Inilah 7 Contoh Header Website Keren Bisa Jadi Inspirasi!

contoh header website

Sebagian orang mungkin masih bingung terkait fungsi, ukuran, hingga contoh header website. Namun sebelum mulai memahami informasi tersebut, kamu perlu mengetahui cara membuat website apa yang dimaksud dengan header.

Header website adalah salah satu aspek penting guna menampilkan informasi kunci. Posisinya yang berada di sisi paling atas halaman, menjadikan elemen ini tempat bagi konten unggulan untuk menarik pengunjung. Yuk simak untuk mendapat informasi lebih lanjut!

Fungsi Header Website

Header website berada di posisi paling atas di setiap halaman website. Salah satu fungsi header website adalah ketika diklik akan membawa pengunjung kembali ke homepage yang berfungsi sebagai tool navigasi pusat.

Contoh header website yang baik akan lebih mudah dikenali terutama jika menggunakan logo dan warna brand.

Header website merupakan hal penting karena merupakan elemen kunci dari website dan umumnya memuat link ke beberapa halaman yang pelanggan ingin kunjungi. Header website menjadi hal pertama yang akan dilihat orang ketika mengakses sebuah situs. 

Fungsi header website dapat memuat konten, video, produk, atau call-to-action (CTA). Hal tersebut merupakan sebuah patokan website secara menyeluruh.

Maka dari itu, kamu harus memikirkan semuanya dengan baik mulai dari warna, gaya, logo, brand identity, ukuran pixel atau besarnya gambar di header website. Informasi di bagian header website juga harus jelas agar pelanggan terdorong untuk menjelajahi website lebih jauh. 

Selain penambahan logo dan brand identity, kamu juga bisa menjelaskan kepada pengunjung mengapa mereka harus memilih brand atau produk kamu dibandingkan dengan kompetitor.

Cek Konten Lainnya:
Machine Learning: Contoh, Metode, Cara Kerja, Jenis & Fungsinya

Jelaskan melalui kalimat singkat yang memuat brand produk atau sebuah tagline yang sudah dikenal oleh customer. Kamu juga bisa menyertakan keunggulan dari brand misalnya kualitas tinggi, harga terbaik, hingga biaya pengiriman yang gratis.

Baca juga: Cara Membuat Landing Page yang Menarik & Mudah untuk Pemula!

Ukuran Pixel Header Website

Setelah mengetahui fungsinya, kamu juga perlu mengetahui ukuran gambar header website Sob! Nah sebenarnya, berapa sih ukuran gambar header website yang optimal?

Sebelumnya, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa ukuran gambar header website tidak dapat disamaratakan. Mengapa demikian? 

Hal ini karena berkaitan langsung dengan perkembangan teknologi pada layar monitor, smartphone, serta perangkat lain yang biasa kita gunakan.

Kendati demikian, terdapat ukuran dalam format pixel yang dapat kamu jadikan patokan. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, mayoritas web developer menggunakan standar ukuran pixel header website sebesar 1024×768 pixel.

Adapun ukuran pixel header website yang mengacu pada beberapa layar monitor komputer atau perangkat lainnya untuk mengakomodasi kebutuhan layar resolusi besar dengan menggunakan 1280×1600 pixel. 

Patokan ukuran pixel header website yang ada ini dilakukan tentunya untuk dapat menyesuaikan tren pasar.

Selain itu, patokan yang tersedia juga tidak hanya untuk ukuran gambar header website, akan tetapi juga dapat diterapkan pada ukuran video.

Meskipun begitu, sebenarnya ukuran pixel header website yang kita bicarakan sebelumnya bukan hal yang menjadi patokan pasti dan sebuah keharusan. 

Kemudian jika kamu sebagai pebisnis yang paling penting harus dapat melihat dan menyesuaikan kebutuhan dari website dengan menentukan ukuran gambar header website untuk  dapat dinikmati bagi pelanggan dan calon pelanggan.

Hal ini dilakukan agar customer ataupun calon pelanggan akan semakin nyaman ketika bertransaksi atau sekadar mencari informasi pada website-mu Sob!

Cek Konten Lainnya:
Biar Belajar di Rumah Makin Semangat, Yuk Pakai 5 Aplikasi Belajar Online Berbayar Berikut Ini!

Contoh Header Website Keren

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, dan juga mempelajari ukuran pixel-nya, terdapat contoh header website keren yang akan menunjang dan bisa jadi salah satu inspirasi ketika kamu ingin membuatnya. 

