini menampilkan warna merah yang memang jadi identitas organisasi. Ada juga fitur Login untuk semua anggota organisasi. Mereka juga aktif membagikan berita terbaru terkait programnya. 

Ada juga kategori ‘Layanan’ yang tersedia dalam organisasi IAI. Ada juga kontak WhatsApp bagi siapapun yang ingin menghubungi mereka. 

8. Asean

website organisasi ASEAN

CMS untuk website organisasi yang kamu pilih bisa bebas kok. Tapi kami sarankan pakai yang populer aja seperti WordPress yang dipakai oleh ASEAN agar tidak terlalu ribet dalam mendesain tampilan dan menambah fiturnya. 

Buat contoh website organisasi dari ASEAN ini mereka pakai domain .org. Yap, domain itu juga bisa kamu gunakan. Dalam website ini, kamu bisa dapet informasi tentang ASEAN, program mereka, pihak yang bekerja sama, dan komunitas. 

Sesuai dengan tujuan dari organisasi ASEAN itu sendiri yang akan terus menjalin kerjasama dengan beberapa negara yang tergabung di dalamnya. Website asean.org ini bisa jadi contoh buat organisasi nirlaba. 

9. PBB Indonesia

PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa ini organisasi internasional. Sebagai anggotanya, Indonesia pun turut andil dalam mengembangkan website yang menginformasikan tentang beberapa kegiatan PBB. 

Contoh website organisasi ini menggunakan warna yang sesuai dengan identitas PBB yakni warna biru dan putih. Interfacenya ringan dan enak banget buat baca-baca. Informasi yang tersedia pun lengkap. Cek aja ke https://indonesia.un.org/.

10. Gates Foundation

gates foundation

Ingin tahu website yang cocok buat organisasi nirlaba dan juga membuka kesempatan untuk donasi? Gates Foundation bisa jadi contoh terbaik. Mereka adalah organisasi nirlaba yang tujuannya memerangi kemiskinan, penyakit, juga ketidakadilan di dunia. 

Cek Konten Lainnya:
22+ Contoh Website Toko Online yang Elegan dan Menarik

Organisasi ini terkenal sebagai yang transparan. Mengapa? Salah satunya karena mereka menggarap https://www.gatesfoundation.org yang menjelaskan banyak hal tentang organisasi ini. 

Mulai dari program, ide-ide menarik, tempat program mereka terlaksana, dan banyak lagi. 

Tampilannya simple karena pakai warna putih doang. Cuma informasinya bikin organisasi ini jadi organisasi transparan. Bisa jadi contoh website organisasi terbaik buatmu. 

11. Greenpeace

greenpeace

Organisasimu bergerak dalam bidang kepedulian lingkungan? Website https://www.greenpeace.org/ bisa jadi contoh terbaik. 

Kerennya mereka punya banyak footage dari lingkungan yang tengah dilanda bencana seperti banjir, polusi, hutan gundul, dan juga sejenisnya. 

Ini tujuannya untuk memancing hati masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. Ada juga opsi yang tersedia bagi kamu yang ingin melakukan donasi. 

Dengan beberapa contoh website organisasi di atas, sekarang kamu bisa mendesain sendiri websitenya dengan mudah.

Domain untuk Website Organisasi

Memilih domain untuk situs web organisasi sangat penting karena domain akan menjadi alamat online resmi organisasi. Ada dua rekomendasi ekstensi domain untuk organisasimu:

Domain dengan Ekstensi .ORG

domain ORG

Ekstensi domain .org (disingkat dari “organization”) adalah salah satu ekstensi domain yang paling sering digunakan oleh organisasi nirlaba, lembaga amal, yayasan, dan entitas non-profit lainnya.

Domain .org sering dipilih karena mereka membantu mengidentifikasi situs web sebagai organisasi yang berfokus pada tujuan sosial.

Cek ketersediaan domain .org dan dapatkan dengan harga murah di Beli Domain Murah dari Jagoan Hosting.

Domain Indonesia dengan Ekstensi OR.ID

domain or.id

Ekstensi domain .or.id adalah ekstensi domain yang umumnya digunakan oleh organisasi di Indonesia. Ekstensi ini khusus ditujukan untuk organisasi nirlaba, yayasan, dan lembaga sosial di Indonesia.

Dapatkan Domain indonesia untuk organisasi atau komunitas di Domain ID Murah dari Jagoan Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
figma
Read More
Apa itu Mockup? Fungsi, dan Contoh Aplikasi
Mockup adalah bentuk visualisasi yang merepresentasikan desain sebuah produk sebelum direalisasikan. Biasanya mockup digunakan saat melakukan presentasi atau…
contoh desain web
Read More
15+ Contoh Desain Web yang Sederhana dan Keren (Premium)
Dunia digital saat ini membuat website memiliki peran penting dalam berbagai hal, utamanya marketing. Nah, desain web juga…