Ingin tahu bagaimana cara membuat landing page? Landing page adalah salah satu strategi marketing yang cukup efektif meningkatkan pelanggan dan trafik situs.

Perannya pun sangat penting mengingat landing page adalah halaman yang akan langsung dilihat setelah visitor mengunjungi suatu link.

Nah ternyata, kamu juga bisa membuat landing page sendiri lho. Penasaran bagaimana caranya? Pahami panduan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa itu Landing Page?

Ketika kamu mengunjungi sebuah situs, ada dua pilihan yang mungkin kamu lakukan. Yaitu hanya membaca-baca atau melakukan sesuatu yang lebih dari itu, semisal berbelanja. Di sinilah landing page berperan.

Sederhananya, landing page adalah halaman dalam website yang di desain sedemikian rupa dengan mindset marketing, dan ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar. 

Landing page bisa menjadi kesempatan emas bagi perusahaan untuk mendapatkan informasi pengunjung. Di mana biasanya pengunjung diminta untuk memasukkan beberapa data seperti nama, email, alamat, nomor telepon, dan lainnya. 

Hal ini bisa menjadikan landing page sebagai halaman peningkat conversion rate, yaitu persentase seberapa jauh sebuah situs bisa mengajak pengunjung untuk melakukan sebuah tindakan. 

Tindakan tersebut bisa beragam, mulai dari subscribe newsletter, registrasi akun, membuka informasi promo, dan lainnya.

Ada dua fungsi utama dari landing page berdasarkan jenisnya. Yang pertama yaitu dipakai untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau leads, yang di mana leads ini dijaga oleh bisnis. Lalu, di masa mendatang calon pelanggan ini diharapkan melakukan pembelian. 

Yang kedua, fungsi landing page adalah untuk mempercepat transaksi. Halaman landing page ini terbebas dari gangguan menu dan tombol navigasi lain, sehingga memberikan jalan khusus bagi pengunjung untuk mengakses produk yang ingin dilihat. 

Bicara mengenai pengertian dan fungsinya, masih kurang rasanya jika tak ada contoh landing page yang bagus. Jagoan Hosting akan menyertakan beberapa landing page yang cukup inspiratif untuk referensi agar bisa kamu jadikan contoh cara membuat landing page, Sob

  • Airbnb
  • Neil Patel
  • Uniqlo
  • Mailchimp

Cara Membuat Landing Page

Berikut adalah beberapa tips cara membuat landing page untuk kamu!

1. Gunakan URL Utama

Cara membuat landing page yang pertama, kamu perlu memperhatikan penggunaan URL domainnya. Di mana poin ini berfokus pada konsistensi nama brand milikmu. 

Nilai brand bisa saja luntur ketika landing page menggunakan nama domain yang berbeda. Jadi mudahnya, meletakkan landing page di dalam nama domain sendiri bisa menjadi nilai plus ketika orang-orang mencari keyword yang dioptimasi dalam website itu.

2. Pilih Keyword yang Tepat

Keyword dalam landing page tentu tidak boleh sembarangan, karena menjadi salah satu poin penting dalam SEO untuk mendapat hasil terbaik di hasil pencarian. 

Ketimbang menggunakan keyword seperti “penyedia layanan hosting” yang bersifat luas, lebih baik kamu menggunakan “penyedia layanan hosting murah Malang”. Hal tersebut akan membuatmu mampu meraih audiens yang tepat sesuai target bisnis ketika menerapkan cara membuat landing page.

3. Letakkan Keyword di Landing Page

Ketiga, cara membuat landing page website adalah meletakkan keyword. Keyword yang kamu tentukan tadi harus diletakkan secara tepat di beberapa bagian landing page, seperti title tag, meta description, header tags, dan judul gambar. 

4. Masukkan Informasi Penting

Cara membuat landing page website yang keempat adalah dengan memasukkan informasi penting. Banyak sumber mengatakan jika search engine lebih senang dengan konten ypanjang dibandingkan yang pendek.

Hal ini bisa dibilang benar. Landing page akan lebih baik jika ditulis dalam konten yang panjang. Namun, pastikan untuk tetap memasukkan informasi yang bernilai.

Baca juga: 12+ Kriteria Website User Friendly yang Wajib Diketahui

5. Optimalkan Kecepatan Landing Page

Kecepatan halaman menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan peringkat website dalam mesin pencari. Hal ini sudah terverifikasi oleh Google, lho! 

Jika pengunjung masuk ke dalam landing page dan memerlukan waktu lebih dari tiga detik untuk dimuat, mereka bisa saja menutup halaman tersebut karena sudah tidak sabar. 