Header website keren akan berguna untuk dapat memanjakan pelanggan dan akan berdampak agar mereka terdorong untuk menjelajahi situsmu lebih jauh.

Tentunya dengan memertimbangkan kebutuhan ukuran gambar, berikut ini setidaknya ada 7 contoh header website keren yang dapat kamu jadikan referensi Sob! Check it out!

1. Parallax Header

Contoh header website keren yang pertama adalah Parallax. Dewasa ini, desain Parallax semakin banyak menghiasi beberapa website di internet. Parallax dipilih karena karakteristiknya yang sangat interaktif yang dapat menciptakan ilusi sesuai arah gerak.

2. Header Website Animasi

Selanjutnya, contoh header website yang tak kalah keren adalah animasi. Animasi pada header website dapat menjadi sebuah solusi ketika kamu ingin menyampaikan informasi tetapi dengan interaksi melalui animasi.

Untuk dapat menciptakan interaksi komunikasi kamu dapat menggunakan animasi desain estetik, interaktif, namun tetap memiliki kecepatan akses tinggi.

3. Hero Image Header Website

Kemudian ada juga hero image dalam contoh header website selanjutnya. Hal paling menarik dan menjadi keunggulan hero image header adalah pada nilai estetik serta fokus informasi yang disajikan.

Pasalnya, dengan menggunakan hero image header, pengunjung website-mu akan langsung melihat gambar di seluruh bagian layar perangkat mereka. Tetapi seluruh gambar yang tersaji, mempunyai efek akan mempengaruhi loading website dan juga pilihan layout yang digunakan.

4. Video Header

Contoh header website keren keempat adalah dengan memanfaatkan video. Dengan konten video, kamu dapat menyampaikan informasi dengan lebih akurat dan terperinci ketimbang hanya sekedar gambar.

Selain itu, video header juga bisa menjadi solusi untuk menarik pengunjung. Ukuran pixel header website dalam konten video sama juga dengan ukuran gambar header website, yakni 1024×768 pixel atau 1280×1600 pixel dengan opsi ukuran untuk layar yang lebih besar.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Enkripsi Data? Begini Manfaat dan Cara Kerjanya

Baca juga: 10 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Maupun Offline

5. Simple Header

Yang tak boleh ketinggalan dalam contoh header website adalah header yang simple. Simple header dapat kamu pilih jika akan membidik kalangan profesional ataupun generasi milenial.

Terdapat contoh header website simple bisa menjadi referensi, misalnya website Apple yang mempunyai desain simple minimalis dan langsung menampilkan produk gadget unggulan mereka.

6. Fixed (Sticky) Header

Contoh header website keren selanjutnya adalah fixed header. Tipe desain fixed header biasa ditemukan di website e-commerce atau website yang menjual jasa. Fixed di sini berarti header tersebut akan selalu pada tempatnya meskipun kita berada pada halaman berbeda.

Mempunyai sifat yang sticky atau menempel terus di bagian atas dapat kamu manfaatkan untuk meletakkan tombol checkout, call-to-action (CTA) atau informasi yang akan selalu terlihat.

Contoh header website keren yang terakhir adalah carousel header. Ketika memanfaatkan tipe desain carousel, kamu akan mendapatkan informasi promo atau produk terbaru melalui beberapa banner yang didesain secara carousel atau bergantian.

Selain hemat tempat, contoh header website dengan desain seperti ini juga relatif tidak membosankan.

Demikian penjelasan lengkap mengenai fungsi, ukuran, hingga contoh header website keren.  Melalui pengaplikasian hal tersebut, tentu kamu jadi bisa menarik pengunjung untuk berkunjung.

Bagaimana, apakah kamu tertarik membuat salah satunya?Yuk simak informasi lainnya tentang teknologi di Blog Jagoan Hosting dan Jangan lupa cek tawaran layanan web hosting murah agar tidak ketinggalan diskon dan promonya sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
agile software development
Read More
Apa itu Agile Software Development?
Agile Software Development adalah istilah yang pasti sudah akrab di telinga para pekerja bidang teknologi informasi. Istilah ini…
digitalisasi kampus
Read More
Kenali 7 Manfaat Digitalisasi Kampus untuk Pendidikan
Sebelum pandemi, beberapa kampus sudah menerapkan sistem digitalisasi untuk mempermudah keberlangsungan belajar mengajar mahasiswa dan dosen. Setelah pandemi,…