11+ Tools Digital Marketing untuk Tingkatkan Bisnis Online

tools digital marketing

Saat dunia global memasuki masa digital, maka gaya hidup di semua lini pun ikut berubah, termasuk di dunia marketing. Cara konvensional pun ditinggalkan berganti dengan digital marketing. Nah di titik inilah keberadaan tools digital marketing jadi sangat berperan.

Sebagai sesuatu yang wajib bagi sebuah bisnis di masa kini, peran digital marketing memiliki banyak sekali manfaat bagi para pebisnis. Mulai dari membangun brand awareness hingga meningkatkan level penjualan.

Lantas apa saja langkah persiapan sebelum melakukan digital marketing? Serta apa tools dan software yang terbaik untuk menjalankan Social media marketing? Yuk ketahui semuanya beserta pengertian, manfaat dan jenis tools digital marketing pada uraian di bawah ini.

Apa Itu Tools untuk Digital Marketing?

Tools digital marketing sendiri adalah sebuah alat yang akan membantu pemilik bisnis untuk melakukan berbagai kegiatan promosi secara online. Bahkan tak hanya promosi, tools marketing ini juga dapat sebagai alat pengelolaan bisnis secara keseluruhan. 

Contoh penggunaan tools digital marketing adalah periklanan digital, pelaksanaan direct email dan sebagai alat riset pasar bagi sistem penjualannya. Selain itu, pengumpulan data pelanggan dapat juga dengan memanfaatkan tools marketing bagi beberapa jenis bisnis tertentu.

Tentunya dengan data tersebut, para pelaku usaha akan dapat menggunakannya sebagai dasar dalam membuat strategi pemasaran berikut pengembangan bisnis berkelanjutan. Melalui tools ini bisnis yang membutuhkan banyak leads akan sangat diuntungkan.

Mengapa? Karena tanpa tools digital marketing pelaku usaha akan kesulitan dalam mengelola sekaligus mengukur online marketing yang sedang berjalan. Sehingga kebijakan akan langkah kedepannya juga sulit untuk diambil.

Persiapan Sebelum Melakukan Digital Marketing

1. Tentukan Target Pasar

Persiapan pertama, tentukan siapa target konsumen kamu. Untuk itu kamu perlu mengenali dan mengetahui siapa target pasar yang tepat.

2. Pilih Produk Solutif

Setelah tahu siapa target konsumen kamu, maka carilah produk yang akan menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi konsumen tersebut.

3. Bangun Website & MedSos

Langkah persiapan selanjutnya, bangunlah Website serta manfaatkan media sosial yang ada sebagai wadah promosi yang mampu meraih target pasar kamu.

4. Manfaatkan SEO, SEM, dan Social Media Ads

Langkah terakhir, lakukan penerapan SEO, SEM, dan Social Media Ads agar jangkauan digital marketing kamu lebih meluas. SEO akan memungkinkan website kamu untuk muncul di halaman pertama mesin pencarian Google.

Sedangkan dengan SEM dan Social media ads maka digital marketing kamu akan lebih cepat terkenal. Hanya saja SEM tidak gratis namun merupakan layanan berbayar. 

Manfaat Digital Marketing

Jika Anda membandingkan dengan cara pemasaran konvensional, maka berikut ini beberapa keuntungan penerapan marketing digital, yaitu:

1. Efisiensi Biaya, Tenaga dan Waktu

Mampu untuk melakukan penghematan baik dari segi biaya, tenaga hingga waktu adalah manfaat utama yang akan Anda peroleh. Bagaimana tidak? Pelaku bisnis tetap akan memasarkan produknya secara lebih luas dan lancar meski tak punya banyak tenaga sales.

Dedicated Hosting

Perekrutan tenaga kerja yang menghabiskan cukup banyak alokasi biaya akan dapat Anda tekan. Karena yang Anda perlukan hanyalah beberapa SDM handal guna membuat rancangan inti pemasaran.

