Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Bahasa Pemrograman: Inilah 3 Cara Mudah Menulis Bahasa Phyton

Banyaknya bahasa pemrograman yang kamu tahu, tentu saja tidak akan kamu gunakan semuanya kan? Kamu akan memilih mana yang pas dan sesuai dengan product dan resource yang kamu miliki. Kini kita simak ulasan tentang salah satu bahasa pemrograman yang tidak kalah penting dari lainnya.

Namun sebelumnya bagaimana menurutmu, setelah membaca artikel tentang mengapa kamu harus memulai belajar bahasa pemrograman Python, apakah kamu mulai tertarik untuk membuat script pertamamu?  Sabar dulu ya, kalian juga perlu tahu beberapa cara mudah untuk membuat script nya seperti berikut:

1. Mode Interaktif

sesuai namanya, mode interaktif ini lazim disebut command-line interpreter. Jika kamu menggunakan linux, maka pasti mengenal Shell. atau jika kamu menggunakan Microsoft maka kamu akan mengenal DOS. mode ini sangat mudah dan membantu kita dalam menguji atau menjalankan script python kamu.

Dengan mengetikan python, maka kamu telah masuk ke dalam mode interaktif python. ditandai dengan “>>>”

2.Mode Skrip

Kita juga bisa menjalankan Python dengan mengeksekusi langsung sebuah skrip program pada shell prompt. Kita cukup menuliskan sebuah perintah:

$ python script1.py

Perintah ini akan mengeksekusi skrip script1.py secara langsung dari direktori yang aktif sekarang.

Kita buat dulu file script1.py, kemudian simpan di folder kerja. Dalam menuliskan kode script1.py, kita bisa menggunakan Text Editor yang telah disediakan oleh Linux. berikut contoh script sederhananya :

# file: script1.py

print "my first python script"
   

Dan kamu bisa memanggil script tersebut dengan cara :

 

3. Mode Idle

Python juga dapat dijalankan pada mode grafik yang disebut mode IDLE. IDLE berbasis Tkinter, yang untuk menjalankannya kita harus menginstal Tcl/Tk. IDLE dijalankan langsung dari folder /usr/lib/python2.7/idlelib/.

Nah, sekarang segera praktekan ya. Supaya kamu mulai bisa memahami salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun website dengan mudah.

Cara diatas memang mudah digunakan untuk para programmer, namun untuk kamu yang ingin memiliki website namun tidak memiliki keahlian dalam programming, bisa memilikinya dengan mudah. Website Instan Indonesia kini sudah bisa kamu dapatkan dengan mudah. Kamu bahkan bisa memiliki website impianmu sendiri bahkan dengan harga yang terjangkau. 

Jagoanhosting.com adalah salah satu yang menyediakan fasilitas pembuatan website Instan Indonesia. Semua orang yang ingin menjalankan aktivitas di dunia online atau melengkapi bisnis online mereka dengan sebuah website, tidak perlu bingung lagi.

Kini semua jauh lebih mudah, bahkan membeli hosting dan domain murah pun bisa didapatkan hanya di 1 tempat saja. Yok segera cek untuk lebih tahu detail lengkapnya. 🙂

Add comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +