Inilah Pengertian Website, Jenis dan Manfaatnya!

website adalah

Website adalah istilah yang sudah sangat awam kamu dengar pastinya. Apalagi ketika kamu bergelut di dunia teknologi atau seorang programmer.

Tapi tahukah kamu bahwa website yang sudah melekat di kehidupan kamu itu memiliki berbagai jenis dan fungsi. 

Nah, daripada hanya sekedar mengenal apa itu website dalam pengertian secara general, yuk intip penjelasan mengenai website secara lengkap berikut ini!

Apa itu website?

website adalah

Website adalah sekumpulan halaman dalam satu domain yang memuat beberapa informasi untuk pembaca atau visitor.

Informasi yang dimaksud bisa berupa gambar, video, teks atau beberapa format lainnya.

Website wajib memiliki sebuah halaman utama atau homepage.

Namun, selain itu ada beberapa halaman lain yang punya tujuannya masing-masing, seperti laman artikel atau blog, menu, halaman kontak dan sebagainya.

Halaman-halaman tersebut merupakan turunan dari homepage dan saling berhubungan satu sama lain. 

Untuk mengakses sebuah website ini cukup mudah, kamu bisa menggunakan browser dan menuliskan URL yang tepat.

Contohnya, jika kamu ingin membuka website Jagoan Hosting, kamu bisa menuliskan www.jagoanhosting.com maka kamu sudah bisa membuka halaman website dari Jagoan Hosting. 

Fungsi website

fungsi website

Setelah mengetahui apa itu website, kamu juga perlu mengenali apa saja fungsi website.

Pada bisnis, website berfungsi untuk memberikan informasi kepada pelanggan atau calon pelanggan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan secara lengkap. 

Mempromosikan atau menjual produk atau layanan

Website dapat digunakan untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan. Website bisnis dan e-commerce menyediakan katalog produk, deskripsi produk, harga, dan cara pembayaran.

Meningkatkan kredibilitas

Website dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan atau individu dengan memberikan informasi lengkap tentang produk atau layanan yang ditawarkan, sejarah perusahaan, dan sertifikasi.

Meningkatkan visibilitas

Website dapat meningkatkan visibilitas perusahaan atau individu dengan menampilkan informasi yang terkait dengan kata kunci atau topik yang relevan dengan industri.

Menyediakan informasi

Website dapat menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung tentang topik yang berkaitan dengan perusahaan atau individu. Website ini bisa berisi artikel, blog, atau konten multimedia.

Komunikasi dengan pelanggan

Website dapat digunakan sebagai alat komunikasi dengan pelanggan. Website bisnis dan e-commerce biasanya menyediakan formulir kontak atau chat online untuk memudahkan pelanggan menghubungi perusahaan.

Menghasilkan pendapatan

Website dapat menghasilkan pendapatan dari iklan, penjualan produk atau layanan, atau dari donasi.

Menyediakan akses ke layanan atau aplikasi

Website dapat digunakan sebagai pintu gerbang untuk mengakses aplikasi atau layanan online yang berbeda. Contohnya seperti website untuk mengakses email, aplikasi online untuk membaca berita atau mendengarkan musik.

Membangun dan memperkuat brand

Website dapat membantu membangun dan memperkuat merek perusahaan atau individu dengan memberikan citra visual yang konsisten dan konten yang berkualitas. Website dapat digunakan untuk menyebarkan pesan merek dan memperkuat citra merek perusahaan atau individu.

Cek Konten Lainnya:
10+ Manfaat Blog (Bisnis, Pembelajaran & Kehidupan Sehari-Hari)

Dalam hal ini, website dapat menjadi aset yang sangat penting bagi perusahaan dan individu karena memiliki berbagai fungsi dan manfaat yang berbeda.

Baca juga: 15 Aplikasi Website Gratis Terbaik Tanpa Coding, Wajib Tahu!

Jenis-jenis website

Tahukah kamu, website memiliki berbagai macam jenis?