Nantinya akan ada beberapa perkecualian bagi strategi digital marketing tertentu yang butuh biaya mahal. Namun percayalah keuntungan yang akan Anda dapatkan pasti seimbang dengan peningkatan level penjualannya.

Cek Konten Lainnya:
Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital Dengan Tepat

Melalui pemasaran digital, waktu pelaksanaan plus durasi pemasaran online dapat Anda tentukan dengan bebas. Bahkan hal itu juga dapat terukur secara real time demi mengikuti karakteristik internet yang memang serba cepat.

2. Jangkauan Luas dan Target Lebih Spesifik

Melalui digital marketing maka sebuah produk akan dapat memiliki peluang lebar untuk dilihat pengguna internet dari berbagai wilayah di dunia. Hal tersebut menjadi mungkin karena dunia internet memang menghapuskan batasan wilayah teritorial.

Lebih kerennya lagi para pemirsa digital marketing tersebut dapat disaring secara spesifik sesuai dengan target konsumen melalui tools digital marketing. Pengerucutan ini tentu akan membuat peluang penjualan terbuka makin lebar.

3. Memudahkan Evaluasi untuk Pertumbuhan Ekonomi

Tersedianya analytic tool pada digital marketing akan memudahkan pengukuran efektivitas pemasaran yang Anda lakukan. Sehingga dengan begitu maka Anda akan mampu membuat strategi digital marketing dengan versi lebih baik, demi tercapainya tingkat penjualan.

Jenis Marketing Tools

jenis marketing tools

Dalam prakteknya, ada beberapa jenis tools digital marketing yang dapat Anda manfaatkan menjalankan bisnis. Lantas marketing tools apa saja?

1. Survey

Jenis digital marketing yang pertama adalah survey sangat yang bermanfaat untuk menentukan jenis produk yang akan Anda produksi. Selain itu survey juga berguna sebagai alat komparasi dengan kompetitor.

Anda juga dapat menggunakannya guna mendapatkan data mengenai apa yang pelanggan suka dan tak suka dari suatu produk. Bentuk survey sendiri bermacam-macam. Mulai dari survey secara online, survey dengan tatap muka, survey melalui sarana telepon atau pos.

Contoh tools untuk survey online, Anda dapat memanfaatkan Google Docs dan Survey Monkey.

2. Google Analytics

Google Analytics adalah salah satu alat yang bermanfaat untuk memberikan overview dari mana asal pengunjung sebuah website.  Selain itu data tentang tipe pengunjung serta konten apa yang paling disukai pengunjung internet juga bisa Anda dapat lewat Google Analytics ini.

Dengan mempunyai data tersebut maka Anda akan mampu untuk meningkatkan konversi melalui penetapan strategi.

3. Direct Mail

Direct Mail adalah sebuah tools email marketing yang akan membantu pemilik usaha untuk secara khusus menargetkan pelanggan potensialnya. Metode ini menjadi salah satu cara terbaik dalam digital marketing sejak munculnya internet dan email.

4. Media Monitoring Tools

Tools marketing ini berguna sebagai alat melakukan pemindaian pada website guna mendapatkan data yang relevan. Data ini berasal dari interaksi yang terjalin antara konsumen dengan perusahaan Anda yang terwakili oleh website, media sosial, forum, blog dan video.

Data yang akan terkumpul tersebut meliputi ketertarikan terhadap produk atau merek milik Anda. Dengan begitu maka pemilik usaha secara online akan dapat tahu bagaimana respon serta reaksi konsumen terhadap produk dan layanannya.

Selain itu pemilik bisnis, melalui jenis tools digital marketing ini juga akan mampu meminimalisir penyebaran berita negatif. Sebaliknya pemilik bisnis akan dapat meningkatkan brand awareness akan produk, layanan, atau perusahaan miliknya tersebut.

