Backend Developer: Tugas, Gaji, dan Skill yang Dikuasai

profesi back end developer

Buat Sobat yang kepo dengan besar gaji backend developer di Indonesia, ayo merapat! Kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu backend developer. Backend developer adalah istilah yang sudah tidak asing lagi. Bahakan, pada beberapa waktu lalu, Jagoan Hosting sudah memberikan beberapa informasi seputar profesi ini atau yang juga biasa disebut backend programmer.

Nah, sekarang, Jagoan Hosting akan membagikan beberapa informasi lanjutan yaitu tentang gaji backend developer di Indonesia.

Informasi yang satu ini adalah informasi yang juga banyak dicari oleh para Sobat Jagoan Hosting. Kira-kira, berapa besaran gaji para jajaran profesi bidang teknologi informasi di Indonesia? Simak rincian lengkapnya dalam artikel Jagoan Hosting kali ini.

Tugas backend developer

profesi back end developer
gambar dari unsplash

Sebelum membahas tentang gaji, kita kenali terlebih dahulu apa saja tanggung jawab para developer terutama tugas backend developer.

Secara umum ada tiga profesi utama seputar dunia developer. Ada back end developer, front end developer dan full stack developer. Di luar tiga profesi ini, masih banyak profesi-profesi lain yang bergerak di bidang yang sama. Namun, tiga profesi tadi adalah profesi yang paling banyak dikenali.

Lalu, apa tugas developer? Seorang developer bertugas untuk merancang hingga merawat perangkat lunak. Profesi ini terlibat dalam proses perancangan yang melibatkan kegiatan riset dan pengembangan hingga proses perawatan perangkat lunak yang melibatkan kegiatan uji coba dan perbaikan perangkat lunak.

Secara khusus, tugas dari mereka cukup berat lho, Sob. Profesi ini bertugas dan bertanggung jawab untuk meng-handle semua urusan server. Maka dari itu, profesi ini juga disebut sebagai server side.

Mereka melakukan semua proses data di bagian server. Mulai dari menggunakan bahasa pemrograman yang terkait hingga memecahkan masalah dan debugging server.

Begitu pula di Jagoan Hosting, segala tugas terkait server menjadi tanggung jawab para back end developer handal yang mendukung Jagoan Hosting untuk bisa memberikan layanan domain, VPS dan Hosting terbaik di Indonesia.

Cek Konten Lainnya:
Sering Ketuker! Ini Beda Programmer dan Developer

Baca juga: Mau Sukses Berkarier sebagai Web Developer? Mulai Dengan Ini!

Gaji backend developer di Indonesia

Hasil riset seputar gaji yang sudah dilakukan Jagoan Hosting menunjukkan bahwa gaji backend developer di Indonesia berkisar dalam rentang 4 – 25 juta! Wow, dalam satu tahun kamu bisa balik modal kuliah, Sob! Nggak heran, gaji yang diberikan sebanding dengan tanggung jawab yang dibebankan untuk profesi ini. Semakin besar tanggung jawabnya, semakin besar gaji yang diberikan.

Nggak cuma itu, Sob. Ada hal-hal lain yang juga berpengaruh pada besaran gaji yang diberikan kepada kamu. Bukan cuma besar tanggung jawabnya saja yang menentukan, ada faktor lain yang juga berpengaruh pada besaran gaji yang diberikan. Besar perusahaan, pengalaman yang kamu punya dan skill yang kamu kuasai juga berpengaruh pada besaran gaji yang akan kamu dapatkan.

Untuk gaji backend developer junior, rata-rata gaji yang ditawarkan sebesar 4 – 7 juta. Namun ada juga perusahaan yang menawarkan gaji 9 – 11 juta rupiah per bulannya. Semakin besar perusahaannya, maka semakin besar pula gaji yang ditawarkan.

Skill yang harus dikuasai backend developer

Cobalah kuasai skill yang berkaitan dengan sepuluh hal ini agar mendapatkan gaji yang lebih besar, Sob!

Dedicated Hosting
  1. Mengolah database
  2. Mengelola teknologi web server
  3. Melakukan integrasi cloud computing
  4. Membangun software server side
  5. Mengatur bahasa pemrograman server side.
  6. Melakukan integrasi Application Programing Interface (API)
  7. Mengelola Content Management System (CMS)
  8. Mengembangkan Content Management System (CMS)
  9. Mengatur dan menjamin keamanan web
  10. Membuat laporan analisis dan statistik server

Coba lakukan riset tentang skill apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menjalani sepuluh tugas utama di atas. Jika sudah, pelajari dan kuasai skill-skill tersebut. Dijamin kamu bisa melakukan negosiasi gaji untuk mendapatkan gaji yang lebih besar, bukan?

Cek Konten Lainnya:
Proposal Pembuatan Website: Cara Buat dan Contohnya

-->
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Cara Meningkatkan Kecepatan Website
Di zaman yang super cepat seperti saat ini, setiap kegiatan yang dilakukan harus bisa dilakukan dengan cepat dan…
thumbnail vps guide
Read More
Manage VPS Lebih Mudah dengan Fitur Baru “User Guide” di VPS X
Demi ngelancarin dan bikin nyaman kamu pake VPS-X, kamu bisa cek fitur baru kami yang bernama “User Guide”! …