8+ Contoh Website E-Commerce dan Tips Membuatnya!

contoh website ecommerce

Salah satu hal yang paling dibutuhkan saat mengaplikasikan strategi digital marketing adalah kreativitas. Namun, jangan khawatir, ketika membuka platform pemasaran baru, kamu juga bisa melihat contoh website e-commerce dari beberapa brand besar untuk menjual produk.

Sebelumnya, perlu dipahami bahwa melihat website e-commerce bukan berarti menjiplak, tapi hanya sebatas mencari inspirasi. Lantas, apa saja rekomendasi desain laman yang tepat untuk menjual produk tertentu? Simak selengkapnya di sini!

Pengertian Website E-Commerce

website toko online

Apakah kamu berencana membangun bisnis e-commerce? Perlu diketahui terlebih dahulu, pengertian website e-commerce adalah kegiatan transaksi jual beli produk atau jasa oleh individu maupun perusahaan melalui media internet. 

E-commerce merupakan singkatan dari electronic commerce yang berarti perdagangan elektronik. Maka dari itu, website e-commerce adalah hal penting dalam transaksi ini.

Jadi sudah semestinya, elemen-elemen dalam website e-commerce adalah desain yang menarik dan enak dipandang sehingga akan membuat para pelanggan dan calon pelanggan nyaman melihat tampilan website e-commerce milikmu.

Sederhananya, di sini personal branding yang baik akan meningkatkan penjualan. Jadi sebaiknya, pilihlah desain website yang menarik sehingga dapat merepresentasikan produk milikmu dengan baik.

Transaksi dalam website e-commerce adalah kegiatan yang pertama kali ditemukan pada tahun 1994 oleh Phil Brandenberger. Ia membeli sebuah album “Sting Ten Summoner’s” seharga $12,48 menggunakan Mastercard.

Setelah kejadian itu, kegiatan transaksi perdagangan dalam website e-commerce meningkat dan terus berlangsung sampai sekarang. 

Contoh Website E-Commerce

Setelah mengetahui pengertiannya, kamu juga perlu memahami beberapa contoh website e-commerce Indonesia ataupun secara internasional.

Cek Konten Lainnya:
Mengubah Tumblr Menjadi Nama Domain Itu Mudah, Ini Caranya!

Sejalan dengan penjelasan sebelumnya, gaya desain dalam pembuatan sebuah website e-commerce adalah salah satu aspek penting yang tentu tidak boleh kamu lewatkan. 

1. Amazon

amazon

Contoh website e-commerce yang pertama adalah Amazon. Desainnya user-friendly dengan kemudahan dalam setiap menu untuk mempermudah pelanggan melakukan pencarian produk.

Amazon juga menyediakan fitur mesin pencari untuk mencari produk yang pengguna inginkan dan dapat mempercepat proses belanja. Selain itu, opsi filter yang tersedia juga membantu menampilkan produk yang paling relevan untukmu.

Meskipun memiliki jutaan produk di marketplace, Amazon mampu menyederhanakan antarmukanya yang mana pada akhirnya pelanggan dan calon pelanggan tidak merasa kesulitan dengan banyaknya opsi sehingga navigasi situs pun menjadi lebih mudah.

Baca juga: ​​12+ Kriteria Website User Friendly yang Wajib Diketahui

2. Port of Mokha

port of mokha

Selanjutnya, ada Port of Mokha yang juga termasuk dalam salah satu contoh website e-commerce. Website Port of Mokha mengutamakan penyampaian narasi merek yang menarik.

Port of Mokha menggunakan tulisan untuk melakukannya. Selain itu, Port of Mokha juga menerapkan headline yang persuasif untuk mengajak pelanggan mencari tahu proses di balik produk kopi yang mereka jual. 

Kalimat indah tentang kenikmatan kopi juga mendorong untuk turut larut dalam kisah mereka. Teknik tipografi yang tepat diterapkan agar tulisan tersebut mendapatkan spotlight yang tepat dan menarik perhatian.

Selain itu, terdapat slider testimoni hingga komentar dari publikasi ternama, dan juga halaman produk mereka menampilkan rating dan ulasan dari customer. Hal ini dilakukan tentunya untuk keperluan social proof untuk menaikkan reputasi merek Port of Mokha itu sendiri. 

3. Simply Chocolate

simply chocolate

Contoh website e-commerce internasional berikutnya adalah Simply Chocolate. Situs Simply Chocolate benar-benar menarik dan berani tampil beda dari website e-commerce lainnya.

Misalnya pada menu navigasi mereka menggunakan layout menyamping untuk memberikan efek yang unik.

4. Zalora

zalora

Selanjutnya, ada Zalora sebagai contoh website e-commerce di Indonesia. Zalora adalah platform penyedia aneka brand fashion terkenal yang tepat bagi penggemar fashion.

Zalora menyediakan banyak pilihan produk fashion berkualitas, mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris, dan lain sebagainya.