5. Program Loyalitas Konsumen

Jenis alat marketing yang satu ini akan membantu pemilik usaha untuk mempertahankan konsumen setianya agar melakukan pembelian kembali pada produknya. Sayangnya marketing tools berbentuk program loyalitas pelanggan ini paling sering diabaikan. 

Padahal, alat marketing yang satu ini merupakan cara paling efisien bagi pemilik usaha untuk menjaga level penjualannya. Karena dengan penerapan program loyalitas maka biaya promosi akan jauh lebih sedikit jika Anda bandingkan dengan usaha mendapatkan pelanggan baru.

6. Otomatisasi

Jenis tools digital marketing selanjutnya adalah otomatisasi. Tools pemasaran ini akan membantu pemilik usaha menghemat banyak waktu dalam melaksanakan kegiatan pemasaran online hariannya.

Contoh otomatisasi antara lain adalah menyimpan file dan email ke spreadsheet. Bahkan pada otomatisasi ada beberapa tools yang dapat Anda buat rantai fungsi. Tools ini biasanya ada di Facebook, Twitter, FitBit, Google Drive dan Gmail. 

7. Iklan Baris

Alat pemasaran digital yang satu ini akan membantu pemilik bisnis untuk mampu meningkatkan leads, yaitu konsumen potensial. Melalui iklan baris maka tercipta peluang seorang konsumen tertarik untuk mengunjungi sebuah web atau halaman tertentu guna mendapatkan informasi.

Cek Konten Lainnya:
Cara Buat Google Business Profile agar Bisnis Muncul di Pencarian

8. Media Sosial

Yang paling akhir adalah media sosial yang merupakan tools social media yang sangat populer. Melalui media sosial pemilik usaha akan mampu membangun hubungan online yang interaktif dengan konsumennya. 

Tujuannya untuk membangun kepercayaan dan loyalitas dari pihak konsumen. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari blogging, posting, membuat cuitan di Twitter biasanya adalah tools pemasaran yang populer. 

Selain itu pemilik usaha juga dapat memanfaatkan internet marketing yang dalam pelaksanaannya akan membutuhkan keterampilan khusus. Contoh penerapannya adalah pemberlakuan SEO atau Search Engine Organization dan periklanan online.

Baca juga: Apa itu Social Media Marketing? Manfaat, Platform dan Strategi

Daftar Digital Marketing Tools

Dari berbagai jenis tools marketing di atas, berikut daftar rekomendasi tools digital marketing yang biasanya para pelaku bisnis pergunakan, yaitu:

1. Google Trend

tools digital marketing google trend

Google Trend ini akan bermanfaat bagi para pemilik bisnis yang merasa kehabisan ide untuk membuat konten bagi pemasaran produknya. Selain itu alat ini juga berguna untuk mendapatkan data mengenai trend apa.

Bukan hanya tren yang sedang terjadi saat ini namun juga prediksi akan tren pada beberapa bulan sebelumnya. Tools keren ini merupakan alat marketing gratis alias tanpa bayar yang Google sengaja sediakan bagi penggunanya.

2. Mailchimp

tools digital marketing mailchimp

MailChimp adalah sebuah tools marketing digital untuk penggunaan pada social advertising dan email marketing. Fungsinya adalah mengatur dan mengotomatisasi promosi digital marketing milik pelaku bisnis.

Marketing tool ini akan berguna untuk meningkatkan promosi, melacak traffic yang ada, sekaligus memungkinkan integrasi dengan platform lainnya.

3. Hootsuite

hootsuite

Penggunaan tools Hootsuite ini dapat Anda terapkan sebagai social media management tools. Gunanya adalah untuk membantu membuat perencanaan, melakukan penjadwalan, dan sindikasi posting sosial. 

Fitur utama di dalamnya antara lain adalah manajemen tugas dasar, penjadwalan otomatis, pelaporan kinerja, pemantauan media sosial dan lain-lain. Situs sosial media yang terintegrasi tools ini antara lain adalah Facebook, Twitter, WP, LinkedIn, Foursquare, MySpace, dll.