Nah, sebagai seorang programmer tentu kamu perlu mengenali jenis-jenis website berikut, ya. 

Jenis website berdasarkan sifatnya

1. Website statis

website static adalah website yang memiliki konten statis dan biasanya tidak berubah-ubah.

Pada umumnya, website jenis ini diubah secara manual melalui pengubahan bahasa pemrograman website.

Sehingga website jenis ini sangat jarang terjadi interaksi. Biasanya yang memiliki jenis website statis ini adalah web untuk profil perusahaan atau organisasi.

2. Website dinamis

Jenis website dinamis adalah kebalikan dari web statis. Di sini, kamu bisa mengeksplor banyak hal terkait perusahaan atau pemilik web tersebut.

Tampilannya pun lebih interaktif seperti adanya kolom komentar, kolom pencarian, penyesuaian tampilan informasi menggunakan fitur filter, dan lain sebagainya. 

Contoh dari website dinamis ini adalah website toko online atau website e-commerce, situs berita online, sistem informasi dan sebagainya.

3. Website interaktif

Salah satu contoh website interaktif adalah sosial media. Website jenis ini memang dirancang untuk bisa digunakan interaksi dan obrolan antar penggunanya.

Contoh dari website interaktif ini adalah sosial media seperti, Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Jenis website berdasarkan fungsinya

Berikut adalah beberapa jenis website berdasarkan fungsinya:

1. Website Perusahaan

Website perusahaan adalah website yang dibuat untuk mempromosikan merek atau perusahaan. Website ini biasanya berisi informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan, sejarah perusahaan, misi dan visi, serta kontak untuk layanan pelanggan atau penjualan.

2. Website Toko Online

Website toko online adalah website yang digunakan untuk menjual produk secara online. Website ini biasanya berisi katalog produk, informasi tentang produk, harga, metode pembayaran, dan pengiriman.

3. Website Berita

Website berita adalah website yang berisi berita terbaru, laporan, dan editorial. Website ini biasanya membagikan informasi tentang politik, bisnis, olahraga, hiburan, teknologi, kesehatan, dan banyak lagi.

4. Blog

Blog adalah website yang berisi tulisan atau artikel yang ditulis oleh individu atau perusahaan. Blog ini biasanya berisi artikel tentang topik tertentu, seperti kuliner, travel, fashion, teknologi, dan banyak lagi.

5. Social Media Website

Website media sosial adalah website yang memungkinkan pengguna untuk membuat profil, berinteraksi dengan pengguna lain, dan berbagi konten, seperti gambar, video, dan pesan. Contoh website media sosial yang populer adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok.

6. Website Pendidikan

Website pendidikan adalah website yang digunakan untuk menyediakan informasi dan sumber daya pendidikan. Website ini bisa berisi kursus online, e-book, video tutorial, dan banyak lagi.

7. Website Hiburan

Website hiburan adalah website yang berisi konten yang dirancang untuk menghibur pengguna. Website ini bisa berisi konten seperti video lucu, meme, game online, dan banyak lagi.

8. Website Komunitas

Website komunitas adalah website yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lain yang memiliki minat atau hobi yang sama. Website ini bisa berisi forum diskusi, grup chat, dan fitur sosial lainnya. Contoh website komunitas yang populer adalah Reddit dan Quora.

Cek Konten Lainnya:
14+ Pilihan Tools Heatmap untuk Analisis Website

9. Website Pemerintah

Website pemerintah adalah website yang dikelola oleh pemerintah untuk menyediakan informasi dan layanan publik. Website ini bisa berisi informasi tentang program pemerintah, prosedur layanan publik, berita, dan banyak lagi.

Manfaat website

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui manfaat apa yang bisa didapatkan oleh perusahaan dengan memiliki website.

Berikut ini adalah beberapa manfaat website bagi perusahaan

Memperkenalkan profil dan citra perusahaan

Selain memberikan informasi kepada pelanggan atau calon pelanggan, website juga bisa digunakan untuk memperkenalkan profil dan citra perusahaan.