Hal ini pasti akan sangat merugikan, dan mengharuskan kamu menggunakan fitur Google PageSpeed Insight untuk mengetahui kecepatan landing page dalam memuat informasi secara sempurna. 

6. Buatlah konten yang dapat dibagikan

Sebaiknya kamu menciptakan konten landing page yang memuat informasi penting. Dengan konten yang penting, maka akan semakin banyak orang membagikan informasi dari landing page milikmu ke berbagai sosial media.

Backlink adalah salah satu strategi SEO yang cukup sulit didapatkan. Backlink adalah strategi SEO dimana ada website lain yang meletakkan link websitenya di website orang lain.

Sistem backlink yang baik adalah tidak secara sengaja meminta orang lain memasukkan link website kamu di website mereka. 

Contohnya, ada suatu website seputar review hosting terbaik, lalu website tersebut memberikan backlink menuju website Jagoan Hosting. Bisa saja website tersebut memberikan informasi mengenai Jagoan Hosting yang menyediakan layanan hosting murah dan terpercaya.

Produk-produk Unlimited Hosting dari Jagoan Hosting pun mendukungmu membuat website tanpa repot! Dengan ratusan pilihan tema, kamu bisa membuat konten website maupun landing page dalam sekejap. Nah, dengan harga Rp9.000 saja per bulan, kamu sudah bisa menikmati salah satu paket unlimited hosting. Langsung saja cek penawaran Unlimited Hosting yuk!

Nah, link tersebut lah yang disebut backlink.

Cara Membuat Landing Page di WordPress

Setelah mengetahui tips cara membuat landing page yang baik, yuk ikutin cara membuat landing page di wordpress berikut ini!

1. Login WordPress

Cara membuat landing page di wordpress yang pertama yaitu melakukan login wordpress. Jadi, sebelum login pastikan kamu sudah menginstallnya.

2. Buat halaman baru

Lalu, kamu dapat menggunakan editor wordpress default atau elementor. Cara membuat landing page dengan elemento bisa dimulai dengan mengklik tombol Edit with Elementor dan memilih Elementor Canvas. Step ini akan memberi kamu halaman kosong untuk mendesain landing page.

3. Buat kerangka landing page

Cara membuat landing page di wordpress yang selanjutnya adalah membuat kerangka atau halaman landing page baru. Untuk membuat landing page, kamu harus membuat halaman baru yaitu dengan klik Pages dan klik Add New. 

4. Masukkan konten landing page

Cara membuat landing page yang terakhir adalah memasukkan konten! Setelah itu beri judul new page yang kamu inginkan untuk landing page. Di sana kamu bisa menambahkan konten dan jangan lupa untuk klik Publish.

Baca juga: 15 Aplikasi Website Gratis Terbaik Tanpa Coding, Wajib Tahu!

Tips Mengoptimasi Landing Page

Nah, setelah melakukan langkah-langkah di atas, selanjutnya kamu bisa menerapkan tips optimasi landing page berikut ini.

1. Gunakan desain minimalis yang rapi

Tujuan utama landing page adalah untuk konversi pengunjung menjadi pelanggan atau leads. Landing page yang efektif adalah yang memanfaatkan gambar atau desain menarik dan baik. 

2. Buat landing page yang mobile friendly

Sebanyak 94% pengguna internet di Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile. Jadi kamu juga harus mempertimbangkan selera konsumen dalam membuat landing page. Pastikan landing page milikmu bisa diakses dengan baik di mobile ataupun desktop.

3. Tunjukkan trust signal

Trust signal merupakan testimoni pelanggan, liputan media massa, atau seseorang yang menggunakan layanan kamu. Dengan hal tersebut, kamu bisa memperlihatkan kepada calon pelanggan bahwa layanan kamu terpercaya.

4. Manfaatkan header untuk promosi

Kamu bisa memanfaatkan headline atau header dalam halaman website untuk menunjukkan sesuatu yang menarik.

5. Tambahkan CTA

Call to Action adalah hal yang wajib kamu lakukan sebagai langkah terakhir dari cara membuat landing page. Karena CTA akan mengajak pengunjung website mu untuk melakukan sesuatu yang lebih, seperti “Yuk, berlangganan sekarang!” 

Bagaimana, mudah bukan cara membuat landing page? Intinya, perhatikan seluruh elemen maupun konten yang akan kamu masukkan. Setelah itu, jangan lupa juga untuk selalu mengelolanya dengan optimasi secara berkala ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan semangat membuat landing page yang keren!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like