4. Google Analytic

Google Analytics memungkinkan pelaku usaha dengan pemasaran online untuk melacak dan menganalisa promosi serta strategi digital marketing miliknya. Hal tersebut dapat berjalan melalui berbagai data yang berasal dari channel digital marketing yang pemilik bisnis gunakan.

Google Analytics akan berisi data tentang siapa yang datang ke website, dari mana asalnya dan di halaman mana preferensinya. Dengan begitu maka pemilik bisnis akan mampu menyiapkan sasaran dengan persiapan ecommerce yang lebih baik lagi.

Jika websitemu sudah terintegrasi dengan Google Analytics dan ingin dengan mudah melihat datanya di dashboard WordPress? Tenang aja, karena produk Insta Website Platform dari Jagoan Hosting sudah terintegrasi dengan plugin yang memudahkan monitoring datamu dari Google Analytics dengan tampilan yang lebih mudah dipahami.

5. Google Search Console

Google Search Console adalah sebuah tools digital marketing tanpa bayar yang berasal dari Google. Alat digital ini akan mampu membantu penggunanya dalam mengukur traffic suatu website. 

Pada Google Analytics data yang terkumpul dapat pelaku usaha gunakan baik pada promosi organik dan anorganik. Akan tetapi tak demikian halnya dengan Google Search Console.

Melalui Google Search Console pemilik usaha akan mendapatkan wawasan mengenai bagaimana kinerja situs web dalam pencarian organik. Selain itu alat ini juga akan mampu untuk melakukan penyesuaian situs indeks Google.

Selain itu dengan tools ini pemilik bisnis atau usaha akan mampu melihat melihat kinerja kata kunci. Hal ini akan sangat berguna untuk memperbaiki isu teknik pada website miliknya.

6. Data Studio

Jika Anda sebagai pemilik suatu usaha yang sedang menjalankan promosi digital dan membutuhkan visualisasi data, maka dapat menggunakan Data Studio. Tools digital marketing yang satu ini akan membantu untuk membuat laporan jadi lebih mudah dibuat dan dipahami. 

Dari tools ini pemilik usaha akan mendapatkan kumpulan data yang berasal dari berbagai tempat ke dalam satu lokasi. Yang mana hal ini akan membuat laporan berisi berbagai informasi menjadi mudah untuk para pelaku bisnis pahami, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Cek Konten Lainnya:
7 Skill Digital Marketing yang Wajib Kamu Miliki!

7. SE Ranking

se ranking

Tools digital marketing berikutnya adalah SE Ranking yang merupakan tools marketing yang memudahkan bagi para pemilik website. Mulai dari membuat laporan, melakukan persiapan, membuat rangkuman analisa, hingga melakukan penyesuaian pada strategi marketing.

SE Ranking ini bahkan dapat juga membantu para pemilik usaha untuk melakukan kegiatan pemasaran yang kompleks sekalipun. Beberapa fitur unggulannya adalah On-Page SEO Audit, Keyword Rank Tracking, Position Tracking hingga Competitor Research.

Selain itu terdapat juga fitur Keyword Suggestion Tool dan Keyword Grouping Marketing plan.

8. Yoast SEO

yoast seo

Bagi pengguna WordPress yang ingin melakukan optimalisasi websitenya, maka Yoast SEO dapat berguna sebagai pluginsnya. Dengan Yoast SEO maka sebuah website akan mampu memiliki performa yang lebih baik pada Google Search.

Melalui Yoast SEO, pemilik Website akan dapat terbantu dalam submit sitemaps, melakukan pengaturan keywords serta membuat konten.  Dengan berbagai hal tersebut maka performa website pun akan dapat menjadi lebih baik lagi.

9. Ads Library Facebook

facebook ads library

Tools digital marketing selanjutnya ini akan bermanfaat untuk melihat iklan apa saja yang dijalankan oleh kompetitor di media sosial Facebook. 