Misalnya, jika ada pelanggan atau calon pelanggan baru saja mendapatkan email penawaran maka ia akan mencari informasi tentang penawaran tersebut pada website perusahaan terkait. 

Hal ini lah yang menjadi kesempatan bagi pemilik bisnis untuk menggunakan website sebagai cara untuk memperkenalkan perusahaan (company profil).

Jika pelanggan telah mendapatkan informasi yang di cari. Maka, pelanggan atau calon pelanggan akan mempercayai kredibilitas perusahaan.

Baca juga: 5 Cara Memperpendek Link Website, Google Form & Spotify

Membangun kepercayaan pelanggan

Dengan informasi lengkap dan akurat yang di sajikan di website perusahaan, maka kepercayaan pelanggan akan meningkat.

Menurut studi, 81% pelanggan yang mencari informasi mengenai produk atau perusahaan di Google terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Jadi, kesimpulannya dengan memiliki website maka pemilik bisnis bermanfaat untuk membuat bisnis lebih kredibel dan terpercaya, bahkan memiliki website menjadi salah satu kunci sukses sebuah bisnis atau perusahaan.

Menjangkau pelanggan yang lebih luas

Bisnis maupun perusahaan pasti melakukan promosi atau pemasaran dengan tujuan menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Website adalah satu saran yang tepat untuk melakukan promosi/pemasaran.

Jika websitemu mendapatkan peringkat teratas dalam pencarian di search engine kamu bisa mendapatkan traffic yang lebih luas.

Hal tersebut juga bisa di lakukan dengan teknik SEO yang baik, sehingga websitemu bisa mendapatkan rangking teratas.

Memberikan informasi tanpa batas ruang dan waktu

Dengan memiliki website pelanggan maupun calon pelanggan bisa mengakses informasi dimana dan kapan saja.

Selain itu, website juga bisa menjadi sarana untuk memberikan informasi dengan media tanpa batas, seperti, grafik, teks, ilustrasi maupun gambar.

Sehingga pelanggan pun dapat mendapatkan informasi secara lengkap dan akurat selama 24 jam.

Menjadi sarana komunitas

Selain menjadi company profile atau media promosi, memiliki website juga bisa kamu gunakan untuk sarana komunitas.

Seperti, jika kamu menyukai buku, kamu bisa membuat website yang berisi tentang buku dan rekomendasi buku apa saja, hal ini bisa menjadi daya tarik bagi orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama denganmu.

Sebagai toko online/ecommerce

Di website juga kamu bisa melakukan transaksi dengan mengubahnya menjadi toko online/ecommerce.

Dengan menggunakan website ecommerce ini, kamu bisa mendatangkan transaksi dengan pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang di tawarkan oleh perusahaan.

Toko online tentunya memerlukan beberapa fitur tambahan untuk kemudahan pelanggan dalam mendapatkan produk atau jasa.

Kamu bisa menggunakan salah satu layanan Jagoan Hosting dengan layanan toko online, layanan ini sudah memiliki fitur unggulan, plugin lengkap, dan perhitungan biaya ongkos kirim.

Platform Website Populer

Berikut adalah beberapa platform website yang populer:

  • WordPress

WordPress adalah salah satu platform website yang paling populer di dunia. WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang gratis dan open-source yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola website mereka sendiri. WordPress menyediakan ribuan tema dan plugin untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas website.

  • Wix
Cek Konten Lainnya:
Gaji Programmer di Indonesia, Profesi Bidang IT Paling Dicari

Wix adalah platform website yang memungkinkan pengguna untuk membuat website mereka sendiri dengan mudah tanpa perlu menguasai kode. Wix menyediakan editor drag-and-drop yang intuitif dan template yang siap pakai untuk memudahkan pembuatan website.

  • Shopify

Shopify adalah platform website e-commerce yang memungkinkan pengguna untuk membuat toko online mereka sendiri. Shopify menyediakan fitur untuk mengelola inventaris, proses pembayaran, pengiriman, dan analisis penjualan.

