Front end developer atau yang juga biasa disebut dengan front end programmer, profesi yang menemani profesi lainnya yaitu si server side atau back end developer. Dua profesi ini biasanya saling berkolaborasi untuk menghasilkan sebuah perangkat lunak yang bisa diakses dengan mudah oleh pengguna. Nggak jarang, dua profesi ini disatukan menjadi satu profesi dengan tanggung jawab yang lebih besar yaitu full stack developer.

Kali ini Jagoan Hosting akan fokus membahas informasi seputar front end developer. Ssstttt… Jagoan Hosting juga akan membagikan informasi seputar gajinya. Kamu pasti penasaran kan dengan gaji yang biasanya ditawarkan untuk posisi ini di Indonesia? Simak informasinya baik-baik ya, Sob!

Berkenalan dengan si Client-side

profesi front end developer
gambar dari unsplash

Sebelum kita mengintip gaji mereka, kita perlu berkenalan dulu dengan si client side alias front end developer. Ya, profesi ini juga memiliki julukan client side. Julukan ini diberikan kepada mereka karena profesi ini berinteraksi langsung dengan pengguna. Profesi ini menjadi pihak yang membuat pengguna bisa mengakses suatu perangkat lunak. Mereka merupakan orang-orang yang menerjemahkan data menjadi tampilan visual yang bisa dinikmati oleh para pengguna.

Di mana kita bisa menemui si client side ini? Si client side ini bisa kita temui dalam tim pengembang perangkat lunak. Biasanya mereka berkolaborasi bersama back end developer. Jika back end developer bertugas di belakang layar, maka bisa dikatakan bahwa front end developer merupakan profesi yang bekerja di depan layar. Mereka bertanggung jawab untuk menciptakan tampilan yang akan dilihat atau digunakan oleh pengguna. Mereka menjadi penerjemah desain menjadi tampilan nyata yang bisa dimengerti orang awam.

Jagoan Hosting juga punya jajaran developer atau programmer handal di bidangnya. Termasuk juga para client side yang mendukung Jagoan Hosting untuk terus memberikan performa layanan domain, hosting dan VPS Indonesia yang terbaik untuk para pelanggan

Gaji front end developer di Indonesia

Langsung aja kita intip, berapa sih gaji seorang profesi ini di Indonesia?

Secara umum, gaji developer di Indonesia berkisar antara Rp4.000.000 – Rp25.000.000. Besaran gajinya disesuaikan dengan skill dan pengalaman yang kamu miliki. Nggak cuma itu, besar dan skala perusahaan yang kamu tuju juga berpengaruh pada gaji yang mungkin akan ditawarkan untuk kamu. Semakin besar perusahaannya, biasanya gaji yang ditawarkan juga akan semakin besar. Namun, perlu kamu ingat nih, Sob. Biasanya, semakin besar gaji yang diberikan, semakin besar pula tanggung jawab yang harus kamu tanggung.

Skill wajib profesi ini

Skill apa saja sih yang wajib dikuasai oleh front end developer? Inilah sepuluh skill dasar yang wajib kamu kuasai untuk bisa berkarier di posisi ini.

  1. HyperText Markup Language (HTML)
  2. Cascading Style Sheets (CSS)
  3. Preprocessor CSS
  4. JavaScript
  5. Version Control
  6. Responsive design
  7. Debugging
  8. Browser developer tools
  9. Web performance
  10. Command Line

Dengan sepuluh skill dasar ini, kamu bisa memulai karier kamu sebagai front end developer. Namun, jangan berpuas diri dengan sepuluh skill ini saja ya, Sob. Kembangkan kemampuan dan keterampilan kamu dalam hal lainnya. Perbanyak bahasa pemrograman yang kamu kuasai. Ambil proyek-proyek besar yang bisa menambah pengalaman kamu. Biar gaji kamu bisa terus melesat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like