Fitur gratis dari Meta ini akan menampilkan semua iklan yang tayang. Mulai dari Facebook, Instagram, Messenger bahkan yang ada di Audience Network. Data tersebut termasuk juga kapan waktu penayangan serta jenis platform yang dipakai.

Bahkan jenis gambar hingga penggunaan copywriting juga menjadi data yang tersaji. Tentu fasilitas ini akan bermanfaat sekali, karena melaluinya pelaku bisnis akan dapat menjadikannya sebagai referensi iklan. 

10. Trello

Tools digital marketing yang kesepuluh adalah Trello yang memungkinkan bagi pemilik bisnis melakukan pengaturan berbagai proyek dalam satu tempat. Melalui Trello, maka semua peserta proyek akan tahu apa, siapa serta sejauh mana sebuah proyek sedang berjalan.

Beberapa fasilitas yang terdapat pada Trello antara lain adalah kolaborasi, tracking, hingga reminder pada deadline proyek yang sedang berjalan. Beberapa fitur yang tersedia antara lain adalah Cards, List, Boards, Menu dan lain sebagainya.

11. Canva

canva

Tools digital marketing yang ini akan berguna bagi para kreator digital marketing atau pemilik bisnis yang membutuhkan skill membuat desain. Nama alat marketing digital tersebut adalah aplikasi bernama Canva.

Dengan menggunakan aplikasi Canva maka seseorang akan mampu memiliki skill tambahan berupa kemampuan untuk mendesain. Tanpa repot harus menguasai tools Photoshop ataupun Illustrator, pengguna Canva akan mampu menghasilkan desain cemerlang.

Dengan berbagai tools desain yang sangat mudah dalam penggunaannya serta berbagai fitur, Canva pun menjadi alat yang dapat diandalkan. Selain itu di dalam Canva juga tersedia berbagai desain template yang dapat langsung digunakan.

12. SEMRush

semrush

SEMrush adalah sebuah tools SEO yang berguna pada pemasaran digital. Alat ini umumnya banyak dimanfaatkan oleh para ahli SEO serta pemilik website. Melalui SEMRush maka berbagai informasi yang berkaitan akan dapat pelaku bisnis dapatkan dengan mudah.

Contoh pengumpulan data melalui SEMRush antara lain adalah mengetahui apa field bisnis klien serta mendapatkan kata kunci yang sesuai. Selain itu SEMRush juga dapat berguna untuk melihat trafik website dan mencari tahu masalah pada suatu Website.

Beberapa fitur andalan di dalam SEMRush antara lain adalah Position Tracking Pages, SEO Content dan Template Content. Selain itu terdapat juga Marketing Toolkit, On-Page SEO Checker, Competitive Research, Analysis Rank hingga Content Optimization.

Melihat begitu besar manfaatnya, rasanya akan sayang jika tools digital marketing tersebut tak Anda manfaatkan bukan?

Segera manfaatkan beberapa tools digital marketing di atas untuk perkembangan bisnismu. Pastikan juga kamu menggunakan website dengan performa terbaik dan didukung fitur yang bisa tingkatkan penjualanmu melalui website.
Insta Website Platform dari Jagoan Hosting siap support aktivitas bisnismu dengan integrasi marketing tools dengan garansi load speed 5 detik dan include pilihan template terbaik untuk bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Strategi Marketing B2C
Read More
Tips Strategi Marketing B2C untuk Mengembangkan Bisnis Kamu
Bagaimana menentukan Strategi Marketing B2C yang efektif? Pertanyaan itu mungkin muncul dibenak kamu. Menentukan strategi pemasaran bisnis B2C…
contoh teks iklan
Read More
20+ Contoh Teks Iklan Makanan, Slogan & Layanan
Iklan menjadi salah satu strategi marketing yang hingga kini terbukti efektif untuk mengenalkan suatu produk, jasa, maupun layanan.…