Cek Konten Lainnya:
Kenali DBMS: Arti, Jenis, Fungsi, Komponen, dan Contoh

5. Shopee

shopee

Contoh website e-commerce di Indonesia berikutnya yaitu Shopee. Shopee adalah sebuah platform e-commerce (perdagangan elektronik) yang didirikan pada tahun 2015 di Singapura oleh Sea Group. Platform ini beroperasi di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura, dan Taiwan.

Shopee menyediakan berbagai macam produk, mulai dari barang-barang elektronik, fashion, kecantikan, makanan dan minuman, hingga produk-produk unik dan kreatif dari seller-seller lokal. Shopee juga menawarkan layanan pembayaran, pengiriman, dan dukungan pelanggan yang terintegrasi dalam platformnya.

6. Tokopedia

tokopedia

Salah satu contoh website e-commerce di Indonesia lainnya adalah Tokopedia. Didirikan sejak 17 Agustus 2009, kini di tahun 2022, Tokopedia menjadi e-commerce paling populer di Indonesia, dengan total pengunjung mencapai 157 juta hingga saat ini. 

Baca juga: Inilah 7 Contoh Header Website Keren Bisa Jadi Inspirasi!

7. Blibli

blibli

Blibli adalah sebuah platform e-commerce (perdagangan elektronik) yang didirikan pada tahun 2011 di Indonesia. Blibli menawarkan berbagai macam produk, mulai dari barang-barang elektronik, fashion, kecantikan, makanan dan minuman, hingga produk-produk kesehatan dan kebugaran.

8. Ebay

ebay

eBay beroperasi di banyak negara di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, Kanada, Australia, dan India. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membeli atau menjual produk baru atau bekas dengan format lelang atau pembelian langsung.

9. Lazada

lazada

Lazada beroperasi di sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Lazada menyediakan berbagai macam produk, mulai dari barang-barang elektronik, fashion, kecantikan, perlengkapan rumah tangga, makanan dan minuman, hingga produk-produk unik dan kreatif dari seller-seller lokal.

Tips Membuat Website E-Commerce yang Menarik

Setelah mengetahui beberapa contohnya, mungkin kamu bertanya-tanya tentang bagaimana tips membuat website e-commerce sendiri? Untuk mendesain website e-commerce, terdapat beberapa elemen yang harus kamu pertimbangkan.

Cek Konten Lainnya:
Perbedaan Elementor vs Elementor Pro, Cek Selengkapnya!

Nah agar tidak bingung lagi, beberapa tips membuat website e-commerce adalah sebagai berikut. Yuk simak Sob!

1. Berikan Arahan yang Jelas

Arahan yang jelas harus didesain sebaik mungkin untuk apa yang mereka lakukan selanjutnya dan cara melakukannya. Kamu harus memuat instruksi yang terlalu jelas.

Bahkan, akan lebih baik lagi jika desain website e-commerce kamu bisa mengarahkan mereka hingga akhir alur konversi.

2. Tetap Konsisten

Branding adalah segalanya. Agar bisnis bisa lebih dikenal kamu perlu mendesain website e-commerce-mu agar lebih berkesan dan user friendly.

Dalam hal ini, perhatikan juga elemen dasar dari bisnismu seperti logo brand dan representasi visual bisnismu. Kamu juga harus memastikan bahwa website e-commerce dapat diakses tanpa masalah guna meningkatkan pengalaman pengguna dan sisi SEO-nya.

3. Pastikan Website E-commerce Rapi dan Mudah Dibaca

Poin terakhir ini berkaitan dengan user interface. Tampilan yang simpel adalah kunci untuk mendesain website e-commerce secara menarik.

Kamu dapat memberikan ruang kosong dan mempersingkat paragraf panjang menjadi teks yang lebih singkat agar lebih mudah dibaca dengan cepat dan dipahami.

Itu dia beberapa contoh website e-commerce yang bisa menjadi inspirasi ketika akan melakukan strategi digital marketing. Menarik bukan? Jangan lupa simak blog Jagoan Hosting agar tidak ketinggalan informasi menarik seputar dunia teknologi dan bisnis.

Buat Website E-Commerce Pakai Layanan Hosting dari Jagoan Hosting

hosting toko online

Nah, apabila kamu sedang mencari penyedia hosting dengan hosting terbaiknya, Jagoan Hosting menyediakan layanan Cloud Hosting yang lho, bisa kamu gunakan untuk membangun e-commerce atau toko online sendiri.

Jika kamu ingin memilih paket toko online siap pakai, bisa kamu pilih di layanan toko online, Tunggu apalagi? Yuk coba sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
profesi web programmer
Read More
Jam Kerja Fleksibel! Berikut 6 Fakta Menarik Profesi Web Programmer
Profesi Web Programmer – Ketika mendengar kata programmer, image seperti apa yang mungkin terbayang di benak Anda? Mungkinkah…
tahapan membuat website
Read More
6 Tahapan Membuat Website Lengkap untuk Pemula, Tanpa Ribet!
Saat ini, penggunaan website semakin dibutuhkan banyak orang. Jika kamu termasuk yang memerlukannya, memahami tahapan membuat website menjadi…