  • Squarespace

Squarespace adalah platform website yang di rancang untuk membantu pengguna membuat website yang estetis dan fungsional. Squarespace menyediakan editor visual yang mudah di gunakan dan template website yang indah untuk membantu pengguna membuat website dengan cepat dan mudah.

  • Joomla

Joomla adalah sistem manajemen konten (CMS) yang gratis dan open-source yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola website mereka sendiri. Joomla menyediakan ribuan ekstensi dan plugin untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas website.

Contoh website

Jagoan Hosting sudah menyiapkan contoh website terbaik yang bisa menjadi sumber inspirasi. Langsung cek di bawah ini yuk!

Brodo

contoh website

Sebagai salah satu website yang di gunakan juga untuk e-commerce, Brodo memiliki desain yang elegan dan bisa kamu jadikan referensi.

Website yang bagus adalah website yang gampang di gunakan oleh penggunanya.

Brodo memiliki desain user interface dan user experience yang menarik bagi pengguna dengan gambar visual yang beresolusi tinggi, dengan warna yang elegan, gambar-gambar produknya juga detail dari segala sisi.

Unilever 

contoh website

Unilever adalah salah satu contoh perusahaan FMCG yang memiliki website bagus dan efektif.

Unilever juga menonjolkan citranya untuk menjadi perusahaan yang peduli dengan keberlangsungan (sustainability), contohnya Unilever memperlihatkan tentang donasi toilet layak bagi masyarakat India. 

Baca juga: 10 Cara Membuat Website SEO Friendly Secara Tepat [Lengkap]

HSBC

contoh website

Menjadi salah satu perusahaan yang mengalami kenaikan dari peringkat 30 menjadi peringkat 20 adalah bagian dari dampak positif dari website HSBC.

Hal ini karena HSBC berhasil menunjukkan citra perusahaan sebagai pioneer dalam bidang bisnis dan keuangan. 

Nestle

contoh website adalah

Nestle memiliki aspek visual yang elegan dan simple, namun pada website ini Nestle lebih menonjolkan kualitas informasi yang disediakan.

Sehingga, pengunjung pun diberikan informasi yang lengkap dan fakta-fakta yang berkaitan dengan makanan. 

Shell 

website adalah contoh website shell

Shell adalah salah satu perusahaan yang fokus terhadap meningkatkan online presence yang baik dengan konten yang di hadirkannya adalah konten dengan magazine styles.

Sehingga pengunjung visitor dapat membaca konten-kontennya seperti membaca majalah. 

Itulah penjelasan mengenai apa itu website hingga contohnya yang ada di internet.

Jika tertarik membuat website, pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan berbagai hal yang diperlukan, ya!

Apapun jenis website yang akan kamu buat, kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan fungsi dan juga kebutuhanmu.

Nah, buat kamu yang ingin membuat website, kamu harus memiliki hosting terbaik agar lebih aman dan memiliki fungsi yang optimal. 

Tidak perlu bingung, kamu bisa menggunakan layanan dari Jagoan Hosting, yakni Unlimited Hosting, dengan harga murah setiap bulannya, dapat domain gratis hingga plugin wordpress premium.

Berapapun Estimasi Visitor yang kamu harapkan, Unlimited Hosting dari Jagoan Hosting cocok untuk kamu. Tunggu apa lagi? Cek penawarannya sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Ubuntu-adalah
Read More
Mengenal Ubuntu, Ini Jenis dan Kelebihan Menggunakannya
Ubuntu adalah sistem operasi yang pertama kali dirilis pada tahun 2004 oleh Mark Shuttleworth, pebisnis Afrika Selatan. OS…
Read More
Ini Manfaat Object Storage yang Harus Diketahui oleh Semua Developer
Storage merupakan salah satu kunci dari sebuah sistem, storage merupakan tempat dimana data disimpan, seiring perkembangan jaman dan…